UOB Luncurkan Bank Digital TMRW untuk Generasi Anti Ribet. Dari Buka Rekening hingga Urus Kebutuhan Perbankan Bisa Lewat Ponsel

TMRW by UOB Indonesia

Generasi muda hari ini terkenal dengan sikapnya yang nggak mau ribet. Bukan karena manja, melainkan karena kesibukan dan mobilitasnya yang dinamis. Selain itu, generasi hari ini dikenal mandiri dalam memenuhi dan mengatur kebutuhan hidup. Terbukti dengan kemunculan berbagai inovasi teknologi untuk memfasilitasinya, seperti ojek online dan e-commerce yang pada kenyataannya juga memudahkan generasi tua.

Advertisement

Namun nggak jarang sikap anti ribet para generasi muda hari ini, malah membuat mereka jadi menghindari beberapa hal yang sejatinya penting. Misal seperti membuka rekening tabungan karena harus ke bank dahulu atau hal lain yang membutuhkan banyak waktu. Nah untungnya, seperti disinggung di atas, inovasi teknologi segera hadir untuk memfasilitasinya. Jika biasanya buka rekening dan ngurus kebutuhan perbankan lainnya harus di kantor cabang, sekarang bisa dilakukan dengan hanya satu aplikasi ponsel. Inovasi ini dihadirkan oleh UOB dengan meluncurkan bank digital bernama TMRW (red: tomorrow).

Bank digital TMRW fokus pada kebiasaan menabung dan targetkan generasi muda yang masih underbanked 

Direktur Utama UOB Indonesia, Kevin Lam (Tangkapan layar Zoom)

Segala sesuatu yang mudah dan tranparan jadi kata kunci untuk menarik perhatian generasi muda. Hal seperti itu yang coba dihadirkan UOB lewat bank digital TMRW. Langkah mereka terbukti berhasil, karena di Thailand TMRW sudah punya lebih dari 100 ribu nasabah sejak diluncurkan 2019 lalu. Keberhasilan serupa lah yang ingin dicapai TMRW di Indonesia, mengingat mayoritas populasi penduduk negara ini adalah generasi muda usia produktif.

Meski begitu, Direktur Utama UOB Indonesia, Kevin Lam, mengatakan masih banyak generasi muda Indonesia yang masih underbanked atau belum punya akses untuk pinjaman, asuransi, dan belum punya tabungan jangka panjang. Berangkat dengan fakta bahwa mayoritas generasi muda Indonesia aktif dan cakap secara digital, Kevin mengungkapkan TMRW yang berorientasi pada teknologi digital bisa jadi satu solusi untuk generasi muda.

“Di ASEAN termasuk Indonesia, generasi muda selalu menginginkan layanan yang simple, accessible, dan pintar. Hal itu jadi fokus TMRW yang hadir dengan mengerti segmen muda, berposisi sebagai teman, memberikan akses setiap saat, berkembang bersama mereka, ringkas, mudah dimengerti, dan proaktif,” jelas Kevin dalam peluncuran TMRW Digital Bank by UOB via Zoom, Senin (3/8/2020).

TMRW hadirkan pengalaman yang mudah dan menarik sejak dari pembukaan rekening

UOB luncurkan bank digital TMRW (Gambar: dok. TMRW) via www.tmrwbyuob.com

TMRW yang juga telah menerima pengakuan industri atas inovasinya ini menghadirkan pengalaman menarik untuk calon nasabah sejak dari pembukaan rekening. Digital Bank Head UOB Indonesia, Fajar S. Maharjaya mengatakan calon nasabah hanya butuh waktu sembilan menit untuk proses pembukaan rekening melalui ponsel. Yang dibutuhkan cuma perangkat ponsel, paket data, e-ktp, untuk selanjutnya melakukan verifikasi identitas via panggilan video. Cocok untuk yang anti ribet dan relevan untuk kondisi pandemi di mana masyarakat diminta untuk di rumah saja.

Advertisement

“Untuk proses boarding TMRW hanya butuh waktu sembilan menit. Berkat dukungan teknologi yang kami miliki, calon nasabah bisa registrasi dari mana saja dan kapan saja untuk segera bisa digunakan setelah proses verifikasi selesai. Yang dibutuhkan cuma ponsel, e-ktp, dan paket data internet. Kami sarankan menggunakan paket data internet pribadi, bukan wi-fi demi keamanan,” kata Fajar.

TMRW by UOB ID (Gambar: dok. TMRW) via www.tmrwbyuob.com

Selain itu sesuai dengan target market generasi muda, TMRW mengusung penggunaan bahasa yang ringan dan bebas dari jargon perbankan. Untuk akses bantuan dan pertanyaan, TMRW menyediakan chatbot 24/7 bernama TIA (TMRW Intelligence Assistant), selain live chat dan panggilan langsung bebas biaya dengan agen TMRW.

Fajar mengatakan TMRW punya dua pilihan produk dengan masing-masing keuntungan bagi pelanggan, yakni rekening tabungan yang mencakup TMRW Everyday Account untuk transaksi harian dan TMRW Saving Account untuk menabung. Keuntungan TMRW Everyday Account adalah bebas biaya transfer ke mana saja. Sedangkan untuk TMRW Saving Account punya tawaran bunga hingga 4% setiap tahunnya. Sementara produk kedua adalah TMRW Credit Card dengan penawaran menarik yakni cashback yang bisa di-custom nasabah sesuai dengan kebutuhan.

Punya fitur menarik seperti sistem pembayaran menggunakan QR code dan game yang bisa dimainkan dengan cara menabung

Fitur game City of TMRW (Gambar: dok. TMRW) via www.tmrwbyuob.com

TMRW juga menawarkan kemudahan kepada nasabah lewat fitur seperti pembayaran menggunakan QR code. Fajar menjelaskan sistem pembayaran QR code secara otomatis telah terhubung dengan TMRW Everyday Account, sehingga bisa dengan mudah digunakan di seluruh merchant QRIS dan GPN tanpa harus top-up saldo. Selain itu ada fitur Be Your Own Boss yang juga jadi hal yang menarik, karena nasabah diberi keistimewaan untuk mengatur limit transaksi sesuai profil resiko masing-masing. Memblokir rekening dan mengubah data-data pribadi juga bisa dilakukan lewat fitur ini tanpa harus datang ke kantor cabang.

Namun yang paling menarik di TMRW adalah fitur permainan bernama City of TMRW. Buat kamu yang doyan main game kayak The Sims, permainan yang dihadirkan TMRW mirip dengan itu. Kamu bisa menciptakan kota beserta kehidupan virtual sesuai keinginan. Hanya saja, untuk bisa membangun kota virtual kamu harus nabung dulu. Jadi semakin rutin dan banyak kamu menabung, maka kota virtualmu bisa makin bagus.

Nah, untuk kamu yang tertarik menjajal inovasi perbankan dari UOB, TMRWbyUOB Indonesia bisa kamu unduh di App Store untuk pengguna iOs dan Google Play untuk pengguna Android dan mengikuti petunjuk yang tersedia. Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa mengunjungi website TMRW atau UOB Indonesia.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

CLOSE