Hadapi Pandemi Covid-19 di Bulan Ramadan, Chilibeli Lakukan Pendekatan Strategi Berbasis Solusi

Strategi Chilibeli hadapi pandemi

Situasi yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19 telah mengubah pola konsumsi masyarakat dunia. Di Indonesia hal tersebut setidaknya terlihat di bulan Ramadan yang kini sudah mendekati lebaran. Biasanya menjelang Lebaran, masyarakat akan memenuhi pasar dan pusat perbelanjaan untuk membeli kebutuhan pokok harian hingga pakaian. Namun di tengah PSBB dan imbauan melakukan physical distancing saat ini, belanja melalaui platform online nyaris jadi tren mutlak.

Advertisement

Di antara platform belanja online, Chilibeli yang beroperasi sejak Juli 2019 jadi salah satu medium yang mampu menyediakan solusi untuk kebutuhan pangan pokok rumah tangga. Meski beroperasi secara digital, kebijakan PSBB dan physical distancing belakangan nyatanya tetap memunculkan persoalan bagi Chilibeli, khususnya dalam hal logistik memasok kebutuhunan pengguna. Untuk itu, selama bulan Ramadan menjelang lebaran, Chilibeli melakukan pendekatan berbasis solusi agar tetap cepat, tanggap, dan terpadu melayani mitra dan Sahabat Chilibeli.

Lakukan pendekatan berbasis solusi di tengah pandemi Covid-19

Chilibeli (Foto: dok.Chilibeli) via www.chilibeli.com

Persoalan yang kentara sejak pandemi Covid-19 dan diterapkannya physical distancing adalah melambatnya pertumbuhan lini usaha HoReCa (Hotel Restaurant Cafe) yang termasuk dalam lini usaha B2B (business to business) Chilibeli. Hal tersebut berimbas pada kelebihan pasokan khususnya sembako. Untuk menyiasati hal tersebut menajemen Chilibeli mengambil langkah memperkuat jaringan Mitra dan Sahabat di Jakarta, Depok, dan Tangerang Selatan, serta membuka komunitas baru di Surabaya guna mendorong penjualan pasokan yang berlebih tersebut.

Chilibeli juga menggencarkan akuisisi online melalui chatting platform dan media sosial untuk menjaring mitra baru. Hal tersebut dilakukan untuk menyiasati kegiatan komunitas yang tertunda PSBB. Selain itu penutupan beberapa akses ke berbagai pemukiman hari ini disikapi Chilibeli dengan menambahkan fitur antar langsung ke rumah yang tidak melakukan penutupan akses mandiri pada aplikasi dan situs.

Advertisement

Menyambut Idul Fitri, Chilibeli akan beri hadiah kepada mitra berprestasi

Chilibeli (Foto: dok.Chilibeli) via www.chilibeli.com

Mengapresiasi dan ingin meringankan beban pikiran mitra di tengah pandemi, Chilibeli akan memberikan hadiah berupa produk kepada mitra berprestasi. Head of Marketing Communications Chilibeli, Yumir Syamsyah Lubis, mengatakan pemberian hadiah kepada mitra berprestasi direncanakan konsisten selama beberapa bulan ke depan sebagai wujud terima kasih terhadap dukungan mitra Chilibeli.

“Kami turut merasakan beban pikiran karena menurunnya pemasukan keluarga yang dialami oleh para Mitra. Memberikan hadiah kecil berupa produk kepada Mitra Chilibeli yang berprestasi, merupakan salah satu wujud nyata kepedulian dan rasa syukur kami terhadap dukungan dan kesetiaan mereka. Kami berencana untuk akan menjadikan inisiatif ini sebagai program harian yang akan berlangsung selama beberapa bulan ke depan,” ucap Yumir dalam Diskusi Virtual Media: Kinerja Chilibeli Selama Covid-19 dan Rencana Pemulihan Kerja, Kamis (14/5/2020).

Advertisement

Selain memberikan hadiah untuk mitra berprestasi, Chilibeli juga menghadirkan paket sembako khusus lebaran yang bisa dibeli dengan harga terjangkau mulai dari Rp59.000 hingga Rp94.900. Meski menghadirkan paket sembako murah khusus lebaran, Yumir mengatakan harga bahan pangan pokok secara umum yang dijual di Chilibeli akan selalu dimonitor. Ia menekankan kalau harga jual di Chilibeli akan sesuai dengan harga rata-rata pasar.

“Kami terus memonitor dan mengikuti perkembangan harga-harga produk sembako populer, dan akan mengikuti harga pasar. Kami memang melihat bahwa pada minggu lalu ada kenaikan harga. Tapi tren harga bahan pangan untuk saat ini cenderung menurun,” imbuh Yumir.

Tren perilaku konsumen Indonesia setelah PSBB

Chilibeli (Foto: dok.Chilibeli) via www.chilibeli.com

Belum ada yang bisa memprediksi secara pasti bagaimana pola konsumsi dan perilaku konsumen pasca PSBB dan pandemi covid-19. Meski begitu, Chilibeli sudah menyiapkan beberapa langkah prioritas untuk menghadapi normal yang baru setelah pandemi. Yumir menjelaskan hal tersebut meliputi perbaikan mutu rantai pasok, pengelolaan logistik, ketanggapan tim, serta terus mendorong pengalaman pengguna aplikasi Chilibeli agar semakin cerdas dan intuitif.

“Berdasarkan beberapa studi yang kami terima, kami melihat bahwa akan adanya perubahan perilaku konsumen untuk menjadikan gaya belanja online sebagai salah satu pilihan berbelanja efisien dan efektif. Terutama bagi konsumen sibuk dengan berbagai peran di dalam rumah tangga, yang akan melirik gaya belanja online sebagai sebuah solusi cerdas dalam kesibukan hidup,” tutup Yumir.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

CLOSE