Bagi kamu pecinta olahraga tentu tahu kalau tahun depan, tepatnya tanggal 18 Agustus-2 September 2018, Indonesia akan didapuk jadi tuan rumah ajang olahraga multinasional Asian Games 2018. Lokasinya sendiri akan dihelat di dua kota, yakni Jakarta dan Palembang. Pada 1962, Indonesia sendiri sudah pernah jadi lokasi penyelenggaraan kompetisi olahraga ini.

Nah, meski termasuk event favorit, tapi banyak dari kita yang cuma menaruh perhatian pada olahraga-olahraga besar di Asian Games, seperti bulu tangkis atau sepak bola. Padahal ada kurang lebih 40 cabang olahraga yang akan dipertandingkan tahun ini. Bahkan mungkin ada cabang olahraga yang baru kamu tahu ada di dunia ini. Sepak bola dan bulu tangkis memang seru, tapi olahraga-olahraga ini kamu juga perlu tahu.

1. Main kartu sering dianggap negatif? Padahal di Asian Games besok ada olahraga Contract Bridge

Kompetisi bridge via www.szlem.edu.pl

Advertisement

Tenang, kalau kamu masih asing dengan olahraga ini, kamu nggak sendirian kok. Contract bridge atau biasa disebut bridge saja, adalah olahraga otak layaknya catur. Bedanya bridge ini dimainkan oleh 4 orang menggunakan 1 set kartu. Iya, kartu remi yang biasa kamu pakai main itu. Para pemain akan berpasangan dan duduk berhadapan. Layaknya permainan kartu lain, dalam bridge ini juga terdapat sederet sistem atau aturan main yang harus dipatuhi setiap pemainnya. Karena waktu permainan terbatas, setiap pemain dituntut untuk mampu berpikir cerdas, mengatur langkah, membaca strategi lawan, dan lain-lain.

2. Olahraga berkuda mungkin sudah sering kita dengar. Tapi bagaimana dengan tunggang serasi atau dressage?

Dressage via horse-uae.com

Dressage sebenarnya termasuk dalam disiplin olahraga equestrian alias berkuda. Tapi kebanyakan dari kita pasti hanya familiar dengan balap kuda yang mengutamakan kecepatan. Sedikit berbeda, Dressage lebih mengutamakan ketangkasan dan kesenian dalam berkuda. Keindahan dan keanggunan kuda yang atletis, luwes, dan lentur akan dinilai. Selain itu keserasian antara penunggang dan kuda juga akan berpengaruh. Semakin selaras, makan poin yang dihasilkan semakin tinggi. Atlit Dressage jelas dituntut untuk bisa terampil dalam mengarahkan kudanya membentuk gerakan-gerakan indah.

3. Bowling yang biasa kalian mainkan di akhir pekan juga bakal dikompetisikan nih dalam Asian Games 2018

Bowling via www.beacon.edu.sg

Bowling yang lebih dikenal sebagai bentuk permainan ternyata juga termasuk cabang olahraga lho. Buat kamu yang belum pernah dengar, bowling ini adalah olahraga yang dimainkan dengan menggelindingkan bola khusus menggunakan satu tangan di sebuah papan panjang. Bola tersebut diarahkan ke pin yang berjumlah 10 dan sudah disusun membentuk segitiga di ujung papan. Bowling menggunakan skor untuk menentukan pemenang. Semakin banyak pin yang jatuh, makan peluang untuk menang juga akan semakin lebar.

4. Olahraga tenis sih sudah biasa. Tapi bagaimana kalau tenisnya melawan tembok seperti dalam Squash?

Squash via demandspring.com

Advertisement

Squash bukan cuma nama minuman yang sering kalian pesan di kafe ya. Olahraga squash ini berasal dari Inggris yang sebenarnya mirip tenis. Bedanya kamu nggak akan berhadapan dengan lawan melainkan bermain sejajar dan menghadap tembok. Permainan dilakukan dengan memantulkan bola karet ke tembok dengan cara memukulnya menggunakan raket, bergantian dengan lawan. Seperti halnya tenis dan bulutangkis, squash juga punya sistem perhitungan poin. Olahraga yang mengandalkan kekuatan kaki dan tangan ini memang belum banyak diminati di Indonesia. Tapi di Jakarta, sudah ada beberapa klub olahraga yang menyediakan lapangan untuk bermain squash.

5. Siapa di antara kalian yang berpikir kalau skateboard bukan termasuk jenis olahraga? Kamu salah kalau termasuk salah satunya

Kompetisi skateboard via www.skateboard.com.au

Skateboard atau papan luncur termasuk cabor yang dilombakan dalam Asian Games 2018. Di Indonesia sendiri skateboard banyak digandrungi terutama di kalangan anak muda. Biasanya mereka ‘beraksi’ di jalanan sepi. Olahraga asal Amerika ini tak hanya menuntut pemainnya untuk tidak jatuh saat meluncur menggunakan papan luncur, tapi mereka juga dinilai dari trik-trik yang digunakan untuk menghasilkan gerak indah, lincah, dan atraktif di atas papan.

6. Olahraga tradisional asal India, Kabaddi juga dijadikan salah satu cabor lho. Wah, keren ya bisa mendunia

Dari namanya saja sudah bisa tertebak olahraga ini dari mana. Kabaddi adalah salah satu cabor yang menggabungkan gulat dan kelincahan. Dalam konteks internasional, kabaddi dimainkan di lapangan berukuran 10×13 meter untuk pria, dan 8×12 meter untuk wanita. Lapangan itu akan dibelah dua oleh garis. Permainan dilakukan oleh 2 tim. Setiap tim berjumlah 7 orang. Selama total 20 menit, setiap tim akan bergantian mengirim anggotanya ke area musuh. Untuk bisa mengantongi poin, penyerbu harus menyentuh satu atau lebih anggota tim lawan lalu kembali ke areanya. Biasanya orang yang bertahan akan menahan penyerbu dengan cara bergulat.

7. Permainan trampolin yang sering kita lihat di pusat perbelanjaan ternyata akan dilombakan juga nih

Trampolin via www.gymnastics.org.au

Di Indonesia, trampolin memang lebih dikenal sebagai wahana permainan dibandingkan suatu jenis olahraga. Olahraga ini dilakukan dengan ‘lompat-lompat’ di sebuah arena yang terbuat dari karet membentang. Para atlit akan dinilai dari trik-trik lompatannya. Semakin ekstrem, semakin besar peluang untuk menang. Olahraga ini termasuk ke dalam disiplin olahraga gymnnastic.

8. Untuk pertama kalinya Asian Game mempertandingkan Paralayang atau paragliding. Udah tahu ini olahraga apa?

Paragliding alias paralayang via www.123rf.com

Sebenarnya Hipwee yakin kamu sudah pernah melihat olahraga ini di film-film. Paralayang adalah olahraga terbang bebas, dari ketinggian dengan menggunakan kain atau parasut. Paralayang berbeda dengan terjun payung dari segi alat ataupun tekniknya. Bila terjun payung biasa dilakukan saat naik pesawat, paralayang dilakukan dari bukit atau tebing. Parasut yang dipakai dalam paralayang pun sudah terkembang sempurna sebelum sang atlet naik. Pastinya olahraga ini sangat seru dan mendebarkan terutama bagi kamu pecinta olagraga ekstrem.

Selain 7 olahraga di atas, Asian Games 2018 juga masih punya puluhan jenis cabor lain yang tak kalah menarik dan sayang untuk dilewatkan. Buat kamu yang tinggal di Jakarta dan Palembang, jangan lupa untuk menonton langsung salah satu atau beberapa cabor favoritmu. Yuk kita sama-sama dukung Indonesia di Asian Games 2018 nanti!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya