Tahun ini momen Idul Adha berlangsung dengan khusyuk dan damai. Pada Minggu (11/8), umat muslim berbondong-bondong ke masjid untuk menunaikan salat Id. Tentunya ibadah ini menambah kesibukan di pagi hari. Supaya perayaan Idul Adha berjalan lancar, orang-orang nonmuslim turut mengulurkan bantuan. Seperti di Jakarta, Gereja Katedral menunda misa pagi demi menghormati umat muslim yang salat Id di Masjid Istiqlal.

Tak hanya menunda misa, ternyata Gereja Katedral juga memberi bantuan-bantuan lain pada Masjid Istiqlal. Indahnya toleransi beragama yang terjadi. Yuk, simak selengkapnya!

Banyak umat muslim yang salat Id di Masjid Istiqlal saat Idul Adha. Untuk menghormati mereka, Gereja Katedral menunda jadwal misa pagi

Ramainya suasana salat Id di Masjid Istiqlal via www.liputan6.com

Advertisement

Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral memang terletak sangat berdekatan. Padahal salat Id dan misa pagi dilakukan pada waktu yang sama. Gereja Katedral pun meniadakan misa tersebut agar umat muslim lebih leluasa beribadah. Biasanya gereja tersebut menggelar misa tiga kali yaitu pada pukul 06.00, 08.00, dan 10.30. Namun khusus Idul Adha kali ini, mereka hanya mengadakan misa pada pukul 10.00 dan 12.00 WIB.

“Ini sebagai bentuk menciptakan kehidupan toleransi dan hidup berdampingan yang harmonis antara Gereja Katedral Jakarta dengan Masjid Istiqlal,” Kata Humas Gereja Katedral Jakarta Susyana Suwadie, seperti dikutip dari laman Kompas.

Tak hanya menunda jadwal ibadah, Gereja Katedral pun menyediakan tempat parkir untuk jemaaah Masjid Istiqlal. Pasalnya, tempat parkir masjid itu sedang direnovasi

Jemaah masjid parkir di depan Gereja Katedral via www.liputan6.com

Banyak umat muslim yang naik kendaraan pribadi untuk salat Id. Padahal, tempat parkir di Masjid Istiqlal sedang direnovasi. Gereja Katedral pun menyediakan tempat parkir untuk mereka sebagai bentuk perhatian. Selain di Gereja Katedral, ternyata ada beberapa kantong parkir lagi yaitu di sekitar Hotel Borobudur, Lapangan Banteng, dan gedung Pertamina. Syukurlah jadi lebih mudah untuk berangkat dan pulang dari salat Id~

Idul Adha identik dengan penyembelihan kurban. Rupaya, Gereja Katedral turut menyumbang kurban untuk Masjid Istiqlal. Kerukunan ini patut ditiru!

Sapi kurban di Masjid Istiqlal via megapolitan.kompas.com

Advertisement

Masjid Istiqlal menerima sumbangan berupa sejumlah sapi dan kambing. Menariknya, di antara sejumlah hewan kurban ternyata ada salah satu sapi yang disumbangkan dari Gereja Katedral. Walaupun pihak Gereja tak merayakan Idul Adha, mereka menyumbang sapi itu sebagai bentuk kerukunan beragama. Tentunya pihak masjid menerima dengan senang hati. Mereka juga menerima hewan kurban dari sejumlah tokoh penting seperti Presiden Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Megawati, Tutut Soeharto, dan Hari Tanoe.

Semoga Idul Adha kali ini membawa berkah untuk kita semua. Yuk teruskan semangat toleransi beragama! Daripada berselisih, lebih baik saling bantu dan berbagi~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya