Sejak kemarin, publik dunia maya dihebohkan dengan sejumlah aplikasi penting yang tiba-tiba down dan berhenti bekerja. Awalnya dimulai dengan layanan surel milik Google, Gmail, yang dilaporkan telah mengalami gangguan. Orang pada ramai-ramai mengeluhkan masalah itu di Twitter. Soalnya Gmail memang sudah jadi semacam kebutuhan bagi orang, khususnya para pekerja. Saat Gmail down, pekerjaan mereka pun jadi terhambat.

Ternyata tidak hanya Gmail yang dikabarkan error, tapi juga media sosial Instagram dan Facebook, serta aplikasi pesan lintas platform, WhatsApp. Meski sepertinya tidak semua pengguna mengalami, tapi gangguan ini cukup bikin khalayak bertanya-tanya, kok bisa sih error-nya berjamaah gitu? Sampai-sampai tagar #InstagramDown dan #FacebookDown sempat jadi trending di Twitter lo! Biar tidak penasaran, simak ulasan Hipwee News & Feature ini.

Kemarin, banyak warganet sambat akun Gmail-nya error. Selain tidak bisa mengirim pesan, mereka juga katanya tidak bisa mengunduh lampiran

Advertisement

Bagi banyak orang, Gmail begitu berguna sebagai layanan pengirim dan penerima pesan atau file. Tak heran kalau gangguan yang terjadi Rabu, 13 Maret, sekitar pukul 10 pagi itu cukup membuat geger publik. Mereka ramai-ramai mencuitkan keluhannya di media sosial Twitter. Ada yang tidak bisa mengirim pesan atau mengunduh lampiran dokumen. Tidak hanya Gmail, ternyata Google Drive juga sempat tidak bisa digunakan lo.

Peta gangguan Gmail via www.gizmodo.com.au

Advertisement

Keluhan ini tidak cuma dirasakan kita yang ada di Indonesia aja. Dikutip dari Gizmodo, sejumlah negara juga merasakan hal serupa, seperti Australia, Malaysia, Amerika Serikat, dan Jepang. Katanya sih yang terdampak paling parah itu Jepang. Menyadari banyaknya keluhan penggunanya bertebaran di lini maya, Google mengeluarkan permintaan maaf dan mengaku sedang bekerja memperbaiki error tersebut. Sekarang sih katanya Gmail sudah kembali normal.

Selesai masalah dengan Gmail, publik kembali diramaikan dengan Instagram, Facebook, dan WhatsApp yang sama-sama down. Kok bisa ya error-nya barengan gitu?

Tiga aplikasi wajib bagi pengguna telepon pintar ini dilaporkan mengalami gangguan pada Kamis, 14 Maret, dini hari. Baik pengguna Facebook maupun Instagram kabarnya sama-sama tidak bisa mengunggah foto atau video. Malah katanya banyak yang sama sekali tidak bisa mengaksesnya saat berusaha log in. Messanger di Facebook juga katanya tidak bisa digunakan.

Sedangkan untuk aplikasi chat WhatsApp, banyak orang mengeluh kesulitan mengirim pesan gambar. WhatsApp status juga dilaporkan tidak bekerja. Pihak Facebook sempat memberi klarifikasi. Meski tidak secara jelas menyatakan penyebab gangguan ini, tapi mereka membantah jika masalah ini terjadi karena DDoS atau serangan hacker seperti dilansir dari Kompas. Facebook bilang kalau sedang berupaya menyelesaikannya. Kabarnya sekarang ketiga aplikasi itu sudah mulai normal sih…

Dalam rangka memperingati hari lahir internet belum lama ini, pendiri World Wide Web (WWW), Tim Berners-Lee, memberi ‘warning’ kalau internet sudah tidak lagi sebaik dulu

Tim Berners-Lee via learningenglish.voanews.com

Tanggal 12 Maret lalu, World Wide Web atau yang biasa disingkat “WWW” berulang tahun yang ke-30. Pendirinya, seorang ahli komputer, Tim Berners-Lee memberikan semacam pidato di Geneva, Swiss. Dalam pidatonya seperti dilansir VOA, ia memperingatkan pada khalayak kalau web telah gagal di banyak bidang dan banyak menimbulkan masalah baru, seperti penipuan online, hacking, peretasan data pribadi, dan lain-lain. Apalagi saat ini, internet telah digunakan oleh separuh dari penduduk bumi.

Menanggapi hal ini, Tim merasa perlu ada pembaharuan dalam sistem internet demi masa depan kemanusiaan yang lebih baik. Hmm… mungkinkah gangguan yang kita rasakan kemarin dan hari ini, adalah bagian dari “pembaharuan” itu? Menurutmu gimana Guys?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya