Pemerintahan di bawah era Jokowi dan Jusuf Kalla yang dimulai sejak periode tahun 2014 lalu akan segera mencapai masa akhirnya. Dilantiknya Jokowi dan Ma’ruf Amin sebagai pemimpin negara yang baru pada tanggal 20 Oktober mendatang akan jadi momentumnya. Dengan bergantinya masa kepemimpinan tersebut, sudah tentu orang-orang yang berada di jajaran pemerintahan juga akan mengalami rotasi, termasuk para menteri.

Terkait dengan tokoh-tokoh yang dianggap mampu dan pantas untuk menduduki kursi menteri bersama masa kepemimpinan presiden yang baru, Hipwee telah melakukan survei online lho. Mudah-mudahan bisa jadi representasi pilihan anak muda, berikut ini adalah mereka yang dijagokan oleh para pembaca Hipwee untuk menjadi menteri selanjutnya, simak yuk!

1. Di urutan pertama, Basuki Tjahaya Purnama atau yang dikenal dengan nama Ahok jauh lebih banyak dipilih dibanding nama-nama lainnya di survei Hipwee

Ahok menjadi kandidat terkuat yang dijagokan pembaca Hipwee via indowarta.com

Advertisement

Nama pertama tokoh yang dijagokan oleh pembaca Hipwee adalah Ahok. Ya, mantan orang nomer satu di Jakarta ini diusulkan cocok menjadi menteri dengan suara paling banyak. Bukan tanpa alasan, selama masa pemerintahannya menjadi gubernur, Ahok memang banyak diidolakan oleh masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan, utamanya anak muda.

Meski sempat tersandung kasus yang cukup kontroversial pada tahun 2016 lalu, Ahok memiliki beberapa prestasi di era kepemimpinannya. Ia pun juga terkenal tegas dalam mengambil tindakan. Beberapa di antaranya yang sempat menjadi berita besar adalah penertiban tempat prostitusi, penjualan alkohol, hiburan malam, dan perjudian di Kalijodo. Selain itu, ia juga dengan tegas menindak para pejabat DKI yang dinilai kurang becus dalam bekerja.

2. Di urutan kedua, nama Mahfud MD difavoritkan menjadi menteri pada periode kepemimpinan yang berikutnya

Mahfud MD berada di urutan kedua via indonesiainside.id

Mahfud MD memang bukan nama yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia, terlebih di kalangan para mahasiswa. Sosok yang kalem ini merupakan seorang pakar hukum profesional Indonesia. Selain menjadi pakar hukum, kontribusi Mahfud di dalam pemerintahan Indonesia adalah pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Advertisement

Bahkan, pada periode tahun 2008-2013 di bawah era SBY, Mahfud pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi  dan Hakim Konstitusi. Sosoknya yang dekat dengan kaum muda dan mahasiswa ini menjadi salah satu alasan mengapa namanya diusulkan oleh pembaca Hipwee sebagai menteri selanjutnya. Selain itu, ia juga jarang tersandung kasus yang melibatkan posisinya sebagai pemerintah.

3. Bagi sebagian orang, Erick Thohir merupakan nama yang asing. Tapi siapa sangka jika sosoknya dijagokan para pembaca Hipwee juga

Nama Erick Thohir menduduki posisi ketiga via kedainews.com

Erick Thohir bagi sebagian orang memang kurang dikenal dibandingkan dengan sosok yang sebelumnya. Hal tersebut memang sesuatu yang wajar, karena ia nyaris tak pernah turut andil di kursi pemerintahan Indonesia. Meskipun begitu, ia dikenal sebagai pengusaha yang sukses. Pria asal Jakarta ini adalah pendiri Mahaka Group yang merupakan perusahaan induk dari perusahaan yang memiliki fokus pada bisnis media dan entertaiment.

Selain itu, ia juga pernah memegang saham klub sepak bola dari klub Italia yang berlaga di seri A yaitu Inter Milan. Dalam kiprahnya di dunia politik, namanya memang langka terdengar oleh publik. Namun, beberapa kali namanya mencuat di arena politik tatkala menjabat sebagai ketua tim pemenangan Jokowi dan Ma’ruf Amin sejak 7 September tahun 2018 lalu.

4. Sempat bersaing menjadi lawan politik Jokowi saat pemilu presiden, Sandiaga Uno ternyata juga banyak diusulkan oleh pembaca Hipwee sebagai menteri lo!

Sandiaga Uno juga dinilai layak menjadi menteri di periode selanjutnya via bidikutama.com

Bukan Prabowo, justru nama Sandiaga Uno malah yang lebih banyak direkomendasikan oleh pembaca Hipwee sebagai menteri. Sandi sebenarnya dikenal terlebih dahulu sebagai pebisnis yang sukses, tak jauh berbeda dengan Erick Thohir. Namun, sejak dirinya memenangkan pemilihan umum Gubernur DKI Jakarta 2017 bersama dengan Anies Baswedan, Sandi juga dikenal sebagai politikus muda. Ia juga banyak memiliki massa dari golongan anak-anak muda hingga para ibu-ibu.

Meski usahanya bersama Prabowo gagal saat maju melawan Jokowi ketika pemilihan presiden beberapa waktu lalu, banyak publik yang tetap mengidolakan sosoknya. Tak cuma dikenal sebagai pebisnis dan politisi muda, ia juga dikenal sebagai sosok yang humble, cerdas, tampan dan tentunya juga kaya raya karena kepemilikan lebih dari 10 perusahaan besar di Indonesia.

5. Di urutan terakhir, Ganjar Pranowo juga menjadi sorotan para pembaca Hipwee dan dijagokan untuk maju sebagai menteri

Sosok Ganjar Pranowo via sorotnusantara.com

Sosok pemimpin Jawa Tengah ini memiliki ciri khas rambut putih dan gaya komunikasinya yang “anak muda banget”. Nggak heran, jika Ganjar Pranowo memiliki tempat tersendiri di berbagai kalangan masyarakat Indonesia dari bermacam latar belakang.

Ia aktif dalam bermedia sosial sehingga dinilai piawai meraup dukungan dari anak muda. Alumni Universitas Gadjah Mada ini juga terkenal dengan terobosan-terobosan yang dilakukannya dalam masa kepemimpinannya. Meski sempat tersandung kasus besar skandal E-KTP, hingga saat ini ia mampu menepis berita tersebut dan tetap mendapat banyak dukungan.

Berikut tadi adalah nama-nama yang dijagokan oleh para pembaca Hipwee melalui survey yang telah dilakukan. Kalau menurut kalian bagaimana? Jangan lupa berbagi pendapat ya!

TAG

Pemerintah Indonesia, Jokowi Ma’ruf, presiden, menteri, kabinet

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya