Sebagian besar dari kita mungkin udah nggak asing lagi sama yang namanya challenge atau tantangan di internet. Tren challenge ini sendiri sudah mulai booming di dunia maya dan banyak ditiru pengguna internet sejak beberapa tahun silam. Kamu tentu masih ingat ‘kan sama Samyang challenge, atau ice bucket challenge? Kedua tantangan itu nggak kalah populer sama chubby bunny challenge, diikuti dengan Kylie Jenner lip challenge, dan yang terbaru ini Kiki challenge.

Sayangnya, nggak semua tantangan di internet ternyata aman dilakukan. Malah kayaknya mayoritas orang ikut-ikutan cuma biar nggak kalah eksis aja. Tak terkecuali Kiki challenge ini, yang awalnya terkenal gara-gara lagu baru Drake berjudul “In My Feelings”. Padahal sebenarnya tantangan ini cukup berbahaya untuk dilakukan lho. Pemerintah Mesir sampai terang-terangan melarang penduduknya melakukan tantangan ini. Hukumannya juga nggak main-main. Nih, Hipwee News & Feature udah merangkum infonya buat kamu. Simak bersama yuk!

1. Awalnya Kiki challenge ini dilakukan secara ‘normal’, ya cuma joget-joget biasa dengan backsound lagu barunya Drake

Advertisement

Drake, penyanyi dan rapper kulit hitam, baru saja menelurkan single terbaru berjudul “In My Feelings”. Lagu tersebut memiliki irama yang memang enak didengar, membuat orang pasti otomatis bergoyang. Nggak butuh waktu lama bagi lagu ini untuk merajai tangga lagu internasional. Saking populernya, sekitar 3 mingguan lalu, komedian dengan nama akun IG @theshiggyshow membuat tarian fenomenal dengan lagu Drake tersebut. Tak butuh waktu lama, videonya langsung viral di internet. Nggak sedikit orang yang membuat video serupa.

2. Tapi lama kelamaan jadi ada yang melakukannya dengan cara yang terbilang ekstrem. Turun dari mobil yang masih berjalan, lalu menari sambil mengikuti mobil

Advertisement

Sayangnya, tren tarian tersebut jadi berkembang ke arah membahayakan. Entah siapa yang memulai lebih dulu, tapi sekarang jadi banyak banget video orang yang mempraktikkan tarian ini dengan turun dari mobil yang masih berjalan pelan. Lalu menari diiringi lagu milik Drake dengan mobil yang masih berjalan plus pintunya terbuka. Setelah selesai menari-nari, mereka masuk lagi ke mobil.

3. Padahal banyak banget kejadian orang yang terjatuh pas turun dari mobil. Bahaya banget ‘kan? Kalau kelindes gimana??

Kelihatannya mungkin memang keren dan enerjik gitu ya bisa mempraktikkan gerakan tersebut sambil diiringi mobil yang masih berjalan. Tapi sebenarnya challenge ini bisa berisiko membuat orang terluka lho. Buktinya banyak video orang gagal melakukan challenge ini dan viral di internet. Mereka justru terjatuh saat turun dari mobil yang masih berjalan. Belum lagi kemungkinan terlindas ban juga besar. Wah, bener-bener nggak ada faedahnya kalau begini sih…

4. Selain itu, tantangan ini berisiko menimbulkan kemacetan. Soalnya ‘kan mobilnya jalan pelan-pelan. Ini nih yang bikin Mesir melarang keras

Bisa bikin macet via lubokviral.com

Karena Kiki challenge dilakukan di jalanan, nggak sedikit orang yang malah menimbulkan kemacetan di sekelilingnya. Yang rugi nggak cuma satu-dua orang, tapi bisa lebih dari itu. Hal inilah yang membuat pemerintah Mesir secara tegas melarang warganya mempraktikkan Kiki challenge. Selain bisa jadi sumber kemacetan, pemerintah Mesir juga mempermasalahkan tantangan ini karena pelakunya membiarkan pintu kendaraan terbuka saat berkendara di jalanan. Ini bisa berbahaya bagi siapapun yang melintas di dekatnya.

5. Atas alasan-alasan di atas, negara-negara Timur Tengah seperti Mesir memutuskan untuk menerapkan denda bagi siapapun yang melanggar. Demi keselamatan warganya!

Kalau nekat bisa didenda via alhalqa.news

Saking seriusnya, mereka yang melanggar akan dikenai denda sebesar 100-300 Mesir ponsterling (LE) atau setara dengan Rp80-240 ribu. Bukan cuma denda, menurut kabar terbaru, sudah ada tiga orang yang ditangkap karena melakukan challenge ini di Uni Emirat Arab. Tindakan tegas pemerintah ini mungkin memang diperlukan sehingga orang-orang sadar bahwa challenge atau tren populer yang kelihatannya sepele dan ‘seru-seru’-an doang sebenarnya bisa membahayakan banyak orang.

Dari banyaknya kasus orang jatuh atau terluka cuma gara-gara mempraktikkan tantangan ini, hal itu seharusnya bisa jadi pelajaran bagi kita kalau nggak semua tantangan atau sensasi di internet layak ditiru. Masih ingat ‘kan banyak orang sakit perut karena melakukan Samyang challenge? Atau mereka yang tersedak cuma karena banyak-banyakan memasukkan marshmellow ke mulut dalam chubby bunny challenge?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya