I don’t sing in the shower. I perform

Memang tak ada yang lebih memuaskan daripada bernyanyi sepenuh hati di kamar mandi sendiri. Meski kamu bukanlah penyanyi profesional atau orang yang hobi karaoke 2x seminggu, entah bagaimana, sebagian besar orang menemukan ‘kenyamanan’ dan rasa ‘pede’ tersendiri ketika bernyanyi di dalam kamar mandi. Mau bergumam tidak jelas atau menyanyikan satu album penuh, suara kita tampaknya terdengar jauh lebih merdu jika sedang mandi. Makanya muncul istilah, siapapun bisa jadi penyanyi kamar mandi! 

Advertisement

Fenomena umum ini uniknya memang dirasakan hampir oleh semua orang. Jadi kamu nggak sendirian kok kalau merasa suara kamar mandi-mu jauh lebih merdu daripada suara versi di luar kamar mandi. Kira-kira kenapa ya kok bisa seperti itu? Nah ada lho penjelasan logisnya! Buat yang penasaran, yuk simak ulasan spesial Hipwee News & Feature ini!

1. Volume, gema dan resonansi adalah 3 hal berpengaruh yang membuat suaramu terdengar profesional!

Resonansi adalah Gejala ikut bergetarnya suatu benda karena getaran benda lain. Ketika selaput suara bergetar, udara akan ikut bergetar. Getaran udara ini akan mengakibatkan suara manusia terdengar nyaring. Apalagi dipengaruhi oleh jarak antara dinding, kamar mandi memiliki setting bagus yang membuat suara kamu jadi lebih merdu.

2. Sains adalah jawaban atas pertanyaan ini. Itu semua berkaitan dengan apa yang dikenal sebagai ‘gema’ dan akustik

Sederhananya, gema adalah proses dimana suara saling berbaur. Struktur kamar mandi menyediakan lingkungan yang ideal untuk ini. Dengan kata lain, suara air keran bertindak seperti mixer, memodifikasi suara kamu dan membuatnya terdengar jadi lebih merdu. Jadi bernyanyi di kamar mandi seperti menggunakan auto-tune, tetapi yang lebih alami.

3. Sebagian besar kamar mandi terbuat dari ubin atau permukaan keras yang tidak menyerap dan berbentuk persegi empat yang tertutup

Advertisement

Saat bernyanyi, berbicara, berteriak atau bahkan berkumur, kita menciptakan gelombang suara. Tiap suara pun juga memiliki frekuensi yang berbeda tergantung pada apakah mereka tinggi atau rendah. Nada yang tinggi memiliki frekuensi lebih cepat dan nada rendah memiliki frekuensi lebih lambat.

4. Saat di kamar mandi, suara akan dengan cepat menemukan permukaan yang dapat memantulkan suara dengan baik, yaitu  dipantulkan oleh ubin

Alih-alih melarikan diri, gelombang suara justru memantul di sekitar kamar mandi kamu, dan menjadi lebih keras karena ada lebih banyak gelombang suara yang masuk di telinga seperti suara percikaan air. Ini adalah alasan pertama suara kamu terdengar lebih baik di kamar mandi.

5. Suara gema itulah yang jadi rahasia shower singing

Permukaan kamar mandi yang halus dan keras  mempengaruhi volume suaramu. Permukaan ini bagus untuk memantulkan suara. Suara akan bergerak bolak-balik di antara dinding kamar mandi dan tidak memudar secepat mereka di ruang yang lebih terbuka. Selain membuat suara lebih nyaring, semua gelombang suara yang memantul di dinding menciptakan efek yang dikenal sebagai gema.

Nah udah tahu ‘kan rahasianya? Nyatanya semua orang memang berhak menyebut dirinya sebagai ‘penyanyi kamar mandi’. Walaupun bukan fungsi aslinya, konstruksi kamar mandi memang membuat suaramu terdengar jauh lebih bagus dan merdu daripada aslinya. Meski hanya sekadar ilusi, kita semua bisa merasakan jadi penyanyi profesional 5-10 menit tiap harinya di kamar mandi. Jadi dinikmati aja guys, itu kenikmatan hakiki pengguna kamar mandi kok!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya