Beredar Uang Edisi Spesial 75 Ribu Rupiah, Ternyata Bisa Dipesan Masyarakat Umum Secara Online

Uang 75 ribu

Ada yang spesial nih di hari ulang tahun Indonesia yang ke-75! Pemerintah menerbitkan uang edisi khusus senilai 75 ribu rupiah. Sebelumnya hal ini juga pernah dilakukan, misalnya saat ulang tahun Indonesia yang ke-25 dan ke-50. Bedanya, dulu uang-uang tersebut dicetak dalam bentuk koin logam. Sedangkan kali ini dicetak berupa lembaran.

Advertisement

Menjelang 17 Agustus, desain uang 75 ribu yang indah sudah beredar di media sosial. Orang-orang pun antusias menanggapinya, apalagi setelah tahu kalau uang ini bisa dipesan secara terbatas. Gimana caranya? Yuk simak!

Beberapa hari terakhir, orang-orang heboh karena munculnya uang edisi spesial senilai 75 ribu rupiah. Khusus dicetak untuk merayakan HUT RI yang ke-75

Berbeda dengan uang rupiah lain yang sudah tersebar di seluruh Indonesia, uang spesial ini dicetak secara terbatas. Tujuannya untuk merayakan ulang tahun Indonesia yang ke-75. Jadi hanya dicetak 75 juta lembar oleh Bank Indonesia! Langka nih, pantas banyak orang yang berminat mendapatkannya untuk dikoleksi. Apalagi desainnya memang indah dengan dominasi warna merah, putih, dan hijau.

Advertisement

Di lembaran depan, ada gambar Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta. Ada pula gambar pembangunan yang telah dicapai setelah kemerdekaan Indonesia seperti MRT, jembatan, dan tol trans jawa. Sedangkan di lembaran belakang, tampak sembilan anak yang mengenakan berbagai pakaian adat Indonesia. Desain tersebut dilengkapi oleh gambar satelit merah putih yang bermakna menyongsong masa depan di era digital. Filosofinya dalam ya!

Selain menjadi koleksi negara, uang edisi spesial ini bisa dipesan masyarakat umum secara terbatas. Caranya cukup mudah nih

Tampilan situs milik Bank Indonesia via pintar.bi.go.id

Masyarakat umum bisa memesan uang spesial ini sejak Senin (17/8) pukul 15.00 WIB. Caranya gampang, kita hanya perlu menukar uang 75 ribu yang biasa dengan 75 ribu edisi spesial. Pemesanan dan penukaran periode 1 berlangsung pada 17 Agustus hingga 30 September 2020.

Advertisement

Uang edisi khusus ini bisa dipesan oleh siapapun yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dan telah mempunyai KTP. Tetapi, satu pemegang KTP hanya boleh menukar uang satu kali karena jumlah yang terbatas. Berikut langkah-langkahnya seperti dilansir dari Kompas:

  1. Buka situs PINTAR milik Bank Indonesia melalui link berikut: https://pintar.bi.go.id
  2. Pilih lokasi, tanggal, dan jam penukaran uang.
  3. Isi data pemesan yang meliputi nama lengkap, nomor KTP, dan informasi kontak.
  4. Pastikan mendapat bukti pemesanan, lalu simpanlah dalam bentuk digital maupun cetak.
  5. Lakukan penukaran uang secara langsung sesuai lokasi, tanggal, dan jam penukaran yang sudah dipilih.
  6. Pastikan membawa KTP asli, bukti pemesanan, dan uang tunai 75 ribu rupiah untuk ditukar.
  7. Jangan lupa menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di lokasi penukaran.
  8. Jika pemesan nggak bisa datang langsung, bisa diwakilkan pihak lain dengan surat kuasa.

Begitu diluncurkan, uang 75 ribu ini mendapat tanggapan baik dari masyarakat. Jumlah pemesannya langsung membludak!

Jadwal sudah penuh via pintar.bi.go.id

Kesempatan langka ini nggak disia-siakan oleh masyarakat. Meskipun pemesanan dan penukaran periode 1 masih berlangsung hingga 30 September 2020, orang-orang sudah menyerbu dengan cepat. Bahkan jadwal penukaran hingga 3 September sudah penuh! Setelah periode 1, periode 2 akan dimulai pada 1 Oktober 2020 hingga selesai.

Gimana, apakah kamu berminat untuk mengoleksi uang yang istimewa ini? Karena jumlahnya terbatas, pantas dijadikan koleksi nih. Siapa tahu bisa dijual dengan harga mahal di masa depan~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE