Aktif Bikin Konten Edukasi tentang Renang, Timotius Mulyadi Menangkan Challenge #TauGaSih TikTok Indonesia

Challenge #TauGaSih TikTok Indonesia

Sebagai digital platform yang tengah digandrungi kalangan muda, TikTok Indonesia terus berupaya memfasilitasi kreativitas kreator dalam berkarya. Hal ini bisa dilihat dari fitur-fiturnya yang ciamik, dan juga beragam challenge yang rutin diselenggarakan untuk dapat diikuti oleh seluruh penggunanya.

Advertisement

Seperti baru-baru ini, TikTok Indonesia sejak tanggal 6-13 Desember 2021 mengadakan challenge #TauGaSih. Dalam challenge ini, para kreator ditantang untuk membuat konten edukatif dan informatif dari beberapa kategori topik, dengan menjadikan artikel media partner seperti Hipwee sebagai referensinya.

Sukses digelar, TikTok telah mengumumkan 10 pemenang challenge #TauGaSih yang akan membawa pulang hadiah senilai total Rp140 juta. Salah satu kreator yang berhasil memenangkan challenge ini adalah Timotius Mulyadi yang dikenal dengan nama pengguna @timosiusmul. Yuk ikuti perjalanan Timotius hingga berhasil menjadi salah satu pemenang challenge ini!

Timotius Mulyadi dikenal sebagai kreator yang membuat konten kreatif dan edukatif seputar cabang olahraga renang

Kreator TikTok Timotius Mulyadi | Credit @timotiusmul on TikTok

Timotius Mulyadi yang akrab disapa Timboi ini dikenal di TikTok dengan nama pengguna @timotiusmul. Ia merupakan salah satu kreator TikTok yang dikenal lewat konten kreatif, edukatif dan informatif seputar cabang olahraga renang. Ia semakin populer lewat sebuah konten video yang bertajuk ‘swimmer check‘. Konten itu pula yang mengantarnya menjadi kreator bergenre olahraga paling digandrungi para pengguna TikTok.

Advertisement

Dalam sesi wawancara eksklusif, Timboi mengungkapkan bahwa saat ini dirinya berstatus sebagai atlet renang nasional Indonesia yang telah banyak sekali mengikuti kejuaraan. Salah satu kejuaran terbaru yang ia ikuti adalah PON XX Papua beberapa waktu lalu, di mana ia berhasil meraih medali perunggu.

Kiprah Timboi di TikTok dimulai sejak tanggal 6 Juni 2020. Di TikTok, Timboi aktif membagikan konten edukasi seputar olahraga renang mulai dari peralatan yang biasa digunakan untuk renang, macam-macam gaya renang hingga fakta-fakta menarik seputar olahraga renang. Timboi mengaku memilih topik seputar olahraga khususnya renang, karena olahraga tersebut merupakan passion-nya.

Advertisement

Hal yang menjadi motivasinya dalam membuat konten adalah keinginan memberikan pengetahuan kepada sesama generasi muda, agar semakin mengenal olahraga renang dan tertarik untuk menekuni olahraga ini sebagai atlet. Dengan begitu, ia berharap akan terlahir banyak atlet-atlet renang berprestasi di masa depan.

“Tujuanku terjun ke platform TikTok adalah untuk memberikan edukasi seputar olahraga, khususnya cabang olahraga renang. Aku pengin membagikan informasi dan pengalamanku secara gratis untuk teman-teman di TikTok supaya lebih banyak lagi yang mengenal olahraga renang dan tertarik untuk menjadi atlet renang di masa depan,” kata Timboi, Senin (27/12).

Dijelaskan pula kalau Timboi memilih TikTok sebagai wadah membagikan edukasi karena platform ini tempat yang tepat untuk bertumbuh dan membagikan konten edukatif sehubungan dengan passion-nya di dunia olahraga. Selain itu, seperti diketahui, pengguna TikTok di Indonesia cukup beragam, mulai dari remaja hingga orang tua sekalipun.

Timboi menggunggah 10 konten video tentang olahraga renang untuk challenge #TauGaSih

Pemenang challenge #TauGaSih | Credit @timotiusmul on TikTok

Timboi mengunggah sekitar 10 konten video untuk challenge #TauGaSih yang diadakan TikTok Indonesia ini. Untuk menjangkau lebih banyak audiens yang mendapatkan edukasi dan informasi seputar olahraga renang, Timboi mengaku membuat konten hampir setiap hari.

Proses pembuatan konten video mulai dari menulis naskah hingga proses editing video sebagian besar masih ia lakukan sendiri. Untuk itu Timboi mengatakan pengolahan ide, konsep dan juga cara pembawaan yang menarik dan interaktif merupakan bagian penting dari kontennya.

“Menurutku, hal terpenting dalam proses pembuatan konten video di TikTok adalah ide, konsep dan cara pembawaan kita. Jadi nggak hanya sekadar mengikuti tren yang sedang ramai saja, tetapi juga menyesuaikan dengan genre kita dan mengemasnya dengan menarik,” ujar Timboi.

Nggak selalu berjalan sesuai rencana, Timboi juga kerap mengalami beberapa tantangan saat pembuatan konten, salah satunya adalah faktor cuaca. Nggak cuma itu, ia juga kerap menggigil dan kedinginan karena sering berada di air untuk membuat konten.

Sedikit memberikan tips, Timboi mengatakan perlu bagi kreator memerhatikan hook di awal video. Ia menyarankan untuk berusaha membuat opening video yang menarik dan berkesan di 5 – 10 detik pertama, lalu sampaikan isi konten secara padat dan ringkas dan tutup dengan konklusi yang baik. Selain itu, teknik pengambilan gambar, pencahayaan dan proses editing juga dapat menunjang konten kita agar lebih berkualitas dan menarik secara visual.

Timboi ingin terus konsisten dan mengembangkan konten yang bermanfaat serta menginspirasi

Sebagai seorang atlet yang aktif membuat konten di TikTok, Timboi berharap agar dirinya bisa terus konsisten mengembangkan konten yang bermanfaat dan dapat menginspirasi para audiensnya. Selain itu, ia juga berharap agar TikTok selalu memberikan dukungan dan apresiasi untuk para kreator agar terus semangat dalam berkarya dan berkreasi melalui beragam fitur yang tersedia.

Selain itu, Timboi mengatakan di tahun 2022 ini ia akan lebih disibukan oleh beragam kejuaraan yang sempat tertunda karena lonjakan pandemi di tahun 2020. Wah, semoga bisa terus mengukir prestasi di setiap kejuaraan yang akan dihadapi, ya!

Nah, buat kamu yang tertarik dengan fakta-fakta menarik seputar cabang olahraga renang yang dibawakan oleh Timboi, bisa langsung mengunjungi kanal TikTok dengan nama pengguna @timotiusmul atau melalui tagar #TauGaSih untuk menyaksikan konten video yang mengantar Timboi jadi salah satu pemenang challenge #TauGaSih. Semoga menginspirasi!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE