Gelar Rapid Test Gratis untuk Warga Zona Merah Jakarta, Allianz Indonesia Ingin Pastikan Semua Bisa Lawan Covid-19

Rapid Test Covid-19 Gratis

Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 adalah melakukan rapid test atau tes diagnostik cepat secara massal. Di beberapa negara metode penyaringan awal tersebut terbukti efektif karena bisa mendeteksi pasien positif tanpa gejala sebelum ia menularkan ke orang lain. Di Indonesia langkah tersebut sudah diterapkan oleh pemerintah, khususnya di zona merah penyebaran Covid-19 yaitu Jakarta.

Advertisement

Nggak cuma oleh pemerintah, beberapa pihak swasta pun sudah turut melakukan hal serupa, salah satunya Allianz Indonesia. Melalui Yayasan Allianz Peduli, perusahaan jasa keuangan tersebut berkolaborasi dengan platform layanan kesehatan Halodoc untuk menggelar drive-thru rapid test gratis Covid-19 di beberapa wilayah Jakarta.

Warga Jakarta masih banyak yang bekerja di luar rumah

Drive-thru Rapid Test Covid-19 Gratis oleh Allianz Indonesia dan Halodoc (Foto: Dok. Allianz Indonesia) via www.allianz.co.id

Dewan Pembinan Yayasan Allianz Peduli, Joos Louwerier, mengatakan inisiatif rapid test Covid-19 gratis muncul karena masih banyak warga Jakarta yang nggak bisa bekerja dari rumah. Padahal seperti diketahui Jakarta merupakan episentrum penyebaran Covid-19 di Indonesia. Lewat inisiatif kolaborasi ini Joos menekankan pentingnya meningkatkan kapasitas rapid test di Indonesia sebagai langkah preventif penularan Covid-19.

“Inisiatif ini sebagai bentuk kepedulian Yayasan Allianz Peduli bagi masyarakat sekaligus dukungan kepada upaya pemerintah dalam menekan laju peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia, khususnya di wilayah DKI Jakarta yang merupakan epicentrum penyebaran Covid-19,” kata Joos dalam keterangan pers yang Hipwee terima Senin (20/04/2020).

Advertisement

Joos menyampaikan layanan rapid test gratis ini diberikan untuk warga Jakarta yang bermukim di zona merah seperti Kemayoran, Jakarta Pusat dan Cilandak, Jakarta Selatan. Kegiatan yang menggunakan model drive-thru ini berlangsung dari tanggal 20 hingga 25 April 2020, dan tetap berpedoman kepada protokol kesehatan masyarakat seperti menerapkan physical distancing dalam pelaksanaannya.

Menyederhanakan akses layanan kesehatan bagi masyarakat

Drive-thru Rapid Test Covid-19 Gratis oleh Allianz Indonesia dan Halodoc (Foto: Dok. Allianz Indonesia) via www.allianz.co.id

CEO Halodoc, Jonathan Sudharta, mengatakan pemeriksaan rapid test dilakukan dengan cara mengambil sampel darah untuk diuji dan dideteksi seperti apa antibodi yang terbentuk saat tubuh mengalami infeksi. Sebagai aplikasi kesehatan online yang telah menjalin kerja sama dengan Allianz Indonesia sejak 2016, Jonathan menilai inisiatif ini sejalan dengan misi Halodoc memfasilitasi kebutuhan layanan kesehatan masyarakat hari ini.

Advertisement

“Kerja sama kami dengan Yayasan Allianz Peduli melengkapi kemitraan strategis yang telah terjalin baik dengan Allianz Indonesia sejak tahun 2016. Kami berharap kerja sama yang dilakukan dengan Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli ini dapat membantu pemerintah dalam memberikan layanan kesehatan yang memadai bagi masyarakat,” ucap Jonathan.

Untuk bisa mengikuti rapid test gratis, ada beberapa tahapan yang harus dilalui masyarakat. Pertama harus mendaftar melalui aplikasi Halodoc, kedua melakukan pemilihan jadwal rapid test, dan terakhir mengunggah foto KTP untuk dewasa, atau Kartu Keluarga untuk anak-anak. Setelah itu pendaftar akan menerima SMS konfirmasi jadwal. Masyarakat nggak akan dipungut biaya sejak pendaftaran hingga hingga hasil rapid test keluar.

Sebelumnya Allianz dan Halodoc sudah menyediakan layanan dan fasilitas terkait Covid-19

Drive-thru Rapid Test Covid-19 Gratis oleh Allianz Indonesia dan Halodoc (Ilustrasi: Dok. Allianz Indonesia) via www.allianz.co.id

Selain rapid test, sejak awal bulan Maret 2020 lalu Allianz Indonesia telah menyediakan pelbagai layanan dan fasilitas bersama Halodoc. Layanan ini meliputi konsultasi gratis dan tanya dokter online terkait Covid-19, pemeriksaan dini untuk mengetahui seberapa besar risiko dalam terpapar Covid-19, potongan harga dan gratis ongkos kirim untuk pembelian obat-obatan, vitamin maupun hand sanitizer, serta penukaran Allianz Smart Point dengan voucher belanja di aplikasi Halodoc. Pelbagai layanan tersebut sebagai dukungan Allianz untuk nasabah dan masyarakat luas agar #PunyaPower Melawan Covid-19.

Khusus untuk nasabah, Allianz Indonesia juga telah memberikan manfaat tambahan yaitu 50% tambahan uang pertanggungan jiwa maksimal Rp250 juta, jika nasabah tutup usia karena Covid-19 sampai 31 Mei 2020 dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku. Selain itu, masa tunggu 30 hari untuk perawatan akibat terinfeksi Covid-19 di polis baru juga ditiadakan. Melalui manfaat tambahan ini, nasabah bisa langsung mendapatkan perlindungan ketika dibutuhkan, dan bisa mendapatkan layanan kesehatan yang memadai di lebih dari 1.200 RS dan klinik rekanan Allianz di seluruh Indonesia.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

CLOSE