Tagar #IndonesiaSaySorryforThailand Trending, Warganet Indonesia Minta Maaf Usai Hujat Pasangan Gay

Warganet minta maaf pasangan gay Thailand

Ternyata `serangan` warganet Indonesia ke akun Facebook pasangan gay Thailand berbuntut panjang. Terhitung sejak tanggal 4 April, akun Suriya Toedsang diserbu wargnet Indonesia dengan kata-kata kasar hingga ancaman kematian. Hujatan itu dipicu oleh pernikahan Suriya dan pasangan sesama sejenisnya, Bas. Pasangan gay itu sempat bungkam selama beberapa hari belakangan menerima cibiran. Namun, terdengar kabar kalau keduanya sedang menyewa pengacara kondang untuk melindungi mereka dan keluarga dari hujatan yang terus mengalir. Apalagi anggota keluarga mereka ikut menjadi sasaran kebencian dan ancaman.

Advertisement

Usai insiden itu, tagar#IndoesiaSaySorryforThailand memuncaki trending topic di Twitter. Sebagai bentuk permintaan maaf warganet Indonesia, mereka menaikkan tagar tersebut. Lantas bagaimana tanggapan Suriya, ya? Yuk, langsung simak aja!

Sebelum tagar itu naik ke tangga topik perbincangan, muncul rumor warganet Indonesia yang menuliskan hujatan bakal dilarang masuk ke Thailand

Tagar pmrintaaf maaf warganet Indonesia | credit: Twitter @Hongjswm via twitter.com

Lantaran hujatan semakin tak terkendali, Suriya dikabarkan akan membawa serangan warganet Indonesia ke jalur hukum. Dugaan itu menguat setelah Suriya diketahui menyewa seorang pengacara ternama di Thailand. Ia pengin melindungi dirinya da keluarga dari serangan komentar warganet Indonesia. Sejak muncul kabar tersebut, desas-desus warganet Indonesia bakal dilarang masuk Thailand ramai terdengar.

Menukil Coconut, seorang ahli hukum terkenal di Thailand mengungkapkan warganet Indonesia yang menuliskan penghinaan dan ancaman dapat dilarang masuk ke Thailand. Bahkan Rannarong Kaewpetch, seorang pengacara, mengatakan larangan dan penangkapan orang Indonesia bisa terjadi bila kasus dibawa ke jalur hukum. Tak ayal warganet Indonesia cukup khawatir mendengar kabar burung tersebut. Sehingga mereka menaikkan tagar #IndonesiaSaySorryforThailand sebagai bentuk permintaan maaf atas komentar-komentar warganet lain yang tak sepatutnya.

Advertisement

Tagar #IndonesiaSaySorryforThailand nangkring di puncak topik Twitter, pasangan gay Thailand akhirnya memberikan respons

Respons pasangan gay Thailand | credit: Facebook สุริยา เกิดแสง via www.facebook.com

Dalam waktu singkat tagar #IndonesiaSaySorryforThailand menempati posisi topik teratas di Twitter, Rabu (14/4). Tagar tersebut juga tampak membanjiri akun Facebook Suriya. Tagar itu dibuat sebagai ungkapan permohonan maaf wragnet Indoensia karena telah melontarkan komentar jahat pada pasangan Suriya dan Bas. Beberapa warganet kembali mengingatkan sesam warganet Indonesia untuk berhenti mencampuri urusan orang lain. Apalagi pernikahan Suriya dan Bas tak menyinggung warganet Indonesia. Pasangan itu pun menikah di negerinya sendiri.

Saking banyaknya tagar yang diterima, Suriya  memberikan respons. Melalui akun Facebook, ia menulis tanggapan. Ia mengaku telah menerima permintaan maaf warganet Indonesia.

“Thank you for your apologies
#indonesiaSaysSorryForThailand I have to thank all Thai people. But I think the ones that are mainly affected are me, my parner, and my family,” tulis Suriya.

Ia mengucapkan terima kasih atas tagar tersebut. Ia pun berterima kasih kepada orang-orang Thailand yang memberinya dukunga selama ini. Namun, tak bisa dimungkiri, dirinya, Bas, dan keluarganya sangat terdampak dengan `serangan` warganet Indonesia. Hingga kabar ini ditulis, belum ada pernyataan lebih lanjut dari Suriya. Kabar dirinya akan membawa kasus ke jalur hukum seperti informasi yang beredar juga belum bisa dipastikan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE