Luncurkan Kampanye ‘Indonesia Bergerak Lawan Kuman’, Nuvo Family Bangun 150 Titik Sarana Sanitasi di 3 Provinsi Indonesia

Kampanye Indonesia Bergerak Lawan Kuman

Di masa pandemi seperti sekarang ini, menjaga kebersihan sangat penting untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Hal yang sering digaungkan untuk menjaga kebersihan yakni mencuci tangan menggunakan air bersih yang mengalir. Sayangnya, akses air bersih dan sarana sanitasi di Indonesia belum tersedia secara merata, sehingga masyarakat belum bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat secara maksimal.

Advertisement

Menurut data UNICEF, saat ini hanya 78 persen rumah tangga yang memiliki fasilitas sanitasi atau cuci tangan di Indonesia. Sedangkan Papua dan NTT merupakan wilayah yang memiliki sarana sanitasi terendah yakni sebesar 36 persen dan 54 persen. Berangkat dari data tersebut, Nuvo Family meluncurkan kampanye “Indonesia Bergerak Lawan Kuman” dan berpartisipasi membangun sarana sanitasi di 150 titik di tiga provinsi Indonesia.

Nuvo Family luncurkan kampanye “Indonesia Bergerak Lawan Kuman” dalam rangka perayaan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

NUVO Family meluncurkan kampanye “Indonesia Bergerak Lawan Kuman” | dok. NUVO

Kampanye “Indonesia Bergerak Lawan Kuman” diluncurkan Nuvo Family dalam rangka perayaan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia yang jatuh pada 15 Oktober. Adapun kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, mengedukasi mengenai pentingnya menjaga sanitasi, serta membiasakan diri cuci tangan pakai sabun dan menjalani pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Tak hanya melancarkan edukasi, Nuvo melalui kampanye ini juga berpartisipasi dalam pengadaan fasilitas sanitasi di 150 titik yang tersebar di Nusa Tenggara Timur (NTT), Jawa Timur (Jatim) dan Jawa Tengah (Jateng). Head of Public Relations Wings Group Indonesia Gabriella da Silva mengatakan pengadaan fasilitas tersebut menjadi bagian dari dukungan NUVO terhadap pemerintah dalam percepatan pengadaan akses air, sanitasi dan kebersihan.

Advertisement

“Selama beberapa tahun terakhir, Wings Group bekerja sama dengan UNICEF Indonesia untuk mempromosikan pentingnya pola hidup bersih dan sehat serta mendukung pemerintah dalam percepatan pengadaan akses air, sanitasi dan kebersihan yang dikelola dengan aman serta berkelanjutan,” ujar Gabriella dalam keterangan tertulis, Kamis (28/10).

Dijelaskan sebagai perusahaan Nuvo percaya bahwa all good things in life should be accesible for all. Untuk itu, kampanye “Indonesia Bergerak Lawan Kuman” ingin memperkuat tujuan dalam mengedukasi serta menerapkan PHBS, dan menyediakan akses untuk semua orang. Penerapan PHBS ini bisa dilakukan dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir khususnya bagi anak-anak dan keluarga Indonesia.

Tak hanya mendukung penyediaan fasilitas sanitasi, Nuvo Family juga bagikan safe school kits ke sekolah dasar dan madrasah

Advertisement

Nuvo juga turut membagikan safe school kits ke sekolah dasar dan madrasah | dok. NUVO

Selain berkontribusi membangun fasilitas cuci tangan di tiga Provinsi Indonesia, Wings Group Indonesia dan UNICEF sebagai bagian dari Kemitraan Pemerintah dengan Swasta untuk CTPS (PPP-HWWS) juga turut mendistribusikan safe school kits kepada 5.000 sekolah dan madrasah. Pendistribusian tersebut dilakukan di enam provinsi wilayah kerja UNICEF meliputi Aceh, Jatim, Jateng, Sulawesi Selatan, NTT, dan Papua.

Spesialis WASH UNICEF Indonesia Muhammad Zainal mengatakan apa yang mereka lakukan kali ini bersama Wings Group Indonesia merupakan tindak lanjut dari kesadaran banyak orang di masa pandemi, yaitu betapa pentingnya perilaku hidup bersih seperti cuci tangan menggunakan sabun dalam upaya pencegahan penularan penyakit.

“Mencuci tangan pakai sabun tak hanya efektif mencegah penularan penyakit tetapi juga investasi cerdas untuk mempersiapkan masyarakat menghadapi kejadian penyakit di masa yang akan datang dan dapat menghematan biaya kesehatan sampai 15 kali,” ujar Zainal.

NUVO Family juga menjalin kemitraan dengan banyak pihak untuk mewujudkan kebiasaan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Selain bermitra dengan organisasi internasional seperti UNICEF Indonesia, Wings Group Indonesia juga bekerja sama dengan pemerintah dan berbagai instansi lainnya demi mewujudkan pemerataan sanitasi bagi masyarakat Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) selaku pemerintah pusat sedianya memiliki banyak program untuk mendukung kebiasaan pola hidup bersih dan sehat. Direktor Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO mengatakan bahwa indikator utama dalam pola hidup bersih dan sehat adalah cuci tangan menggunakan sabun, dan hal ini telah dikampanyekan sejak sebelum pandemi.

“Kami di bagian promosi kesehatan, bersama dengan kemitraan pentahelix termasuk private sector seperti Wings Group dan juga masyarakat bertugas untuk menguatkan program sanitasi dan pola hidup bersih dan sehat agar semakin digaungkan,” kata Imran.

Untuk menciptakan dampak yang lebih menyeluruh, Nuvo juga menunjuk Melanie Putria yang merupakan mantan Puteri Indonesia dan pelari profesional sebagai Campaign Ambassador Nuvo. Dalam tugasnya, Melanie akan memberikan edukasi serta mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Saya sangat mengapresiasi langkah Nuvo yang menyelenggarakan kampanye ‘Nuvo Indonesia Bergerak Lawan Kuman’, dan saya tidak sabar untuk segera mengunjungi daerah tujuan kampanye Nuvo serta turut mengedukasi masyarakat di sana untuk melakukan pola hidup bersih sehat,” ujar Melanie.

Nah, perjalanan Melanie mengunjungi daerah tujuan kampanye Nuvo ini akan bisa kamu ikuti melalui akun media sosial Nuvo Family. Informasi lebih lanjut mengenai kampanye terbaru Nuvo ini juga bisa ditelusuri melalui tagar #indonesiabergeraklawankuman. Adapun Nuvo dengan rangkaian produknya mulai dari Nuvo Body Wash, Nuvo Hand Soap, Nuvo Hand Sanitizer dan Nuvo Wet Wipes selalu berkomitmen untuk membantu mewujudkan keluarga Indonesia yang sehat dan terlindungi selama 24 jam setiap hari.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE