Bukan Hanya Karena Banyak yang Retweet, Twitter Akan Jelaskan Rahasia Sebuah Tagar Bisa Muncul di Trending Topic

Trending Topic Twitter

Selain dari obrolan tongkrongan atau grup chat, Twitter juga telah menjadi sebuah rujukan banyak warganet untuk mengetahui sesuatu yang tengah viral. Alasannya sederhana. Media sosial berlogo burung biru ini punya fitur unik berupa daftar trending topic yang secara periodik menampilkan sesuatu yang sedang ramai diperbincangkan.

Advertisement

Tapi meski bisa mengetahui apa yang sedang viral, daftar trending topic di Twitter kerap kali juga bikin bingung warganet. Beberapa kebingungan yang sering muncul biasanya adalah kenapa sebuah kata atau tagar bisa muncul di daftar trending topic, dan bagaimana caranya agar sebuah tagar bisa mejeng di daftar tersebut. Nah, kalau kamu juga sempat bertanya-tanya hal serupa, yuk simak penjelasan berikut ini.

Twitter akan sematkan sebuah tweet yang menjelaskan konteks di setiap tagar di daftar trending topic biar pengguna bisa langsung paham

Fitur baru Twitter trending topic (dok. Twitter Blog) via blog.twitter.com

Berbeda dengan warganet yang memang mengikuti setiap perbincangan hangat di Twitter, warganet yang buka Twitter kalau lagi ingin doang hampir dipastikan bakal kebingungan dengan beragam tagar yang muncul di daftar trending topic. “Kenapa sih, tagar ini yang muncul di trending topic?” Untuk menjawab itu, satu-satunya cara adalah meng-click salah satu tagar di daftar, lalu mengulik setiap kicauan yang terlampir. Hal ini bagi sebagian orang cara ini cukup merepotkan dan makan waktu, karena kicauan yang terlampir kadang nggak memberikan konteks jelas untuk langsung dipahami.

Nah, biar nggak ada lagi kebingungan di antara warganet saat ngintip daftar trending topic, Twitter melalui blog resminya bilang akan menjelaskan rahasia di balik sebuah tagar yang mejeng di daftar trending topic. Rahasia yang dimaksud adalah berupa konteks atau latar belakang mengenai sebuah tagar yang ada di trending topic. Nantinya Twitter akan menyematkan salah satu cuitan di setiap daftar trending topic, yang berisi penjelasan mengapa tagar tersebut ramai diperbincangkan. Dengan ini, diharapkan warganet bisa langsung memahami konteks hanya dari melihat tagar yang sedang viral. Misalnya, ketika tagar ‘Indonesia’ mejeng di trending topic, maka nantinya akan ada sebuah tweet dari pengguna yang sekiranya bisa menjelaskan latar belakang apa yang membuat tagar tersebut ramai diperbincangkan.

Advertisement

Tweet yang disematkan pun nantinya bukan sembarang tweet. Twitter menjelaskan akan menggunakan kombinasi algoritma dan tim kurasi khusus untuk menentukan sebuah tweet yang bisa mencerminkan tagar yang ada di trending topic. Twitter menegaskan kalau algoritma yang mereka gunakan mampu mengidentifikasi tweet yang nggak berpotensi menyinggung, spam, atau tweet yang diunggah oleh pihak yang ingin memanfaatkan sistem Twitter. Jadi mungkin tweet “Bagus banget. Nitip lapak dagangan hyung” nggak akan disematkan oleh Twitter. Nah, pembaharuan fitur ini sudah tersedia untuk iOs maupun Android, dan segera hadir di twitter.com, namun masih akan dikembangkan untuk wilayah Indonesia.

Bukan sekadar retweet yang bikin tagar viral, melainkan kenaikan jumlah tweet dalam jangka waktu tertentu

Nah, kalau tadi Twitter bilang akan menjelaskan latar belakang sebuah tagar yang mejeng di trending topic biar warganet bisa langsung mudeng, pertanyaan selanjutnya apa syarat sebuah tagar bisa muncul di trending topic? Apakah melalui tweet yang banyak di-retweet? Untuk menentukan ini, Twitter lagi-lagi menggunakan sebuah algoritma khusus. Jadi setiap tagar yang muncul di trending topic itu bukan hanya berdasarkan twit yang banyak di-retweet. Faktor lain seperti tweet tentang suatu hal yang diunggah secara bersamaan dalam satu waktu juga menentukan. Melansir CNN, pakar keamanan siber Ismail Fahmi mengatakan indikator sebuah tagar nongol di trending topic adalah kenaikan jumlah tweet dalam jangka waktu tertentu.

Advertisement

Ia mencontohkan, tagar yang yang dalam satu jam mendapat respon berupa komentar, like, atau retweet sebanyak 3 ribu kali, maka berpotensi masuk ke daftar trending topic. Namun jika pada jam berikutnya muncul sebuah tagar baru yang dalam satu jam direspon hanya sebanyak seribu kali, maka tagar tersebut yang akan menduduki daftar trending meski tagar sebelumnya masih mendapatkan 3 ribuan kicauan. Fahmi menekankan yang memengaruhi daftar trending topic itu bukan jumlah total, melainkan kenaikan jumlah tweet yang signifikan dalam waktu yang singkat. Kalau mau membuktikan, kamu bisa bikin tagar lalu menggunakan ribuan bot untuk nge-tweet atau retweet tagar tersebut agar mendapatkan kenaikan yang signifikan dalam waktu singkat. Seperti contoh dalam fenomena buzzer.

Nah, itu dia alasan sebuah tagar bisa jadi viral dan inovasi yang dihadirkan Twitter agar memudahkan warganet untuk memahami konteks tagar yang sedang ramai. Kamu tipe warganet Twitter yang setia apa yang sambil lalu saja, nih?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE