Rayakan Hari Jadi, Ini Perjalanan Inovasi Teknologi OPPO Selama 16 Tahun Berdiri

Hari jadi OPPO ke-16

Sejak kurang lebih 15 tahun terakhir hingga sekarang, kepopuleran internet yang disusul kehadiran ponsel pintar telah mengubah banyak hal. Kita nggak perlu lagi berkirim surat yang memakan waktu hanya untuk menanyakan kabar. Atau harus menunggu koran pagi untuk mengetahui kejadian di setiap belahan dunia. Kini dalam hitungan detik, ponsel pintar yang terkoneksi internet siap menghubungkan setiap orang. Adalah ilmuwan dan perusahaan teknologi yang berjasa di balik itu.

Advertisement

Tapi dalam perkembangannya, perusahaan teknologi nggak hanya berhenti dengan inovasi teknologi ponsel pintar saja. Perusahaan seperti OPPO misalnya, yang pada tanggal 17 September 2020 ini merayakan hari jadi ke-16, selama beberapa tahun terakhir telah berkembang pesat dari hanya produsen ponsel menjadi inovator berbagai perangkat pintar.

16 tahun OPPO telah menjelma perusahaan besar yang terus mencari cara untuk memajukan industri masa depan

(dok. OPPO Indonesia) via www.oppo.com

Founder sekaligus CEO OPPO, Tony Chen, mengatakan di tahun ke-16 ini, OPPO sebagai perusahaan teknologi telah menjelma menjadi perusahaan yang sukses. Ia menyampaikan akan terus berusaha membawa OPPO berkembang secara global dengan layanan teknologi berkualitas tinggi, sekaligus mencari cara baru untuk memajukan industri masa depan.

“Saya sangat berterima kasih kepada mereka yang telah bergabung dengan OPPO dan berkolaborasi sepanjang perjalanan kami, sebagai pelanggan, mitra, ataupun karyawan, yang memberikan dukungan dan komitmennya selama 16 tahun terakhir untuk membantu mewujudkan OPPO menjadi perusahaan yang sukses,” kata Tony dalam keterangan tertulis yang Hipwee terima Kamis (17/9/2020).

Salah satu terobosan teknologi OPPO dalam beberapa tahun terakhir adalah teknologi 5G

(dok. OPPO Indonesia) via www.oppo.com

Adapun beberapa terobosan OPPO pada tahun 2020 ini adalah teknologi baru jaringan 5G Standalone (SA) pertama di Inggris dengan penyediaan layanan 5G SA network slicing services pertama di Eropa. Untuk terobosan ini, OPPO telah bekerjasama dengan lebih 50 operator global dan akan terus mempercepat komersialisasi 5G dalam skala besar di seluruh dunia.

Selain itu OPPO juga memperkenalkan AI atau kecerdasan buatan, dan mendirikan Department of Intelligent Perception and Interaction untuk mengeksplorasi teknologi AI paling mutakhir. Terobosan kecerdasan buatan ini telah membawa OPPO meraih dua First-Place Award untuk kategori AI di CVPR 2020. Nggak hanya itu, di tahun 2020 ini OPPO juga memboyong teknologi pencitraan, dan VOOC flash charging ke dalam perangkat OPPO konsumen.

OPPO berdayakan sistem teknologi terintegrasi

Advertisement

(dok. OPPO Indonesia) via www.oppo.com

Meski sudah jadi perusahaan teknologi, OPPO nyatanya masih punya tujuan lain yakni menjadi perusahaan teknologi yang terintegrasi. Untuk itu, dalam beberapa tahun terakhir OPPO telah hadir memenuhi berbagai kebutuhan konsumen dalam konteks yang beragam. Sebut saja beberapa jenis produk IoT seperti ear bud, jam tangan pintar, dan 5G CPE yang dihasilkan lewat Intelligent Mobile Devices Business Unit dalam upaya OPPO menciptakan sebuah ekosistem cerdas baru. Tony mengatakan, OPPO berupaya menciptakan ekosistem cerdas secara terbuka karena teknologi nggak hanya meningkatkan kehidupan, melainkan juga mendekatkan umat manusia.

“Teknologi tidak hanya meningkatkan kehidupan kita, tetapi juga mendekatkan umat manusia. Ini merupakan keyakinan dan komitmen awal saat OPPO memulai perjalanannya. Dalam jangka panjang, OPPO akan terus menghadirkan pengalaman teknologi yang lebih baik kepada konsumen di seluruh dunia bersama partner kami. Pada akhirnya, OPPO berupaya menciptakan sebuah ekosistem cerdas secara terbuka,” jelasnya.

Nah, dalam upaya menciptakan sebuah ekosistem cerdas, OPPO nggak hanya fokus menggarap produk penunjang. Tapi juga mengembangkan teknologi inti dalam perangkat keras, perangkat lunak, dan internet. Yang terbaru misalnya, OPPO ColorOS versi anyar bisa mendukung pengguna dengan disabilitas visual, pendengaran, dengan mengoptimalkan fungsi bebas hambatan seperti TalkBack, flash on-call, dan berbagai menu aksesibilitas menarik yang memudahkan.

Selamat 16 tahun, OPPO! Kamu termasuk pengguna yang pernah menjajal inovasi teknologi dari OPPO, nggak?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE