Panduan Singkat untuk Tetap Chill Namun Smart Menghadapi Virus Corona. Anti Panik-panik Club~

Panduan menghadapi virus corona

Harus diakui, berada di tengah gempuran berita soal virus corona memang menyebalkan. Nggak di TV, surat kabar, atau media sosial mulai Instagram hingga Twitter, nggak luput dari pemberitaan soal virus corona ini. Virus yang sudah ditetapkan jadi pandemi global dan bikin penduduk dunia kalang kabut ini memang terdengar menyeramkan. Apalagi beberapa media atau akun medsos suka “nggak nanggung-nanggung” ngasih info soal corona yang sayangnya malah kayak menebar ketakutan.

Advertisement

Gara-gara itu, jadi nggak sedikit orang skeptis duluan tiap denger berita soal corona, acuh tak acuh gitu. Padahal di tengah wabah genting kayak gini, kita semua perlu membuka mata, hati, dan pikiran supaya persebarannya bisa dikendalikan, hingga lama kelamaan virus ini musnah dari bumi. Intinya, semua orang perlu berkontribusi lah, mengingat virus ini gampang banget nular. Nah, kali ini, Hipwee udah merangkum semacam panduan singkat gimana cara supaya kita tetap bisa chill namun smart dalam menghadapi virus corona.

Jangan keburu malas kalau kamu merasa udah ketinggalan banyak soal berita virus corona. Kamu bisa memulainya dengan mengenali virus ini terlebih dahulu, bagaimana awal mulanya, tipe persebarannya, sampai gejala pasien-pasien yang terjangkit. Website WHO adalah salah satu sumber yang sangat bisa dipercaya buat kalian yang pengin ngubek-ngubek soal virus corona. Kamu bisa mengaksesnya di sini. Atau kalau mau cari tahu yang spesifik di Indonesia bisa jelajahi situs Kemenkes di sini.

Informasi soal corona penting untuk diketahui karena bisa ngebantu kita untuk lebih aware  sama isu ini. Apalagi sekarang Covid-19 udah masuk ke Indonesia, dengan memahami informasi dasar tentang virus ini, kita jadi bisa lebih peka kalau ada gejala mencurigakan yang muncul dari diri sendiri maupun orang sekitar. Biar nggak diremehkan dan dianggap “Ah, cuma flu biasa~”.

Advertisement

Yang perlu kita pahami juga, virus ini menyebar lewat droplets atau percikan cairan yang ditransfer lewat batuk atau bersin. Tapi kita bisa mencegah terinfeksi virus ini jika rajin menjaga kebersihan, kayak cuci tangan pakai sabun atau menerapkan etika batuk dan bersin sesuai anjuran lembaga kesehatan resmi. Cuci tangan juga ada cara-caranya lo, nggak sekadar basahin tangan, sabunan 3 detik, terus udah. Cuci tangan yang efektif membunuh kuman tuh kalau dilakukan minimal 20 detik.

Nah, ini juga nggak kalah penting. Sekarang memang sudah banyak sekolah-sekolah yang meliburkan anak didiknya demi mencegah persebaran virus makin menjadi-jadi. Nggak sedikit juga perusahaan yang memberlakukan Work-From-Home sampai batas waktu tertentu. Tapi jangan lantas menjadikan waktu “rehat” ini buat liburan dan berkunjung ke tempat-tempat wisata! Perlu diingat kalau tujuan semua itu adalah agar kita bisa jaga jarak sementara dan membatasi interaksi sosial.

Advertisement

Sebagian instansi memang belum menerapkan WFH, karena memang ada beberapa jenis pekerjaan yang nggak bisa dilakukan di rumah. Tapi bukan berarti kita nggak bisa membantu meminimalisir persebaran virus. Kita tetap bisa kok membatasi interaksi di luar interaksi wajib di kantor. Intinya sih kalau nggak penting dan mendesak banget ya stay at home atau stay at office aja. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan~

Selalu ingat kalau virus corona ini bisa disembuhkan. Cina sebagai negara dengan kasus terbanyak sudah mulai menunjukkan penurunan. Banyak pasien yang sembuh. Rumah sakit yang awalnya dibangun khusus untuk pasien corona sudah ada yang ditutup karena pasien mulai berkurang. Kemungkinan pasien sembuh cukup besar, dengan catatan pihak kesehatan mengikuti tata cara penanganan pasien corona, seperti melakukan isolasi. Pasien juga diharapkan bisa kooperatif. Orang-orang yang merasa pernah berkunjung ke daerah atau negara terdampak, atau pernah punya riwayat berinteraksi langsung dengan pasien, diharapkan mau melakukan tes, biar semua nggak terlambat.

Biar rada termotivasi, kita juga bisa lo cari tahu soal cerita-cerita pasien yang berhasil sembuh dari corona. Sekarang mulai banyak tuh yang speak up.

Ini hotline Covid-19 yang bisa kamu save di kontak HP-mu:

119 Ext. 9 atau (021) 5210 411

Sekian panduan singkat dari Hipwee. Nah, untuk yang mau tahu update soal virus corona di Jakarta, kalian bisa cari tahu lewat akun Instagram @corona.jakarta ya Guys! Semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan dan wabah ini bisa segera berakhir ya, Guys~

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

Editor

An amateur writer.

CLOSE