Perubahan teknologi komunikasi dari telepon gagang, pager, sampai era smartphone canggih seperti sekarang, hanya perlu waktu beberapa dekade saja. Teknologi informasi seperti internet juga makin kencang hanya dalam waktu beberapa tahun karena kita sudah mulai memasuki zaman 5G. Saking canggih dan cepatnya perkembangan teknologi, seringkali jadi susah diikuti sampai akhirnya banyak orang yang termasuk golongan kurang ‘melek’ teknologi.

Biar pembaca Hipwee nggak ‘kudet’ dan kurang ‘melek’ teknologi, kamu harus tahu teknologi terbaru yang baru aja diluncuran di Dubai. Sama halnya dengan  inovasi komunikasi dan informasi, teknologi di bidang otomotif sebenarnya juga terus berkembang. Tapi kayaknya inovasi kendaraan baru kepolisian Dubai ini revolusioner banget, belum ada tandingannya, dan dijamin bakal bikin kamu ternganga. Bukan motor atau mobil biasa, kepolisian Dubai kini punya “Hoverbike” yang bisa terbang layaknya kendaraan-kendaraan di film sci-fi. Penasaran? Yuk simak uraian dibawah ini!

Kepolisian Dubai baru saja menguji coba kendaraan terbarunya yaitu Hoverbike. Tentu saja ini tujuannya buat menegakkan keadilan, bukan untuk piknikan

Advertisement

Kepolisian Dubai baru saja memperkenalkan pada dunia armada barunya. Bukan Ferrari maupun Lamborgini, tetapi sesuatu yang benar-benar baru. Dilansir melalui Telegraph, Hoverbike yang super canggih itu dipamerkan pada acara Gitex, yang merupakan pameran teknologi terbesar disana. Konsep kendaraan ini dibangun oleh perusahaan Rusia bernama Hoversurf.

Pada test pertamanya, Hoverbike berhasil lolos tahan uji debu dan tingkat suhu panas. Yang lebih istimewa, Hoverbike berbahan dasar listrik dan mampu berjalan dengan kecepatan lebih dari 64 km/jam. Waktu tempuh rata-rata dari motor ini bisa bertahan hingga 25 menit dan mengangkat beban 300kg. Meski relatif belum bisa digunakan untuk perjalanan jauh, setidaknya Hoverbike bisa membantu polisi untuk menangkap penjahat dan menanganai kasus kriminalitas dengan cepat.

Bukan cuma kendaraannya aja yang futuristik, ternyata beberapa tahun lalu kepolisian Dubai juga sudah serius berencana memperkerjakan robot masa depan

Kayaknya berniat jadi satuan polisi paling canggih deh di dunia via newsweek.com

Ternyata nggak hanya di bidang transportasi saja lho guys. Kepolisian Dubai juga sudah pernah bikin gebrakan teknologi di bulan Maret lalu. Mereka memperkenalkan polisi robot yang mampu menggantikan tugas-tugas ringan kepolisian. Polisi robot ini sementara dapat membantu orang membayar denda pelanggaran dan menerima pengumpulan dokumen penting dari masyarakat. Tapi di masa depan, tepatnya 2030, Kepolisian Dubai menjanjikan pengembangan polisi robot yang menjadi jauh lebih baik lagi dan katanya bisa menggantikan tenaga kerja manusia sebagai polisi. Wah, akankah sehebat polisi di film Robocop? Kita tunggu aja ya!

Kalau lihat kendaraan terbang seperti hoverbike, jadi ingat film-film fiksi ilmiah yang sedari dulu sudah memvisualisasikan hal ini. Ternyata, nggak butuh waktu lama untuk mewujudkan imajinasi para pembuat film jadi nyata

Scout trooper diatas speeder bikes via www.sandtroopers.com

Advertisement

Para ilmuwan yang membangun teknologi hoverbike ini mungkin saja terinspirasi dari beberapa film fiksi ilmiah klasik, seperti Star Wars Return of Jedi yang sudah tayang semenjak 1983. Film ini memunculkan adegan dimana tokoh Luke Skywalker dan beberapa tentara Stormtrooper menggunakan sebuah kendaraan yang bisa terbang. Kalau dalam film, kendaraan ini dinamakan ‘speeder bikes’. Nggak butuh waktu lama, saat ini speeder bikes di dunia nyata bahkan sudah bisa beroperasi.

Hampir serupa dengan speeder bikes, Blade Runner juga sempat menampilkan ‘flying car’ atau mobil terbang. Mobil ini mampu terbang di udara dengan kecepatan tinggi dan seringnya dipakai oleh tokoh untuk mengejar musuh. Wow kira-kira kapan ya flying car bisa terealisasi?

Teknologi seperti ini ternyata bisa jadi solusi buat transportasi. Harapan baru sih buat tempat-tempat yang tingkat kemacetan dan ruwetnya lalu lintas sudah akut

Nggak perlu melebarkan jalan karena mulai ada kendaraan terbang di atas via 1029thebuzz.com

Saat ini pemerintah kita dan beberapa negara yang juga memiliki problem transportasi mungkin selalu berpikir keras bagaimana mengurai kemacetan lalu lintas. Beberapa solusi sederhana pun selalu dilakukan dari mulai menggalakan kembali transportasi umum, pelebaran jalan, hingga pembangunan infrastruktur. Jika berkomitmen untuk fokus ke arah teknologi, mungkin kita bisa mendapatkan solusi-solusi jangka panjang seperti yang dilakukan oleh Dubai. Inovasi ini bisa jadi akan menginspirasi banyak kepolisian di banyak negara untuk menggunakan kendaraan yang lebih efektif dan tepat waktu.

Mungkin masih banyak yang belum percaya jika saat ini manusia sudah benar-benar bisa membuat perubahan yang sangat luar biasa. Kenyataannya teknologi memang bisa merubah segalanya. Semoga saja dengan teknologi manusia akan semakin mudah memperoleh kebutuhan ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya