Rumor Kematian Pemimpin Korut Kim Jong Un dan Sejumlah Teori yang Bertebaran di Lini Masa

Rumor kematian Kim Jong Un

Kim Jong Un, pimpinan tertinggi Korea Utara, dikabarkan sedang tidak baik-baik saja. Beberapa waktu belakangan ini, media-media internasional ramai memberitakan kondisi Kim, ada yang bilang kalau Kim sedang sakit keras, ada juga yang bahkan terang-terangan menyatakan Kim telah meninggal dunia. Kabar yang beredar bener-bener serba nggak pasti! Ya, namanya juga negara komunis yang serba tertutup. Sampai sekarang pun belum ada pernyataan resmi dari negara tersebut yang bisa beneran dipercaya mengenai kondisi Kim Jong Un.

Advertisement

Namun, sejumlah pejabat dunia sampai pakar politik mencoba menelaah kabar burung ini. Mereka pun juga punya teori dan spekulasi yang berbeda-beda. Apa kata mereka? Dan apakah benar Kim Jong Un yang tiba-tiba menghilang ini bener-bener sudah meninggal dunia? Simak uraiannya bareng Hipwee kali ini, yuk!

Kabar Kim Jong Un meninggal ini ramai diberitakan media-media internasional, tak terkecuali media sosial seperti Twitter. Bahkan namanya sempat jadi trending topic!

Kim Jong Un dikabarkan meninggal dunia via www.snopes.com

Rumor meninggalnya Kim Jong Un menghiasi lini masa sejak beberapa hari belakangan ini. Semua berawal dari “menghilang”nya sang diktator secara tiba-tiba selama dua minggu terakhir. Kim dilaporkan melewatkan perayaan ulang tahun kakeknya sekaligus pendiri rezim, Kim Il Sung, yang jatuh pada 15 April kemarin. Padahal perayaan semacam itu jadi hari penting bagi rakyat Korut. Empat hari sebelum ulang tahun sang kakek, Kim masih terlihat di pertemuan yang membahas pencegahan virus corona, seperti yang dilaporkan media pemerintah Korea Utara, Korean Central News Agency.

Ada juga yang “cuma” melaporkan kalau Kim Jong Un sedang sakit keras, salah satunya pejabat AS yang menyebut Kim dalam bahaya besar setelah melakukan operasi

Kim perokok berat via www.dailynk.com

Beberapa waktu lalu, laporan CNN menyebut kalau ada pejabat AS yang menyatakan bahwa Kim sedang dalam bahaya besar setelah operasi. Pernyataannya itu muncul setelah negara Paman Sam tersebut melakukan pemantauan intelijen. Pejabat AS lainnya tampak setuju dengan pendapat kalau kondisi kesehatan Kim memang sedang bermasalah, namun sulit untuk menilai seberapa parahnya.

Advertisement

Ada juga media Daily NK –yang sebagian besar dijalankan oleh para pembelot Korut– melaporkan kalau Kim tengah menjalani prosedur kardiovaskular. Ini dikarenakan kebiasaan merokoknya yang berat, obesitas, hingga kelelahan bekerja. Dan katanya juga, ia sedang menjalani masa pemulihan di sebuah villa di Provinsi Pyongyang Utara.

Namun, penasihat kebijakan luar negeri Korea Selatan justru percaya kalau Kim masih hidup dan dalam kondisi yang sehat-sehat aja

Katanya sih baik-baik aja(?) via www.express.co.uk

Moon Chung-in, penasihat kebijakan luar negeri utama Presiden Korsel Moon Jae-in, menyatakan kalau Kim Jong Un saat ini masih hidup dan dalam kondisi sehat. Ia juga menyebut kalau Kim sekarang tinggal di daerah Wonsan sejak 13 April lalu. Hal ini didukung oleh adanya penemuan citra satelit milik 38 North, proyek pemantauan Korut yang ada di Washington AS. Dari tangkapan satelit tersebut, kereta milik Kim memang kelihatan lagi parkir di stasiun khusus keluarga Kim di Wonsan pada 21 dan 23 April.

Ada juga lo yang menganggap kalau Kim lagi mengisolasi diri gara-gara ada pengawalnya yang terinfeksi corona. Wonsan itu semacam resort yang dekat dengan pantai

Advertisement

Citra satelit yang menunjukkan kereta Kim di Wonsan via www.aljazeera.com

Media Korea Selatan JoongAng Ilbo, menyebut juga kalau Kim Jong Un sedang mengisolasi diri di Wonsan. Ini ia lakukan karena ada salah seorang di jajaran pemerintahannya, lebih tepatnya pengawalnya, terinfeksi virus corona. Kim keluar dari Pyongyang untuk mengurangi risiko penularan. Hmm.. mungkin aja sih, soalnya Wonsan sendiri merupakan kompleks resort dengan beragam fasilitias rekreasi, wisma, dan bangunan-bangunan besar hingga jalur menunggang kuda, seperti hobi Kim. Lokasi itu dibangun setelah Kim berkuasa. Di sana juga dekat sama pantai, dan daera tepi pantainya jadi tempat Kim menghabiskan musim panas saat masih kecil. Kim dilaporkan sering mengunjungi Wonsan.

Hmm.. banyak juga ya spekulasi yang muncul. Kita pun nggak bisa memastikan mana teori atau pendapat yang benar, mengingat betapa tertutupnya negara Korea Utara itu. Jadi memang mesti nunggu ada pernyataan resmi dari sana sih. Tapi ngomong-ngomong, mana sih teori yang kamu percaya?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

Editor

An amateur writer.

CLOSE