Nggak Cuma Sekedar Gaya-Gayaan, Inilah 5 Rekomendasi Perlengkapan Bersepeda Agar Tetap Aman

Rekomendasi perlengkapan bersepeda

Seperti yang kita tahu, tren bersepeda di masa pandemi ini telah menjadi kegiatan baru yang banyak digemari dan dilakukan oleh masyarakat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia sendiri. Bahkan, beberapa waktu lalu orang-orang di luar negeri sempat terheran-heran dengan kelakuan warga +62 yang kedapatan memborong sepeda merek mahal dalam jumlah besar-besaran. Penjual sepeda di Indonesia pun seperti kejatuhan rezeki nomplok terkait dengan fenomena yang nggak biasa ini.

Advertisement

Mulai dari sepeda-sepeda standar hingga sepeda yang memiliki harga fantastis, saat ini kamu bisa melihatnya bertebaran di jalanan. Ada yang memang tujuannya sebagai hiburan, ada pula yang melakukannya karena ingin berolahraga, tapi ada juga yang memang karena ikut tren dan sekedar gengsi-gengsian aja. Sebenarnya nggak ada salahnya kok selama kegiatan tersebut nggak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Nah, untuk melengkapi kegiatan bersepedamu, Hipwee punya rekomendasi perlengkapan bersepeda biar tetap aman saat gowess sepanjang hari. Simak deh~

1. Sama halnya dalam mengendarai sepeda motor, bersepeda pun alangkah baiknya jika menggunakan helm biar tetap aman dan nyaman

Helm sepeda via www.bukalapak.com

Meski nggak ada aturan baku yang menyebutkan bahwa bersepeda harus menggunakan helm seperti saat mengendarai sepeda motor, tapi alangkah baiknya jika kita tetap melakukan hal tersebut. Perlu diingat, kalau sepeda rusak itu bisa diservis dengan mudah, tapi kalau ada apa-apa dan kepalamu rusak karena nggak terlindungi bakal repot urusannya. Ada beberapa produk helm bersepeda dengan harga terjangkau dan kualitasnya nggak perlu diragukan lagi seperti misalnya Avand A20 dan juga X10. Kedua helm ini hanya dibanderol dengan kisaran harga antara 100-200 ribuan aja. Kamu bisa membelinya di sini.

2. Selain helm, untuk melindungimu dari paparan sinar matahari menyilaukan kamu juga bisa menggunakan kacamata

Kacamata sepeda via shopee.co.id

Jangan salah! Penggunaan kacamata terkadang juga dirasa penting saat melakukan aktivitas bersepeda lo. Terlebih jika track yang bakal kita lewati adalah jalanan perkotaan dan di waktu siang hari. Tentunya sinar matahari dan tingkat kesilauannya bakal mengganggu pandangan kita. Maka dari itu sangat direkomendasikan menggunakan kacamata dengan lensa polarized. Beberapa merk kacamata sepeda yang cukup terkenal dan terjangkau adalah Cougar CG 07 dan Rockbros. Kedua produk tersebut bisa kamu beli di laman ini seharga 200 ribuan aja.

3. Agar terhindar dari dehidrasi saat mengayuh pedal, kamu juga butuh minum lo. Jangan sampai lupa untuk mebawa botol minum

Botol minum sepeda via www.jakartanotebook.com

Dalam melakukan olahraga sepeda, salah satu perlengkapan yang wajib banget kamu bawa adalah botol minum. Usahakan jangan menggunakan botol minum yang biasa karena bakal susah untuk dibawa apalagi dalam mobilitas yang tinggi. Kamu bisa menggunakan botol minum merek Discovery lengkap dengan holdernya dengan harga sekitar 100 ribuan, atau bisa juga menggunakan merek Tec dengan harga yang nggak terlampau jauh. Keduanya bisa kamu beli lewat sini~

4. Untuk perjalan yang jauh, alangkah baiknya jika kamu juga menggunakan sepatu khusus bersepeda. Banyak kok yang harganya terjangkau

Sepatu Karimo Summit via shopee.co.id

Meski memang bukan kebutuhan wajib yang harus dimiliki, namun sepatu khusus bersepeda ini dianjurkan banget jika kamu hendak melakukan perjalanan jarak jauh. Ada banyak merek sepatu khusus sepeda dengan harga terjangkau dan kualitas yang oke. Salah satu di antaranya adalah Karimor Summit. Meski sebenarnya lebih dikhususkan untuk kegiatan hiking, namun karena sepatu ini punya kemampuan dalam menahan medan licin, maka biasanya juga kerap digunakan untuk bersepeda. Harganya pun cukup murah kok, yaitu sekitar 200 ribuan rupiah. Karimor Summit bisa kamu beli di sini.

5. Perlengkapan terakhir yang juga nggak boleh kamu lewatkan adalah pelindung kaki dan tangan. Penting banget lo!

Advertisement

Axo Deker via www.elevenia.co.id

Jika sudah memiliki beberapa perlengkapan sebelumnya, benda yang wajib kamu miliki dan nggak boleh ketinggalan adalah pelindung kaki dan tangan. Dengan memakai perlengkapan ini, setidaknya bagian vital yang ada di tangan dan kakimu bakal terlindungi jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan yang nggak diinginkan. Salah satu merek yang terkenal dan murah adalah AXO. Pelindung ini biasanya dibanderol dengan harga 100 ribuan aja, dan bisa kamu beli lewat sini.

Mau niat bersepedanya cuma buat bergaya atau demi gengsi doang memang nggak salah. Yang pentang tetap harus jaga keamanan aman dengan mengikuti aturan bersepeda di jalan dan selalu memakai perlengkapan perlindungan yang tepat. Plus tentunya kita juga nggak boleh merugikan diri sendiri maupun orang lain ya pas sepedahan. Lagian dengan meramaikan kegiatan bersepeda, setidaknya kita dapat mengurangi tingkat polusi udara di daerah masing-masing kok. Asal bersepedanya nggak urakan aja ya, hehe.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE