Tebak deh berapa pengguna internet di Indonesia saat ini.

Ternyata tahun 2017 jumlahnya sudah mencapai 132 juta pengguna lho! Angka itu berdasarkan laporan Tetra Pax Index yang dilansir Detik. Dan lebih mengejutkan lagi, sekitar 40%-nya ternyata memakai internet buat akses media sosial. Sebenarnya kalau lihat angka yang fantastis itu nggak heran juga sih, soalnya hampir semua aktivitas manusia modern sekarang memanfaatkan internet. Mulai dari cari makan, cari barang-barang rumah tangga, komunikasi sama kerabat jauh, sampai cari jodoh! Hampir semua bisa dilakukan dibalik layar gawai.

Advertisement

Tapi ternyata tingginya pengguna internet itu nggak dibarengi sama kualitas koneksi yang memadai. Akibatnya banyak banget orang mengeluhkan internet Indonesia super lemot. Kecepatan download juga jangan ditanya. Mau pakai mobile broadband atau fixed broadband juga sama aja. Tahu nggak beda keduanya?

  • Jadi kalau mobile broadband itu koneksi internet yang berasal dari perangkat mobile kayak modem, Wi-Fi, atau tethering dari smartphone. Dimanapun berada, selama ada kartu SIM dengan jaringan 2G, 3G, atau 4G disertai sinyal yang oke, kamu tetap bakal bisa akses internet.
  • Sedangkan kalau fixed broadband berasal dari kabel telepon atau kabel jaringan khusus. Di Indonesia sendiri ada banyak jasa penyedia layanan ini

Nah, sebenarnya apakah negara lain merasakan penderitaan kayak yang kita rasakan ini? Berikut Hipwee News & Feature telah merangkum daftar peringkat koneksi internet beberapa negara dunia, dilihat dari kecepatannya. Wah, Indonesia nomor berapa ya~

Pertama kita lihat dari koneksi fixed broadband. Kalau kategori ini, Indonesia hanya berada di peringkat 93 dengan kecepatan download hanya 13,38 Mbps!

Koneksi fixed broadband di Indonesia via sumsel.tribunnews.com

Advertisement

Data ini berdasarkan laporan Speedtest Global Index, sebuah lembaga yang memang kerjanya membuat daftar negara dengan kecepatan internetnya dan memperbarui datanya setiap bulan. Untuk koneksi fixed broadband, dari 133 negara yang terdaftar, Indonesia ada di peringkat 93 lho dengan kecepatan download cuma 13,38 Mbps. Sedangkan di Asean, Indonesia ada di rangking 7. Untuk posisi pertama sedunia dipegang oleh Singapura dengan kecepatan download 153,85 Mbps! Beda jauh banget ya sama kita.. Nah, berikut daftar daftar negara dengan koneksi fixed broadband tercepat se-Asean.

  1. Singapura
  2. Thailand
  3. Vietnam
  4. Malaysia
  5. Brunei Darussalam
  6. Filipina
  7. Indonesia
  8. Kamboja
  9. Laos
  10. Myanmar

Khusus di koneksi mobile broadband, Indonesia bahkan nggak masuk ranking 100 besar dunia lho! Selisih jauh banget sama Singapura, padahal tetanggaan

Koneksi mobile broadband di Indonesia via beta.genmuda.com

Sedangkan untuk koneksi mobile broadband, Indonesia ada di peringkat 106 dari 122 negara yang didata lho. Kecepatan downloadnya cuma 9,73 Mbps! Lebih sedih lagi ya. Di posisi pertamanya dipegang oleh Norwegia yang kecepatan downloadnya 62,66 Mbps. Kalau dipersempit lagi jadi se-Asean, Indonesia ada di peringkat terakhir alias peringkat ke-10! Luar biasa. Kalau mau tahu daftar negara dengan koneksi mobile broadband tercepat se-Asean, lihat aja list-nya di bawah ini.

  1. Singapura
  2. Vietnam
  3. Malaysia
  4. Kamboja
  5. Laos
  6. Thailand
  7. Filipina
  8. Myanmar
  9. Brunei Darussalam
  10. Indonesia

Speedtest Global Index juga punya data negara mana aja yang paling gencar meningkatkan koneksi internetnya lho. Ini dilihat dari persentase kenaikannya

Perbaikan infrastruktur termasuk cara meningkatkan kualitas koneksi internet via www.blogdimas.net

Meski saat ini Laos ada di peringkat 85 untuk koneksi mobile broadband-nya, tapi ia jadi negara nomor 1 yang paling gencar improvisasi lho. Terhitung dari 2016-2017, peningkatannya mencapai 249.5%! Sedangkan untuk koneksi fixed broadband-nya, nomor 1 yang paling tinggi peningkatannya adalah negara Reunion, mencapai 141.5%. Lalu, dimana posisi Indonesia?

Kita kayaknya patut berbangga hati, meskipun kalau secara umum Indonesia nggak masuk sebagai negara yang paling tinggi improvisasinya, tapi kita ada di daftar negara dengan populasi terbesar yang gencar memperbaiki kualitas internet lho. Mau tahu daftarnya? Nih, simak deh di bawah ini.

Dilihat dari mobile broadband:

  1. Pakistan
  2. India
  3. Brazil
  4. Jepang
  5. Amerika Serikat
  6. Rusia
  7. Indonesia
  8. Cina
  9. Bangladesh
  10. Nigeria

Dilihat dari fixed broadband:

  1. India
  2. Cina
  3. Amerika Serikat
  4. Jepang
  5. Indonesia
  6. Brasil
  7. Pakistan
  8. Rusia
  9. Bangladesh
  10. Nigeria

Tapi ya tetap aja, miris gitu rasanya kalau sadar koneksi kita masih jauh dari kata sempurna, apalagi kalau dibandingkan sama negara-negara maju di luar sana. Padahal jumlah pengguna internet di Indonesia masuk 10 terbesar di dunia lho. Apalagi internet sekarang seolah udah jadi pusat dari segala aktivitas manusia. Segala transaksi keuangan bisa dilakukan lewat internet. Ya, wajar juga kalau dari segala aspek Indonesia juga jadi ketinggalan. Menurutmu gimana?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya