Wadahi Anak Muda Belajar Sejumlah Isu Masa Kini, Tanoto Foundation Gelar ‘TELADAN Youth Summit 2021’

TELADAN Youth Summit 2021

Situasi pandemi Covid-19 yang berkepanjangan telah mengakibatkan perubahan pola hidup masyarakat di segala aspek. Di bidang pendidikan misalnya, terjadi perubahan yang tadinya tatap muka menjadi serba daring. Akibatnya, banyak anak muda kehilangan waktu untuk bersosialisasi. Sebuah proses belajar yang dapat mengasah pola pikir dan keterampilan. 

Melihat pentingnya mengasah pola pikir dan keterampilan sebagai salah dua bekal menjadi pemimpin masa depan khususnya dalam kondisi saat ini, Tanoto Foundation dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda sekaligus perayaan ulang tahun ke-40 yang jatuh bulan September lalu, akan menggelar TELADAN Youth Summit 2021 pada tanggal 30 Oktober secara daring.

Melalui gelaran TELADAN Youth Summit 2021 yang mengusung tema “Dari Pemuda Untuk Indonesia”, Tanoto Foundation mengacu pada seruan tindakan bagi kaum muda untuk maju, mengembangkan pola pikir dan keterampilan untuk berkontribusi pada bangsa. 

Tanoto Foundation ajak kaum muda untuk bersatu dan berkontribusi bersama

Advisory Board, SDG Academy Indonesia, Bayu Krisnamurthi | dok. Tanoto Foundation

TELADAN Youth Summit 2021 hadir dengan harapan dapat menginspirasi kaum muda untuk menjadi lebih cerdas dan cepat beradaptasi melalui sejumlah topik bahasan mulai dari kesehatan mental hingga manajemen finansial. Tanoto Foundation melalui kegiatan ini juga ingin mencoba menyatukan kaum muda dari berbagai kalangan, termasuk kaum muda berkebutuhan khusus lewat tema yang diusung.

CEO Global Tanoto Foundation J. Satrijo Tanudjojo mengatakan kalau TELADAN Youth Summit 2021 adalah wadah pembelajaran bagi kaum muda Indonesia, yang mana merupakan para calon pemimpin di masa depan. Baik pemimpin untuk diri sendiri maupun pemimpin bagi orang lain dan bangsa.

“Kami di Tanoto Foundation sangat memahami pentingnya menumbuhkan semangat para calon pemimpin untuk dapat berkumpul dan belajar tentang isu-isu masa kini yang menyangkut keseharian dan masa depan mereka seperti kesehatan mental, manajemen finansial dan memulai perjalanan menuju kesuksesan. Kami menyelenggarakan TELADAN Youth Summit 2021 sebagai wadah pembelajaran bagi anak muda Indonesia.” kata CEO Global, Tanoto Foundation, melalui keterangan tertulis, Rabu (27/10).

TELADAN Youth Summit 2021 akan memperbincangkan sejumlah topik yang sangat relate dengan kaum muda Indonesia

| dok. Tanoto Foundation

Dalam rangkaian kegiatannya di tanggal 30 Oktober nanti, TELADAN Youth Summit 2021 akan memperbincangkan sejumlah topik yang sangat relate dengan kaum muda. Kegiatan ini akan diawali dengan webinar bertajuk “Indonesian Youth for Global Goals” yang dibawakan oleh Advisory Board SDG Academy Indonesia Bayu Krisnamurthi.

Setelah itu, psikolog klinis Inez Kristanti bersama pendiri Into the Light Indonesia Benny Prawira akan membicarakan topik kesehatan mental dalam tajuk “Maintaining Mental Health & Wellbeing During the Pandemic”. 

Benny dalam jumpa pers yang digelar secara virtual pada hari Rabu (27/10) mengatakan akan berbicara lebih jauh tentang bagaimana hubungan antara terbatasnya interaksi sosial di masa pandemi, dengan kondisi kesehatan mental anak muda Indonesia pada sesinya nanti.

“Wajar jika mereka (anak sekolah atau kuliahan) kesulitan (beradaptasi dengan kondisi serba terbatas) sehingga mengalami kesepian. (Kebutuhan bersosialisasi) mereka tidak didukung bonding fisik, hadir di ruangan kelas dalam proses akademik. Namun, bagaimana mengelola (kesepian) supaya tidak terlalu membebani,” kata Benny dalam jumpa pers virtual TELADAN Youth Summit, Rabu (27/10). 

Setelah membahas kesehatan mental. TELADAN Youth Summit 2021 akan berlanjut dengan talkshow terkait manajemen finansial bertajuk “Financial Management for Starters” bersama independent financial planner Prita Ghozie dan growth consultant Jonathan End.

| dok. Tanoto Foundation

Rangkaian kegiatan TELADAN Youth Summit 2021 yang akan berlangsung mulai pukul 08.30 WIB ini akan ditutup dengan talkshow bertajuk “Brand New You(th) for Indonesia” bersama aktivis penyandang disabilitas. Setelah itu, peserta akan diajak menikmati penampilan stand-up comedy Blindman Jack, dan komposer, produser, sinematografer Alffy Rev hingga penampilan Kaleb J. yang dikenal lewat ajang pencarian bakat The Voice Indonesia.

Tak hanya menghadirkan perbincangan menarik, inspiratif dan menghibur bagi anak muda Indonesia, Head of Leadership Development and Scholarship Tanoto Foundation Aryanti Savitri mengatakan gelaran TELADAN Youth Summit 2021 juga ingin lebih mengenalkan program beasiswa dan pengembangan kepemimpinan “TELADAN” yang akan memberikan banyak manfaat bagi calon mahasiswa baru.

“Penerima manfaat program TELADAN (Tanoto Scholars), selain mendapatkan dukungan biaya kuliah, tunjangan bulanan dan beragam pelatihan, juga diharapkan dapat mengadopsi nilai-nilai kegigihan, ketekunan, kepedulian pada sesama, dan juga keinginan untuk memberdayakan orang lain,” kata Aryanti.

Penerima program beasiswa dan pengembangan kepemimpinan TELADAN, Hendriasari Oktaviana sepakat dengan apa yang disampaikan Aryanti. Mengikuti program beasiswa tersebut sejak duduk di semester dua bangku perkuliahan, Sari mengaku sangat terbantu khususnya dalam mengenal diri sendiri lebih jauh dari sebelumnya.

“Dari semester dua awal sampai sekarang semester lima, (TELADAN) benar-benar membantu (saya) mengenal lebih jauh diri sendiri, mempelajari cara penyelesaian masalah, mengatur emosi, hingga bagaimana kita berkontribusi untuk orang lain. TELADAN menyediakan program yang seimbang untuk soft skill dan hard skill,” terang Sari.

Nah, buat kamu anak muda Indonesia, jangan sampai ketinggalan kegiatan menarik dan inspiratif dari Tanoto Foundation ini. Kamu bisa segera mendaftarkan diri dalam kegiatan ini melalui  bit.ly/TELADANYouthSummit21 sekarang juga. TELADAN Youth Summit 2021 terbuka untuk umum tanpa pungutan biaya alias gratis. Rangkaian kegiatan akan dimulai pukul 08.00 hingga 14.00 WIB. So, jangan sampai terlewatkan!

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor