Nggak Tanggung-Tanggung, Nokia Luncurkan 6 Smartphone Sekaligus Secara Global untuk Semua Kelas Pengguna 

Smartphone Nokia terbaru

Dalam waktu dekat, pasar teknologi Indonesia agaknya akan kedatangan perangkat anyar lagi dari Nokia. Pasalnya, merek asal Finlandia ini baru saja meluncurkan enam smartphone terbaru secara global. Nggak tanggung-tanggung!

Advertisement

Enam perangkat yang diluncurkan pada 8 April 2021 di Espoo, Finlandia ini dikelompokkan menjadi tiga lini berbeda untuk mewakili tiap segmen. Untuk kelas atas Nokia mengusung seri X, kelas menengah seri G, dan seri C untuk entry-level.

CEO HMD Global, Florian Seiche menjelaskan keenam perangkat terbaru mereka akan memastikan pengalaman berkualitas bagi konsumen, dinilai dari aspek keamanan, daya tahan, dan jaminan penyediaan software terbaru hingga tiga tahun.

“Pendekatan kami terhadap teknologi dan bisnis berfokus pada kebutuhan manusia dan itu tercermin dalam rangkaian smartphone baru ini. Kami mengutamakan keamanan dalam segala hal yang kami lakukan, dan kami ingin orang-orang menyimpan ponsel mereka lebih lama berkat daya tahan khas kami,” kata Florian melalui keterangan tertulis, Kamis (8/4/2021).

Advertisement

Untuk pengguna kelas atas, Seri X membawa Nokia X20 dan Nokia X10

Sebagai seri tertinggi, dua perangkat yang mewakili Nokia seri X diklaim membawa kualitas yang jauh di atas banderol harganya. Baik Nokia X20 maupun Nokia X10 dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 480 5G Mobile Platform terkini untuk dapat mengakses jaringan super ngebut 5G.

Kedua perangkat tersebut mengusung antarmuk  a Android One dan berjalan dengan Android 11. Nokia seri X ini telah didukung oleh pembaruan keamanan dan software selama tiga tahun. Dengan kata lain, dengan satu kali beli smartphone yang dibekali Android 11, pengguna nantinya dapat menikmati software hingga Android 14.

Pada seri X, Nokia membawa teknologi ZEISS Optics dan quad-camera 64MP di bagian belakang. Di bagian depan tersemat kamera berukuran 32MP pada layar punch-hole Full HD+ berukuran 6,67 inci. Kamera pada perangkat ini juga dapat diaktifkan secara bersamaan berkat fitur Dual Sight.

Nokia X20 diluncurkan di pasar tertentu secara global dalam konfigurasi 6/128GB dan 8/128GB, sementara Nokia X10 hadir dalam konfigurasi 6/64GB, 6/128 GB dan 4/128GB.

Perangkat kelas menengah dari seri G punya Nokia G20 dan Nokia G10

CEO HMD Global, Florian Seiche (dok. HMD Global)

Dijelaskan kalau Nokia G20 dan Nokia G10 adalah perangkat untuk memenuhi segala kebutuhan harian pengguna. Hal itu diupayakan salah satunya lewat daya tahan baterai yang dapat mencapai tiga hari. Nokia bilang ini merupakan daya tahan terlama pada smartphone mereka.

Pada aspek keamanan, dua perwakilan seri G akan mendapat pembaruan setiap bulan selama tiga tahun. Sementara untuk software, perangkat seri G akan mendapat pembaruan selama dua tahun. Masing-masing hadir membawa konfigurasi dapur pacu 4/64GB dan 4/128GB untuk Nokia G20, dan 3/32GB dan 4/64GB untuk Nokia G10.

Lebih lanjut, dua perangkat tersebut menggunakan layar teardrop 6,5 inci dengan fitur face unlock. Sementara untuk sensor sidik jari tersemat di bagian samping. Sementara untuk kamera, Nokia G20 membawa ukuran 48MP, sementara Nokia G10 dilengkapi AI dan teknologi imaging terkini.

Teknologi untuk semua orang, seri C andalkan Nokia C20 dan Nokia C10

Nokia menjelaskan misi perangkat seri C adalah membawa teknologi berkualitas ke genggaman setiap orang. Maka pada perangkat Nokia C20 maupun Nokia C10, mereka mengusung layar lebar 6,5 inci, Android 11 Go Edition, peningkatan fitur keamanan, dan dukungan pembaruan keamanan setiap kuartal selama dua tahun.

Selain itu pada Nokia C20 disematkan beberapa fitur fungsional, di antaranya lampu kilat LED di bagian depan dan belakang. Perangkat ini hadir dalam konfigurasi 1/16GB, 2/32GB.

Sementara Nokia C10 yang hadir dalam konfigurasi 1/16GB, 1/32GB dan 2/16GB, menonjolkan desain nan ramping berikut lapisan tekstur mikro yang dapat memastikan perangkat tahan lama.

Selain enam perangkat smartphone anyar, Nokia pada kesempatan ini turut meluncurkan dua produk baru. Pertama adalah jaringan seluler bernama HMD Mobile yang sudah meluncur di Inggris dan secara bertahap akan diperkenalkan di negara lain. Kedua adalah Nokia Lite Earbuds dengan casing ukuran saku yang diklaim bisa menambah daya earbuds hingga enam kali.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

I know I glow up

CLOSE