Berkunjung ke Wonsan, Lokasi Resort Peristirahatan di Mana Kim Jong Un Digosipkan Meninggal Dunia

Wonsan, Korea Utara

Beberapa hari terakhir, pimpinan tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un diberitakan sakit kritis hingga meninggal oleh media internasional. Sebelumnya, isu yang berkembang adalah Kim Jong Un tengah sakit dan harus dioperasi. Meski ramai di media sosial tentang isu kematian Kim Jong Un, namun tidak ada yang bisa tau secara pasti kondisi kesehatannya sampai pemerintah Korea Utara mengumumkannya sendiri.

Advertisement

Satelit AS menangkap potret kereta milik keluarga Kim terparkir di kota Wonsan. Kereta api yang diduga milik Kim itu diparkir di sebuah stasiun yang disediakan untuk keluarga Kim di Wonsan pada 21 April dan 23 April. Apa yang terjadi di Wonsan?

Kereta keluarga Kim Jong Un berada di Wonsan, 200 km di sebelah timur Pyongyang. Diduga ia telah meninggal di sana

sebuah kereta di wonsan via www.timesofisrael.com

Rumor meninggalnya Kim Jong Un cukup ramai dibahas di media sosial. Beberapa media memberitakan Kim sakit dan harus dioperasi pada pekan lalu. Reuters pun mengkonfirmasi China mengirim dokter ahli ke Korea Utara untuk memeriksa kondisi Kim Jong Un. Tidak hadirnya Kim di peringatan ulang tahun Kim Il Sung sang kakek sekaligus pendiri Korea Utara adalah hal yang mengindikasikan ia tengah sakit. Hingga rumor berhembus bahwa ia benar-benar telah meninggal yang diberitakan oleh media dari Hongkong dan Jepang.

Salah satu bukti yang menarik adalah potret satelit Amerika yang berhasil memotret kereta api yang terparkir di Wonsan. Wonsan adalah resort peristirahatan Kim Jong Un yang terletak 200 km di sebelah timur Pyongyang. Potret kereta ini terlihat pada tanggal 21 dan 23 April. Memang potret kereta itu tak bisa mengindikasikan Kim Jong Un telah meninggal, namun hal ini jadi bukti valid jika Kim sedang berada di sana. Satu hal yang menunjukkan Kim sedang sakit adalah, ia sudah tidak hadir dalam beberapa acara penting di Korea Selatan sepekan belakangan.

Advertisement

Mengenal Wonsan, kota pelabuhan yang sekaligus terdapat resort peristirahatan pimpinan Korea Utara, Kim Jong Un

wonsan tourist zone via www.dailynk.com

Wonsan sendiri merupakan kota yang dirancang sebagai kawasan wisata bertema Wonsan-Kalma Coastal tourist zone di mana ini akan jadi kota wisata berbasis pelabuhan dan pantai. Tampak hotel-hotel mewah dan bandara internasional di potret kota Wonsan. Terdapat pantai indah Myongsasipri yang membentang luas dengan panorama alam yang mengagumkan. Tak jauh dari sana, tersedia Ski Resort yang dibangun pada 2014 lalu bernama Masik Pass Skiing Ground.

Di Wonsan, Kim Jong Un mempunyai resort mewah untuk peristirahatannya. Apakah benar ia tengah sakit dan dirawat di sana, atau malah pemimpin Korea Utara itu sudah meninggal di Wonsan? Semua belum ada konfirmasi yang jelas jika belum ada pernyataan resmi dari pemerintah Korea Utara. Kita tunggu saja!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE