5 Alasan Kenapa Sepatu Crocs Banyak Dipakai Petugas Medis Saat Bekerja. Oh, Ternyata ini Sebabnya~

Petugas medis pakai crocs

Sepatu memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Salah satu yang utama melindungi kaki supaya nggak terluka. Seiring berjalannya waktu, sepatu juga telah menjadi bagian dari gaya hidup manusia. Perusahaan sepatu berlomba-lomba memproduksi alas kaki yang menarik tapi tetap nyaman dipakai. Salah satu brand sepatu terkenal yang produknya banyak disukai adalah Crocs.

Advertisement

Tapi lucunya, saat pertama kali diluncurkan, sepatu Crocs justru disebut sebagai sepatu dengan tampilan yang buruk. Namun anggapan ini perlahan mulai pudar, terlebih sejak dikenakan oleh orang-orang ternama seperti Michelle Obama dan Pangeran George, sepatu Crocs pun mulai digemari. Ditambah lagi sepatu ini sering nongol di drama Korea yang menampilkan para petugas medis, salah satunya K-Drama Hospital Playlist. Para aktornya kompak memakai sepatu Crocs sebagai bagian dari seragam mereka.

Nggak cuma populer di drakor aja, ternyata sepatu Crocs ini memang jadi favorit banyak tenaga medis di dunia! Wah, kira-kira kenapa ya alasannya? Simak, yuk, ulasan Hipwee News & Feature kali ini~

1. Banyak petugas medis suka banget pakai Crocs karena bahannya. Karena terbuat dari karet, sepatu ini jadi mudah dibersihkan. Terutama kalau kena noda darah atau cairan tertentu, tinggal bilas dan gosok sedikit, hilang deh

Ilustrasi sepatu crocs bersih via highxtar.com

Dalam pekerjaannya, petugas medis akan sering dihadapkan pada darah, cairan dari tubuh pasien, cairan obat dan lain sebagainya. Apalagi saat melakukan operasi, mereka harus siap kena noda di baju bahkan sepatu. Nah, biar mudah dibersihkan, mereka memilih menggunakan sepatu yang terbuat dari bahan tertentu, salah satunya pilihannya jatuh pada sepatu Crocs. Karena terbuat dari karet, sepatu ini jadi gampang dibersihkan, tinggal dilap pakai kain basah atau diguyur pakai air mengalir, noda sudah langsung hilang. Selain itu, pengeringannya pun cepat. Sehingga, sepatu Crocs bisa kembali digunakan untuk operasi selanjutnya.

Advertisement

2. Selain itu, sepatu Crocs juga membuat petugas medis nggak mudah terpeleset saat harus bergerak cepat

ilustrasi petugas medis berlari via www.emergencyphysicians.org

Saat bekerja, petugas medis bisa sewaktu-waktu terpeleset di lantai yang cenderung licin. Hal ini jadi alasan lain kenapa sepatu Crocs tepat digunakan. Berbahan dasar karet membuat sepatu Crocs memiliki daya cengkraman yang efektif pada lantai licin. Saat melakukan operasi pun, sepatu ini akan mengurangi risiko tergelincir, tersandung, dan jatuh yang dapat merugikan petugas medis sendiri maupun pasiennya.

3. Sepatu Crocs katanya juga dapat menjaga petugas medis dari cedera saat melakukan operasi berjam-jam

para petugas medis via forum.facmedicine.com

Berdiri dalam waktu yang lama saat operasi menjadi aktivitas yang harus dijalani petugas medis. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit di punggung dan kaki. Dirancang untuk profesional kesehatan, sepatu Crocs memiliki sol yang nyaman dan desain yang kuat. Sehingga, dapat menjaga petugas medis dari kemungkinanan cedera otot. Wah, ternyata memang fungsinya oke banget ya!

4. Namun yang uniknya lagi, di awal kemunculannya ternyata sepatu Crocs justru bukan ditujukan untuk petugas medis, melainkan jadi sepatu khusus untuk para pemancing!

sepatu crocs via www.kcros.com

Seperti yang dilansir dari Vice, sejak awal diluncurkan tahun 2002, sepatu Crocs ditujukan khusus untuk para pemancing. Setelah 16 tahun berselang, sepatu Crocs ternyata malah menjadi favorit para juru masak, anak balita, industri fashion global, dan tentunya petugas medis. Di laman resminya, bahkan Crocs secara khusus membuat kategori sepatu yang ditujukan untuk para dokter dan ahli bedah, lo. Salut!

Advertisement

5. Meskipun kerap digunakan oleh petugas medis saat operasi, beberapa negara justru melarang penggunaan sepatu Crocs. Lo, kenapa? Bukannya banyak fungsinya ya?

sepatu crocs dengan lubang di permukaan via www.walesonline.co.uk

Dikutip dari Telegraph, rumah sakit di Amerika Serikat, Kanada, Swedia, dan Austria ternyata malah melarang penggunaan sepatu Crocs untuk petugas medis karena masalah keamanan. Ini karena pernah ada sejumlah kecelakaan kerja saat benda tajam menusuk kaki petugas medis yang menggunakan sepatu Crocs Toffein Qwirki’s 800. Sepatu Crocs model ini memang memiliki beberapa lubang di permukaan atasnya.

Tapi, untuk mengatasi hal tersebut, Crocs akhirnya membuat tampilan sepatu khusus untuk petugas medis yang nggak berlubang di bagian atasnya. Lubangnya digeser ke bagian sisi sepatu, agar kejadian serupa nggak terulang kembali.

Saking terkenalnya di dunia medis, beberapa waktu lalu Crocs mengadakan program berbagi sepatu dengan menyumbang 860.000 pasang sepatu gratis kepada petugas medis yang menjadi garda terdepan melawan Covid-19 lo! Wah, keren banget, ya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

bound by nostalgic things.

Editor

An amateur writer.

CLOSE