5 Cara Menggunakan VPN di HP Android, iPhone, dan Laptop. Bebas Berselancar, Gratis, dan Aman

Cara menggunakan VPN

Kehadiran internet mampu membuat dunia seolah berada dalam satu genggaman. Dengan teknologi ini, kita bisa mencari segala informasi dan menemukan beragam hiburan menarik secara virtual. Sayangnya, tak semua situs bisa kita akses. Ada beberapa layanan dan situs tertentu yang ternyata diblokir oleh pemerintah, misalnya seperti Netflix untuk pengguna Indihome.

Advertisement

Sebenarnya, ada cara yang bisa dilakukan kalau kamu mau mengakses situs atau layanan yang diblokir oleh pemerintah ini. Salah satunya adalah menggunakan Virtual Private Network atau VPN. Menggunakan VPN bukan berarti kamu melakukan tindakan ilegal atau melanggar hukum. Asal, situs yang kamu buka dan lakukan ketika menggunakan VPN ini bisa dipertanggungjawabkan.

Cara menggunakan VPN baik di ponsel atau browser laptop cukup mudah untuk dilakukan. Kamu yang belum paham, simak ulasan Hipwee Tips berikut.

Sebelum belajar cara menggunakan VPN gratis, ketahui dulu pengertian VPN

VPN itu apa sih? via cubic.id

VPN adalah layanan untuk membuat sambungan secara aman melalui suatu server. Sistem ini bekerja dengan membuat jaringan terenkripsi ke jaringan publik melalui sebuah tunnel agar tak bisa diakses oleh peretas atau virus. Nah, karena diklaim aman, tak heran jika banyak orang tertarik menggunakan VPN.

Advertisement

Di samping lebih mudah mengakses seluruh situs dan layanan internet, menggunakan VPN juga bisa membuat koneksi berjalan lebih cepat karena nggak ada batas limit di pengaturan Internet Service Provider atau ISP-nya. Bahkan, kamu juga bisa mengatur lokasi server dari negara yang berbeda lo! Kalau sudah paham, yuk belajar cara menggunakan VPN di komputer maupun smartphone-mu.

1. Cara menggunakan VPN di android bisa dilakukan tanpa perlu root ponsel dulu

pakai aplikasi VPN Private via nordvpn.com

Sebenarnya, HP Android punya banyak aplikasi VPN yang bisa diunduh lewat Play Store, salah satunya ialah VPN Private. Aplikasi ini bisa menentukan letak lokasi server dari beberapa negara yang tersedia di dalamya, mulai dari Kanada hingga Afrika Selatan.

Cara menggunakan VPN di HP dengan aplikasi ini cukup mudah, yang jelas kamu mesti mengunduh dan memasangnya dulu di HP-mu. Jika sudah, hubungkan jaringan VPN dengan memilih negara mana yang mau kamu hubungkan. Tinggal scroll kemudian klik di nama negaranya kemudian ketuk ‘Connect’. Kalau sudah terhubung, biasanya akan muncul pop up notifikasi bagian atas HP-mu. Sudah deh! Sekarang kamu bisa mengakses semua situs dengan mudah. Kalau sudah selesai, jangan lupa pilih menu ‘Disconnect’ yang ada di dalam aplikasi.

Advertisement

2. Selain untuk android, ada juga cara menggunakan VPN di iPhone yang nggak butuh aplikasi tambahan

di iPhone juga bisa via www.imore.com

iPhone bisa dibilang sebagai salah satu gadget yang cukup lengkap fiturnya. Makanya jika menggunakan ponsel jenis ini, kamu tak perlu lagi mengunduh aplikasi untuk mengaktifkan VPN. Tinggal masuk ke menu ‘Settings’, kemudian pilih ‘General’, lalu ketuk ‘VPN’. Klik ‘Add Configuration VPN’ kemudian atur diskripsi server yang ingin digunakan sebagai alternatif jaringannya. Masukkan identitas dan kata sandimu untuk mengonfirmasi, lalu ubah status bar untuk mengaktifkan koneksi VPN. Jika koneksi sudah berhasil dibuat, status akan ditampilkan di bagian atas menu ponsel.

3. Cara menggunakan VPN di PC bisa dengan beragam cara, salah satunya pakai Tunnel Bear VPN

di laptop bisa pakai software via www.downloadcrew.com

Tunnel Bear VPN merupakan salah satu perangkat lunak untuk mengaktifkan VPN yang bisa dipakai lintas platform. Jika mau memakainya, kamu bisa mengunduh software ini di situs resminya. Cara setting VPN di Windows 10 yang pertama adalah dengan menginstalnya. Geser toggle di sebelah kiri atas jendela aplikasi untuk mengaktifkan jaringan VPN. Biasanya, Tunnel Bear akan secara menyambungkan otomatis jaringan internetmu ke server negara terdekat. Sudah deh! Sekarang kamu bisa mengakses berbagai situs yang dibatasi di Indonesia.

4. Hipwee pun punya bocoran cara menggunakan VPN di Xiaomi yang gampang banget aktivasinya

Xiaomi nggak perlu aplikasi via www.droidlime.com

Nggak perlu instal aplikasi, kamu bisa menggunakan VPN bawaan Android yang tersedia di sistem operasi MIUI 10 dari Xiaomi. Cara setting VPN Android di HP Xiaomi ini gampang lo! Cukup kunjungi laman VPNBook kemudian klik pada bagian PPTP. Selanjutnya isikan server VPN yang mau dipakai lalu salin username dan password-nya biar kamu nggak lupa.

Jika sudah, masuklah ke pengaturan VPN yang ada di ponselmu. Di menu ‘Settings’ pilih ‘Wireless & Networks’ kemudian klik ‘More’ lalu ‘VPN’. Selanjutnya masukkan server VPN dari VPNBook tadi, dan  isikan username serta password-nya. Ketuk ikon ‘cek’ di pojok kanan atas dan geser toogle VPN jika kamu mau mengaktifkan VPN.

5. Cara menggunakan VPN Turbo bisa dicoba jika kamu pengen pakai aplikasi yang ringan

aplikasi ringan via www.pressburner.com

Aplikasi ini tersedia bagi pengguna ponsel Android maupun iPhone. Sebelum mengatur setelan VPN, unduh dan pasang aplikasi Turbo VPN di ponselmu. Saat dibuka, aplikasi Turbo VPN akan secara otomatis mencari server terbaik di mana kamu akan terhubung. Tunggulah beberapa saat sampai kamu melihat logo VPN muncul di notification bar sebelah kiri ponsel. Kalau sudah muncul, berarti VPN di ponsel sudah aktif yang artinya kamu bisa mulai mengakses seluruh situs tanpa ada lagi batasan.

6. Ada aplikasi lain yang bisa membantumu mengaktifkan VPN di HP secara gratis, namanya VPN Master~

aplikasi praktis via www.pressburner.com

Cara menggunakan VPN Master sama dengan aplikasi lainnya, kamu harus mengunduh dan memasang aplikasi VPN Master di ponselmu. Jangan lupa tekan tombol ‘I Agree’ supaya kamu bisa melakukan pengaturan VPN-nya. Jika sudah klik ‘Ok’ sebagai tanda kamu sudah memberikan izin sambungan. Tunggu hingga muncul tulisan ‘Connected’ yang artinya VPN sudah berhasil terhubung ke ponsel. Kalau mau mengatur server, tinggal klik pada ikon bendera negaranya.

7. Cara menggunakan VPN di laptop atau ponsel android ternyata ada yang tak perlu aplikasi lo!

pakai browser Opera via osxdaily.com

Khusus untuk menggunakan VPN tanpa aplikasi di ponsel Android Xiaomi, bisa kamu cek pada poin 4 di atas. Di poin ini, kamu bisa tahu bagaimana cara menggunakan VPN di Samsung dan laptop tanpa aplikasi.

Sekarang, kita ulas untuk pengguna Samsung dulu, ya! Buka Samsung Max di ponselmu, kemudian aktifkan data saver. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengaktifkan VPN agar datamu terlindungi. Tap ‘Start’ untuk melanjutkan lalu upgrade ke layanan premium Samsung Max-nya. Jika sudah, klik ‘Allow Permission’ lalu masuk ke menu ‘Settings’ dan tap di tombol ‘Privacy Protection’ untuk mengaktifkan VPN-nya.

Cara menggunakan VPN di laptop tanpa aplikasi bisa kamu lakukan jika browser yang dipakai ialah Opera. Di Opera, kamu bisa pilih menu ‘Settings’ kemudian klik opsi ‘Advanced’, lalu scroll ke bawah untuk mengatur VPN-nya. Geser toogle jika kamu mau mengaktifkan jaringan VPN. Biasanya, jika VPN sudah diaktifkan, pada bagian kiri address bar akan muncul logo VPN.

Cara menggunakan VPN ini cukup mudah. Bisa pakai aplikasi atau aktifkan langsung dari ponsel dan laptopmu. Tak perlu khawatir, selama cuma dipakai untuk browsing, penggunaan VPN dinilai aman kok. Tapi, pastikan kamu menonaktifkannya jika sudah tak terpakai demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE