Cina memang terkenal akan barang-barang KW-nya. Mulai dari barang elektronik hingga kendaraan bermotor, Cina bisa bikin barang KW-nya. Sebuah kemampuan yang sebenarnya cukup mengesankan, tapi di satu sisi lain juga bikin sedih. Namun ada tren barang KW Cina yang nggak cuma bikin kesel, tapi juga bahaya banget. Asal kamu tahu aja, makanan juga turut jadi korban pemalsuan dari oknum-oknum nakal di Cina!

Food safety atau keamanan bahan-bahan makanan di Cina emang  patut dipertanyakan. Laporan dari Reuters menyebutkan bahwa tahun 2016 kemarin saja, ada sekitar 500.000 kecurangan pada makanan di Cina. Tentu saja tingginya angka ini menunjukkan betapa genting masalah makanan di Cina. Pasalnya ketika kebutuhan fundamental manusia seperti makanan dipermainkan, risikonya tak cuma sekadar materi. Korban yang memakan makanan palsu tersebut bahkan bisa saja meregang nyawa!

Hipwee News & Feature sudah kumpulkan kasus makanan-makanan di Cina yang sudah ada KW-nya. Hati-hati ya, siapa tahu ada yang sudah sampai Indonesia….

1. Susu bayi saja ada yang tega mempermainkan. Demi keuntungan, susu bayi ada yang dicampur melamin!

2. Bahkan ada kasus di mana susu bayi diganti dengan bubuk kapur. Dasar nggak punya hati nurani!

3. Di Indonesia juga sudah ramai, ternyata kasus beras plastik juga banyak ditemukan di Cina

4. Kacang walnut pun tak luput dari sasaran kegilaan oknum di Cina. Isinya diganti pakai semen coba?!

5. Mereka pun sampai berani berdusta dengan menjual daging tikus yang dilabeli daging sapi!

6. Pun ada juga kasus daging babi yang dilumuri cairan agar sama dengan daging sapi. Harga jual daging babi lebih murah sih

7. Orang yang awam soal wine di Cina juga sering ditipu. Meski dilabeli wine, barang KW ini isinya jus doang

8. Oknum nakal ada yang merendam kacang kedelai dengan pewarna agar bisa dijual sebagai kacang hijau. Ini bahaya loh!

9. Tahun 2010 silam ada kasus mie yang dibuat dari tepung busuk. Bahkan juga ada yang dibuat dari plastik

10. Dan yang terbaru adalah kasus telur palsu. Kulitnya dibikin dari lilin!

Parah ya? Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan palsu tersebut jelas-jelas merusak tubuh, tapi tetap saja oknum-oknum nakal tersebut tega melakukannya demi meraup keuntungan pribadi semata. Semoga cukup barang elektronik aja yang KW-nya sampai di Indonesia. Semoga makanan-makanan KW tersebut nggak sampai beredar di negara kita.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya