4 Tips Jalani Masa Muda Menyenangkan dengan Tetap Cuan untuk Masa Depan

Senang-senang di masa muda itu diperlukan selama tidak lupa mempersiapkan masa depan

Menjalani masa muda di era digital yang serba cepat seperti saat ini pasti menjadi tantangan tersendiri bagi kita generasi muda. Ingin hidup santai tanpa beban, tapi takut ketinggalan dalam persaingan pendidikan dan karier masa depan. Harus bekerja keras biar tetap cuan, tapi merasa nggak bisa menikmati hidup yang diimpikan. Hayo, siapa yang pernah merasa seperti ini?

Tenang, ada sejumlah tips yang bisa kamu terapkan agar dapat menjalani masa muda secara seimbang, loh. Seimbang dalam hal ini adalah kamu bisa menjalani masa muda dengan menyenangkan dengan tetap cuan untuk masa depan. Penasaran apa saja? Langsung saja disimak.

1. Sisihkan uang untuk tabungan atau investasi sebelum join tren kekinian

Ilustrasi tren belanja online | Photo by Sushiman from iStockphoto

Kehidupan anak muda pasti nggak lepas dari tren atau gaya hidup yang kekinian. Keep up dengan tren seperti update fesyen terkini, beli gadget terbaru, nongkrong di coffee shop hingga traveling, bisa dibilang sudah jadi semacam tolak ukur kenyamanan hidup generasi muda saat ini. 

Namun, sebagai generasi yang juga sadar akan masa depan, ada baiknya sebelum join tren kekinian kamu menyisihkan dulu uang yang dimiliki untuk tabungan atau investasi. Dengan itu kamu nggak hanya bisa menjalani masa muda dengan menyenangkan, tetapi juga memastikan kenyamanan di masa depan. 

2. Bergaul dengan banyak orang bukan hanya untuk have fun, tetapi juga memperluas relasi demi masa depan

Ilustrasi pertemanan | Photo by Chaay_Tee from iStockphoto

Ketemu banyak orang yang satu frekuensi dengan kita selalu menyenangkan. Bersama mereka kita bisa have fun. Gabut di akhir pekan, bisa hangout. Nggak punya partner buat liburan, bisa ajak teman. Pokoknya seru.

Akan tetapi, di masa muda ini kamu jangan hanya memperbanyak teman untuk kepentingan have fun. Penting juga bagi kamu di masa muda ini untuk memperbanyak kenalan yang bisa meningkatkan kepercayaan diri, menjadi sumber informasi, hingga membuka peluang bagimu mendapatkan berbagai kesempatan baru. 

Nah, relasi yang seperti ini bisa bikin kamu menikmati masa muda lewat berbagai kegiatan yang sama-sama disenangi, sekaligus membantumu dalam pengembangan karier, bisnis, hingga bahkan finansial di masa depan. Ada banyak kisah orang sukses berkat relasi, loh.

3. Belajar hal baru dan jeli melihat peluang berkembang dari hobi yang dijalankan

Ilustrasi menekuni hobi dan belajar hal baru | Foto oleh ANTONI SHKRABA from Pexels

Memiliki dan menjalankan hobi menjadi salah satu tanda bahwa kamu tengah menikmati kehidupan yang dijalani saat ini. Ini karena hobi seringkali diposisikan sebagai hiburan atau sarana bersenang-senang di tengah rutinitas harian. 

Nah, agar hobi tidak berhenti sebagai sarana bersenang-senang di masa kini saja, kamu juga bisa loh, menjadikannya sebagai sarana berkembang demi masa depan. Untuk itu kamu harus jeli melihat peluang berkembang dari hobi yang ditekuni saat ini, baik berkembang secara skill yang berkaitan dengan karier, maupun berkembang secara finansial. 

Berkembang secara individu, karier maupun finansial dari hobi adalah keberuntungan yang belum tentu bisa didapat semua orang. Untuk bisa mendapatkan keberuntungan tersebut kuncinya adalah kemauan belajar hal baru, dan kejelian melihat peluang dari hobi yang dijalankan.

4. Work life balance adalah kunci! Belajar manajemen waktu yang baik biar bisa nikmati masa muda sekaligus kerja keras untuk masa tua

| dok. Hipwee

Punya waktu untuk menikmati kehidupan pribadi, dan punya komitmen untuk bekerja keras adalah dua hal penting agar kamu bisa memastikan masa muda yang menyenangkan, dan masa depan yang menjanjikan. 

Keseimbangan antara menikmati masa muda dengan menyenangkan tanpa melupakan masa depan dengan mencari cuan ini hanya bisa kamu dapat dengan manajemen waktu yang benar. Ketika kamu sudah punya manajemen waktu yang benar, urusan senang-senang dan banting tulang bisa dilakukan secara berbarengan. 

Itu dia 4 tips yang bisa diterapkan agar masa muda bisa kamu jalani secara menyenangkan, tanpa melupakan cuan yang nggak kalah penting bagi masa depan. Kalau 4 tips di atas sudah kamu jalankan, yuk dipertahankan. 

Kamu juga bisa belajar cara menjalani masa muda dengan menyenangkan tanpa melupakan cuan demi masa depan ini dari orang-orang yang sudah “lolos” fase tersebut, loh. Kebetulan hari Kamis tanggal 30 Juni 2022 nanti, Hipwee berkolaborasi dengan Gen-Sy akan menggelar Ruang Belajar dengan tema “Masa Muda Penuh Cuan, Liburan Tetap Jalan”. 

Dalam kegiatan tersebut kamu bisa belajar langsung dari psikolog Retno Utari tentang serba-serbi work life balance yang jadi kunci bahagia di masa kini dan mapan di masa depan, dan juga bisa belajar langsung dari pengalaman digital creator sekaligus pebisnis Andrey Banyu yang berhasil menjalani masa muda dengan menyenangkan tanpa melupakan cuan untuk masa depannya. 

Nah, buat kamu yang ingin join, bisa langsung mendaftarkan diri melalui bit.ly/RBGENSY. Kegiatan yang akan mengupas cara menjalani hidup seimbang, pertanyaan-pertanyaan tentang quarter life crisis dan tentunya cara menjalani masa muda penuh hiburan dengan tetap cuan ini akan berlangsung secara virtual melalui Zoom pada Kamis 30 Juni 2022 pukul 15:30. So, jangan sampai terlewatkan ya!

Buat kamu yang saat ini tengah berupaya mencapai keseimbangan hidup, boleh banget follow Instagram @guegensy dan join ke grup Telegram @guegensy. Di sana kamu bisa mendapatkan banyak konten menarik dan inspiratif yang siap membantumu menjadi pribadi yang kreatif, dinamis, dan seimbang dalam menjalani kehidupan.

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor