Thailand Ketok Legalisasi Ganja, Jadi yang Pertama di Asia

Jadi negara di Asia yang melegalkan ganja sebagai tanaman recreational

Perdebatan soal ganja memang tidak ada habisnya. Di satu sisi, sejumlah negara seperti Indonesia mengklasifikasikan tanaman yang bernama ilmiah Cannabis sativa ini sebagai narkotika berbahaya dan ilegal. Di sisi lain, semakin banyak negara yang akhirnya melegalkan ganja sebagai tanaman obat maupun recreational alias bebas dikonsumsi dengan alasan apa pun.

Advertisement

Salah satu negara yang baru saja mencoret ganja dari daftar narkotika ilegal adalah Thailand. Yang membuat fakta ini jadi lebih mengejutkan adalah karena Thailand adalah negara pertama di Asia yang akhirnya melegalkan ganja.

Makanya, banyak yang penasaran faktor-faktor di balik keputusan Thailand tersebut. Pasalnya, produksi atau penggunaan ganja di negara-negara Asia lain memang masih dianggap tindak kriminal yang cukup serius. Lihat saja banyak ‘kan artis-artis Indonesia atau bahkan K-pop yang tertangkap menggunakan ganja dan harus menghadapi proses persidangan yang panjang. Walaupun akhirnya bisa dapat hukuman rehabilitasi sih.

Thailand jadi negara pertama di Asia yang melegalkan produksi dan penggunaan ganja untuk alasan medis. Juga berharap bisa jadi industri yang menguntungkan

Ganja Thailand

Mulai legalkan ganja | Photo by Roberto Valdivia/ One Zen on Unsplash

Dilansir dari laman Time, tokoh utama yang ada di balik pergeseran kebijakan ini adalah Menteri Kesehatan Thailand Anutin Charnvakul.

Advertisement

Menteri Kesehatan yang juga menjabat sebagai pemimpin partai politik Bhumjai Thai Party ini, memang sudah mendorong dekriminalisasi produksi dan penggunaan ganja sejak ia berkampanye untuk partainya di tahun 2019. Menurutnya, legalisasi ganja untuk keperluan medis bisa membantu kondisi petani Thailand karena bisa menjadi industri yang cukup menjanjikan.

Meskipun ganja untuk keperluan medis atau kesehatan sudah diketok di Thailand, namun untuk penggunaan recreational masih belum diubah. Jadi, ganja memang sudah dihapus dari daftar obat atau tanaman terlarang tapi penanaman atau penggunaannya masih diatur ketat seperti mendapat izin dari pemerintah setempat dan sistem inspeksi acak terkait penggunaan ganja.

Kalau Thailand jadi pertama di Asia, bagaimana di belahan dunia lain? Ini nih negara-negara yang sudah melegalkan ganja

Di mana ganja legal? | Photo by Add Weed on Unsplash 

Advertisement

Selain negara Thailand yang resmi melegalkan ganja, ternyata ada banyak negara di dunia yang sudah lebih dulu melegalkan warganya mengonsumsi bahkan menanamnya! Kebanyakan sih memang masih melegalkan ganja hanya untuk kebutuhan medis seperti Thailand, tetapi ada sejumlah negara-negara yang melegalkan ganja sepenuhnya termasuk untuk penggunaan recreational. 

  • Legal untuk kebutuhan medis : Argentina, Australia, Barbados, Brazil, Kanada, Chile, Colombia, Kroasia, Cyprus, Czech Republic, Denmark, Ekuador, Finlandia, Jerman, Yunani, Irlandia, Israel, Italia, Jamaika, Lebanon, Lithuania, Luxemburg, Malawi, Malta, Belanda, New Zealand, North Macedonia, Norwegia, Panama, Peru, Polandia, Portugal, Rwanda, Saint Vincent and the Grenadines, San Marino, Swiss, Thailand, Uruguay, Vanuatu, Zambia, dan Zimbabwe
  • Legal bahkan untuk recreational : Kanada, Georgia, Malta, Meksiko, Afrika Selatan, Uruguay, Distrik Colombia di Amerika Serikat, dan Austalian Capital Territory di Australia

Itu sekilas tentang kabar terbaru kalau negara tetangga kita yaitu Thailand ternyata sudah melegalkan ganja untuk kebutuhan medis. Perdebatan tentang ganja ini kayaknya masih akan berlangsung lama, berbagai negara atau orang juga mungkin akan terus memiliki pendapat berbeda.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE