Dukung Generasi Muda Capai #FinanciallyFit, Bank OCBC NISP Luncurkan Financial Fitness Gym Pertama di Indonesia

Financial Fitness Gym OCBC NISP

Belakangan ini istilah ‘cuan’ samakin lekat di kalangan anak muda yang memiliki cita-cita untuk meraih keuntungan besar dalam hal keuangan. Sayangnya, masih banyak anak muda ingin yang ‘cuan’ secara instan tanpa memiliki pengetahuan tentang pengelolaan keuangan yang sehat. Oleh karena itu, Bank OCBC NISP berkeinginan mendukung cita-cita anak muda agar bisa ‘cuan’ dan memiliki pengelolaan keuangan yang sehat.

Advertisement

Alasan ini juga yang membuat Bank OCBC NISP meresmikan kantor cabang baru dengan konsep Financial Fitness Gym (FFG) pada Jumat (10/12) secara hybrid di Mall Ciputra World Surabaya lantai 2. Peluncuran kantor cabang baru ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang berbeda untuk para generasi muda belajar mengenai keuangan.

Bank OCBC NISP hadirkan kantor cabang baru dengan konsep Financial Fitness Gym untuk dukung generasi muda capai #FinanciallyFit

Pada tahun 2021, Bank OCBC NISP melakukan sebuah riset mengenai Financial Fitness Index untuk mengetahui tingkat kesadaran generasi muda terhadap pengelolaan finansial yang sehat. Hasil riset tersebut mengungkapkan bahwa skor rata-rata kesehatan finansial anak muda di Indonesia masih cukup rendah, yaitu sekitar 37,72 persen.

Dijelaskan lebih lanjut, hasil riset Financial Fitness Index juga mengungkapkan bahwa terdapat 43 persen anak muda yang percaya bahwa perencanaan finansial mereka saat ini  akan memberikan kesuskesan di masa depan. Namun, hanya 16 persen yang memiliki dana darurat jika sewatu-waktu kehilangan pekerjaan.

Advertisement

Selain itu, 86 persen menyatakan rutin menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung, dan sebanyak 43 persen anak muda masih meminjam uang dari keluarga dan teman. Soal investasi, baru sekitar 3 persen yang memiliki produk investasi dan masih banyak yang belum berinvestasi dengan benar.

National Network Head OCBC NISP Jenny Hartanto mengatakan rendahnya literasi keuangan di Indonesia dan peningkatan tren literasi digital jadi latar belakang hadirnya kantor cabang baru dengan konsep fitness gym. Selain itu ia mengatakan kantor cabang baru berkonsep unik ini merupakan bentuk dukungan dan kepedulian terhadap pengelolaan finansial anak muda di Indonesia.

“Dua hal yang melatarbelakangi kami dalam membuat terobosan baru ini ialah rendahnya tingkat literasi keuangan di Indonesia dan peningkatan tren literasi digital. Kami ingin menghadirkan kantor cabang baru dengan konsep fitness gym agar anak muda bisa belajar mengenai cara mengelola keuangan yang sehat untuk mencapai #FinanciallyFit,” kata Jenny dalam virtual press conference, Jumat (10/12).

Advertisement

Tiga konsep utama yang diterapkan Bank OCBC NISP untuk membantu generasi muda lakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang sehat

| dok. OCBC NISP

Setiap orang memiliki cita-cita finansial yang berbeda, sehingga cara mengelola keuangan setiap orang pun akan berbeda. Terdapat tiga konsep yang diterapkan oleh Bank OCBC NISP dalam memperbarui mindset anak muda terkait keuangan yang sehat, yaitu meningkatkan pengetahuan keuangan (knowledge), memperbaiki kebiasaan manajemen keuangan (behaviour) dan pengambilan keputusan keuangan (attitude).

Untuk konsep utama yang diusung oleh Bank OCBC NISP, para generasi muda yang tertarik meningkatkan pengetahuan keuangan bisa langsung berkunjung ke kantor cabang baru. Di sana, pengunjung harus melewati tahapan financial check up terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi kesehatan finansial. Setelah itu, pengunjung bisa berkonsultasi dengan financial coach yang sudah berpengalaman di bidangnya untuk membantu merencanakan pengelolaan keuangan yang sehat.

Tak hanya itu, Financial Fitness Gym juga mengusung teknologi digital yang didukung oleh Samsung Electronic Indonesia dengan mempertahankan human interaction yang menyasar para generasi muda meliputi mahasiswa, pekerja kantoran, dan juga self employee. Kota Surabaya dipilih menjadi lokasi pertama karena memiliki indeks pembangunan dan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, sehingga sangat disayangkan jika tak diimbangi dengan pengetahuan keuangan.

Financial Fitness Gym juga punya beragam spot dan aktivitas menarik yang bisa memberikan pengalaman baru bagi para generasi muda

Berbeda dengan bank pada umumnya yang mengusung konsep konvensional, Financial Fitness Gym mengusung konsep bangunan yang lebih ‘artsy’ dan dilengkapi dengan beragam spot menarik. Para pengunjung bisa menjumpai terowongan dengan desain ‘lucky cat’ yang menjadi maskot Bank OCBC NISP, mesin ATM dan setor tunai, kelas untuk pelatihan pengelolaan keuangan, hustle hall untuk berinteraksi dengan sesama nasabah dan financial couch, minuman dalam vending machine, dan juga coffee shop.

Bagaimana? Banyak banget ‘kan pengalaman yang ditawarkan oleh Bank OCBC NISP di Financial Fitness Gym Surabaya? Nah, bagi kamu yang tertarik belajar mengenai perencanaan dan pengelolaan keuangan yang sehat, kamu bisa mendapatkan informasi selengkapnya melalui laman ocbcnisp.com atau akun Instagram @ocbc_nisp.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE