Muncul Petisi, Netizen Minta Direktur Indofood Axton Salim Kembalikan Chitato Indomie

Warganet merespons salah satu unggahan seorang influencer di Instagram

Belum lama ini media sosial diramaikan oleh militansi para warganet terhadap suatu isu. Kalau kamu pengguna media sosial yang aktif, pasti tahu keramaian yang dimaksud. Yup, warganet beramai-ramai melayangkan tuntutan kepada Direktur Indofood Axton Salim. 

Usut punya usut, sikap warganet tersebut merupakan respons terhadap salah satu unggahan seorang influencer di Instagram, terkait produk Chitato Indomie Rasa Mi Goreng yang sempat viral tetapi sudah berhenti diproduksi sejak tahun 2016. 

Nah, buat kamu yang ketinggalan keramaiannya, berikut kronologi sekaligus alasan mengapa warganet sampai “menyerang” Direktur Indofood Axton Salim terkait produk Chitato Indomie.  

1. Semua bermula dari unggahan akun Instagram @tigabelas

Chitato Indomie

Unggahan akun @tigabelas terkait Chitato Indomie | dok. Instagram/@tigabelas

Seperti telah disinggung, keramaian bermula dari unggahan Adrianka Anka, pemilik akun Instagram @tigabelas. Diketahui Anka pada tanggal 1 April 2022 mengunggah sebuah foto sederhana yang memperlihatkan dirinya tengah memegang produk Chitato Indomie. 

Sekilas, nggak ada yang aneh dengan unggahan itu. Namun, bagi pencinta Chitato dan penggemar Indomie Goreng garis keras, unggahan Anka ternyata jadi semacam tamparan yang menyadarkan mereka bahwa produk tersebut sudah lama hilang dari pasaran. 

Tamparan yang menyadarkan warganet bahwa camilan dengan kombinasi rasa ciamik tersebut sudah lama hilang dari pasaran diperkuat oleh caption yang ditulis Anka. Di sana Anka menulis kalau dirinya masih mengingat aroma dan rasa dari Chitato Indomie. 

Caption yang ditulis Anka pun menjadi trigger bagi warganet untuk menuntut Indofood dan direkturnya yaitu Axton Salim, di mana Anka turut melontarkan pertanyaan tentang bagaimana jadinya jika varian Chitato Indomie tersebut kembali diproduksi. 

“Seru kali ya kalo Chitato Indomie dibalikin lagi??! Coba deh kalian komen dan mensyen @mychitato yah ges! Bantuin biar mereka semua notice kalo kita semua pengen varian Chitato Indomie ini muncul lagi!” tulis akun Anka dalam unggahannya. 

2. Tagar #BalikinChitatoIndomie pun viral di Twitter

#BalikinChitatoIndomie

Tagar #BalikinChitatoIndomie | dok. Chitato

Nggak berselang lama, warganet pun berpendapat. Banyak dari mereka mengatakan ingin Chitato Indomie hadir kembali karena rindu dengan rasanya, dan nggak sedikit yang berharap produk tersebut hadir kembali karena belum sempat mencicipinya. 

Kekompakan warganet Indonesia jika sudah bersepakat dengan satu isu memang nggak perlu dipertanyakan lagi. Nggak butuh waktu lama, isu ini pun segera menjadi viral. Tagar #BalikinChitatoIndomie pun sempat menduduki halaman trending topic Twitter. 

Dari beragam respons warganet terhadap isu Chitato Indomie, semuanya bermuara pada satu kesimpulan yang sama. Mereka semua dan suara-suara yang diwakilkan ingin Chitato Indomie kembali diproduksi, dan untuk itu menuntut Axton Salim mengabulkannya. 

3. Petisi kepada Axton Salim muncul agar Indofood kembali produksi Chitato Indomie

Petisi #BalikinChitatoIndomie

Petisi #BalikinChitatoIndomie di laman change.org diakses tiga hari setelah petisi dimulai | dok. Tangkapan layar/change.org

Nggak berpuas hanya dengan trending-nya tagar #BalikinChitatoIndomie di Twitter, hari Senin tanggal 4 April 2022 sebuah petisi berjudul “Tolong #BalikinChitatoIndomie untuk Membayar Rasa Rindu Kami!” pun muncul di laman change.org.  

Sang inisiator menjelaskan membuat petisi tersebut untuk menyatukan suara para warganet yang menginginkan Chitato Indomie untuk diproduksi kembali. Sudah barang tentu, petisi tersebut ditujukan langsung kepada Axton Salim.

“Saya harap agar Direktur PT Indofood ICBP Sukses Makmur, Bapak Axton Salim dapat mempertimbangkannya dan semakin yakin bahwa kita semua ingin Chitato rasa Mi Goreng diproduksi lagi, mari kita suarakan bersama!” seru petisi tersebut. 

Selang tiga hari sejak petisi dimulai, sebanyak 4.412 masyarakat sudah menandatangani petisi tersebut. Melihat tuntutan yang semakin tinggi dari warganet seperti dibuktikan dari petisi dan tagar #BalikinChitatoIndomie yang sampai saat ini masih seliweran di media sosial, kehadiran kembali Chitato Indomie tampaknya menjadi keharusan.  

Meski demikian, keputusan apakah Chitato Indomie akan segera kembali ke pangkuan masyarakat sebagaimana seruan tagar #BalikinChitatoIndomie, sepenuhnya berada di tangan Direktur Indofood Axton Salim. Apakah tekanan dan tuntutan yang kian tinggi dari masyarakat akan mengubah keputusan beliau menghentikan produksi Chitato Indomie di tahun 2016 lalu? Mari kita tunggu. 

Ngomong-ngomong, kamu termasuk orang yang menuntut kembalinya Chitato Indomie karena rindu akan rasanya atau karena belum sempat merasakannya, nih?

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor