Mengulik Syarat Tampil di Times Square Billboard. Butuh Prestasi Atau Uang Sih?

syarat pasang iklan time square

Belakangan masyarakat Indonesia diramaikan dengan deretan figur publik atau influencer yang wajahnya terpampang di salah satu tempat paling ikonik di dunia. Yup! Times Square, New York. Salah satu persimpangan tersibuk yang ada di Manhattan. Area tersebut bahkan dijadikan salah satu tempat tujuan turis yang biasanya liburan ke Amerika Serikat. Berkat deretan gedung bertingkat hingga reklame dengan lampu LED yang memukau, Times Square jadi identik dengan atmosfer kota modern ala negeri Paman Sam.

Nah, wajar kalau ada kebanggaan tersendiri ketika idola atau karya seseorang terpampang di jantung ibu kota tersebut. Jangankan selebritas di luar Amerika Serikat, mereka yang menetap di sana pun sama bangganya saat iklan mereka muncul di billboard atau videotron Times Square, New York. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya selebritas yang mengunggah momen berfoto dengan background iklan dirinya di sana.

Nama Times Square dinilai prestisius. Kalau kamu ingat beberapa film populer Amerika, mereka memakai lokasi ini di salah satu adegan. Misalnya saja, “Friends with Benefits”, “Fast & Furious 8”, “The Amazing Spider-Man 2” hingga “Bird Man”. Faktor itulah yang membuat nama Times Square semakin populer terdengar. Lantas, lantaran banyaknya figur publik Indonesia yang mejeng di sana, publik jadi bertanya-tanya:

“Ada persyaratan khusus nggak sih, supaya wajah kita bisa eksis?”

Untuk menjawab rasa penasaranmu, Hipwee Premium akan berikan penjelasannya. Simak, ya!

Memilih billboard untuk membangun kesadaran merek, Times Square jadi pilihan banyak brand lantaran lokasinya sebagai pusat bisnis dan wisata tersibuk di Amerika

Times Square New York | Credit: Andreas M on Unsplash

Pada dasarnya bisa tampil di billboard Times Square sama saja seperti memasang iklan. Lokasi ini menjadi tempat ideal untuk menyebarkan promosi dengan beragam alasan. Dilansir dari NYC Official GuideTimes Square merupakan area bisnis dan wisata tersibuk di AS. Mayoritas mereka yang liburan ke New York pasti memasukkan lokasi ini sebagai list perjalanan.

Rata-rata, hampir 380.000 pejalan kaki melewati distrik tersebut setiap hari, termasuk 115.000 pengemudi dan penumpang. Bahkan, pada waktu sibuk jumlahnya bisa mencapai 460.000 orang. Maka, nggak heran kalau brand berlomba-lomba beriklan di sana untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Namun, di sisi lain banyak juga yang mempertanyakan apakah billboard tersebut khusus buat iklan produk saja? Jawabannya, tentu tidak.

Papan di Times Square bisa digunakan untuk membuat pengumuman penting bahkan tujuan yang sifatnya personal, seperti promosi diri hingga melamar pasangan. Salah satu billboard terbesar yang pernah ada di kawasan ini mencapai  gedung 8 lantai lo. Jika disamakan, lebarnya mirip sebuah lapangan bola!

Iklan di billboard Time Square bisa sukses kalau waktu dan tempatnya tepat, hal ini terjadi kepada perusahan GameStop di Texas

Fenomena GameStop billboard | Credit: nypost.com

Mencari metode yang pas untuk memasarkan suatu produk memang punya pertimbangan yang matang. Ketika saham perusahaan GameStop di ambang kebangkrutannya, investor di aplikasi Reddit berbondong-bondong mengajak publik untuk membeli saham di sana, salah satunya dengan cara pemasangan billboard di Times Square bertuliskan “GME GO BRR.” Mereka bermaksud sarkas lantaran sebuah saham sedang naik berkat investor di Reddit, padahal sebelumnya sudah diprediksi bangkrut.

Akibat billboard tersebut, perusahaan GameStop mendapat sorotan dari media, seperti Business Insider, NY Post, The Sun, Daily Mail,  hingga ABC News. Secara nggak langsung, media tersebut memberikan iklan secara cuma-cuma. Situs web GameStop langsung diakses oleh lebih dari 40.000 orang hanya dalam hitungan jam. Hal itu juga sejalan dengan naiknya saham yang ada di GameStop.

Tak selalu harus populer untuk bisa eksis di billboard Times Square, lantas bagaimana sih persyaratannya?

Belakangan, figur publik Indonesia turut meramaikan iklan di  Times Square, New York. Sebut saja musisi berbakat yang disponsori oleh Spotify, seperti Rich Brian, Raisa, hingga Nadine Amizah. Pun, ada belasan brand Tanah Air yang sempat mejeng di sana, di antaranya Soleram, BohoPanna, Sabine and Heem, Letter in Pine, Sideline, Nona sampai Nyonya Nursing Wear. Terbaru yang menjadi perbincangan publik ialah brand Erigo yang membawa sederet artis dan influencer.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini