Umumkan SATU Indonesia Awards Tahun ke-12, Astra Ingin Terus Temukan Anak Muda Inspiratif dari Seluruh Indonesia

12th SATU Indonesia Awards 2021

Sejak lama hingga sekarang, Indonesia masih merupakan negara berkembang. Fakta tersebut membuat banyak orang beranggapan kalau individu yang dimiliki Indonesia minim talenta. Namun, satu hal yang banyak orang nggak ketahui, individu bertalenta Indonesia ibarat mutiara berselubung ilalang. Mereka ada tapi nggak terekspos. Mereka berkarya tapi tanpa pamrih.

Advertisement

Hal tersebut dibuktikan oleh ajang SATU Indonesia Awards Astra, yang kini telah memasuki tahun ke-12. Selama 11 tahun perjalanannya, ajang ini telah menjaring banyak anak muda bertalenta, inspiratif, dan berdedikasi di bidangnya masing-masing. Dari awal jumlah pendaftar hanya di angka ratusan, hingga kini telah mencapai puluhan ribu.

Tahun lalu SATU Indonesia Awards jaring 10 ribu lebih pendaftar untuk lima bidang apresiasi

Sebagai gambaran, gelaran ajang SATU Indonesia Awards ke-11 tahun 2020 lalu telah berhasil menjaring 10.036 orang pendaftar dan mengapresiasi anak muda Indonesia yang berdedikasi di lima bidang, meliputi kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, teknologi, satu kategori kelompok yang mewakili lima bidang tersebut, dan satu kategori apresiasi khusus kepada para pejuang tanpa pamrih pada masa pandemi Covid-19.

Anak muda inspiratif tersebut di antaranya I Gede Merta Yoga Pratama dari Bali sebagai penerima apresiasi bidang teknologi, Mariana Yunita Hendriani Opat dari Kupang penerima apresiasi bidang kesehatan, dan Arya Ananda Indrajaya Lukmana dari Banten sebagai penerima apresiasi khusus pejuang tanpa pamrih pada masa pandemi Covid-19. Karya dan dedikasi para peraih apresiasi SATU Indonesia Awards setiap tahunnya bisa kamu lihat di sini.

Advertisement

12th SATU Indonesia Awards 2021 ingin jaring lebih banyak anak muda inspiratif dari seluruh penjuru Indonesia

(dari kanan atas) Tiga penerima apresiasi 11th SATU Indonesia Awards dalam Kick-off 12th SATU Indonesia Awards via Zoom, Selasa (2/3/2021) (dok. Tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

Head of Corporate Communications Astra sekaligus juri untuk 12th SATU Indonesia Awards 2021, Boy Kelana Soebroto, mengatakan setiap tahunnya mereka ingin terus menjaring anak-anak muda inspiratif. Selain karena meyakini Indonesia punya banyak talenta tersembunyi, hal tersebut juga untuk menginspirasi talenta-talenta yang belum terekspos.

“Meski masih pandemi, Astra tetap berkomitmen untuk terus menjaring anak muda inspiratif. Tahun ini, dengan berbagai inovasi dalam penjaringan, kami berharap dapat memperluas jangkauan dan memperbanyak jumlah peserta,” kata Boy dalam Kick-off 12th SATU Indonesia Awards 2021 via Zoom, Selasa (2/3/2021).

Advertisement

Dijelaskan lebih lanjut, SATU Indonesia Awards 2021 digelar dengan menerapkan mekanisme penjaringan online. Langkah yang diambil lantaran pandemi ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak anak muda dari seluruh penjuru nusantara. Jika pada tahun lalu mekanisme online mampu menjaring 10.036 pendaftar, maka tahun ini jumlah pendaftar ditargetkan dapat meningkat hingga 11 persen.

Kategori apresiasi yang dihadirkan pada tahun ini nggak berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, teknologi, satu kategori kelompok yang mewakili lima bidang tersebut, dan satu kategori apresiasi khusus kepada para pejuang tanpa pamrih pada masa pandemi Covid-19

Nah, untuk kamu yang berminat ikutan, Boy menjelaskan kriteria penjurian SATU Indonesia Awards 2021 akan mencakup lima hal penting, yaitu motif yang meliputi ide awal dan sasaran kegiatan atau program, obstacle atau rintangan dari kegiatan yang dijalankan, outcome dan outreach atau cakupan kegiatan serta yang nggak kalah penting sustainability.

“Kami harus memastikan program atau kegiatan (yang diikutsertakan dalam ajang SATU Indonesia Awards) sustainability atau berdampak dalam jangka panjang,” ujar Boy.

Syarat dan ketentuan 12th SATU Indonesia Awards 2021 serta daftar dewan juri

(dok. Tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

Pendaftaran ajang 12th SATU Indonesia Awards 2021 yang digelar dengan kerja sama dengan Tempo, Antara, Kumparan, IDN Times, dan Young On Top ini sudah dibuka mulai tanggal 2 Maret hingga 2 Agustus 2021. Setiap penerima apresiasi tingkat nasional dan apresiasi khusus nantinya akan mendapatkan dana bantuan kegiatan Rp60 juta dan pembinaan kegiatan.

Untuk syarat dan ketentuannya sebagai berikut:

  1. Berusia maksimal 35 tahun
  2. Individu atau kelompok (minimal 3 orang)
  3. Kegiatan harus orisinal
  4. Kegiatan telah berlangsung minimal 1 tahun (kecuali untuk kategori apresiasi khusus pejuang tanpa pamrih di masa pandemi COVID-19)
  5. Belum pernah menerima penghargaan nasional/internasional
  6. Bukan karyawan Grup Astra dan mitra SATU Indonesia Awards
  7. Dapat mendaftarkan orang lain yang memenuhi persyaratan dan ketentuan mengikuti 12th SATU Indonesia Awards 2021
  8. Program yang diajukan tidak pernah menerima manfaat dari Grup Astra

Sementara bangku dewan juri 12th SATU Indonesia Awards 2021 akan diisi oleh para pakar, akademisi, pihak Astra, hingga tokoh muda Indonesia, yaitu:

  1. Prof. Nila Moeloek, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia,
  2. Prof. Emil Salim, Dosen Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Indonesia,
  3. Prof. Fasli Jalal, Rektor Universitas YARSI dan Guru Besar Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta,
  4. Ir. Tri Mumpuni, Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan,
  5. Onno W. Purbo Ph.D., Pakar Teknologi Informasi,
  6. Toriq Hadad, Direktur Utama Tempo,
  7. Dian Sastrowardoyo, Pegiat Seni,
  8. Billy Boen, Founder Young On Top,
  9. Boy Kelana Soebroto, Head of Corporate Communications Astra,
  10. Diah Suran Febrianti, Head of Environment & Social Responsibility Astra

Nah, kalau kamu adalah satu dari sekian banyak anak muda bertalenta di Indonesia, atau mengenal mereka yang dapat menginspirasi banyak orang lewat karya dan dedikasinya, maka ini saatnya untuk naik panggung. Bukan semata pamer kebolehan, melainkan untuk membuktikan kalau Indonesia siap menghadapi bonus demografi, sekaligus untuk menginspirasi anak-anak muda lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai 12th SATU Indonesia Awards 2021 silakan klik di sini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

I know I glow up

CLOSE