Kamu pasti pernah ikut tes IQ ‘kan? Zaman sekolah dulu, kamu pasti juga sok-sok membandingkan dan membanggakan IQ-mu sama teman-teman sekelasmu. Seakan kamu yang IQ-nya tinggi merasa berada setingkat di atas level teman-temanmu. Tapi kamu jangan bangga dulu kalau kamu merasa pintar dengan IQ-mu sekarang. Ternyata ada loh organisasi spesial yang mewadahi orang-orang ber-IQ tinggi. Nah buat kamu yang penasaran sama organisasi orang-orang jenius ini, nih Hipwee beri ulasannya.

Namanya adalah Mensa, organisasi yang satu ini cuma bisa dimasuki oleh orang jenius dari kumpulan orang-orang jenius dunia

Mau ikutan daftar?

Mau ikutan daftar? via www.daytondailynews.com

Kalau kata pepatah sih, ‘masih ada langit di atas langit’. Tepat seperti pelajaran dari pepatah tersebut, kamu jangan sombong dulu kalau punya IQ yang tinggi. Kamu belum tentu diterima di Mensa loh meski IQ-mu tinggi. Proses seleksi membership MENSA bisa dibilang cukup ketat.

Advertisement

Kalau mau diterima jadi member Mensa, kamu wajib berada di 2% peringkat teratas dari sekian banyak orang yang mengikuti uji kepandaian yang statusnya sudah diakui. Kamu harus jadi orang paling jenius dari kumpulan orang-orang jenius yang mengikuti seleksinya. Nah, sulit kan…

Berpusat di Inggris, Mensa didirikan Roland Berrill dan Lancelot Ware dengan tujuan mulia bagi dunia!

Didirikan sejak 1946

Didirikan sejak 1946 via grethevangeffen.nl

Kantor MENSA Internasional berada di Inggris. Namun dengan anggota yang tersebar 100 negara lebih, MENSA memiliki 51 cabang di seluruh dunia. Total anggotanya mencapai 100 ribu orang lebih loh. Hal itu adalah bukti bahwa sejatinya banyak orang jenius di dunia ini.

Roland Berril dan Lancelot Ware memiliki tujuan mulai kala mendirikan Mensa pada tahun 1946 silam. Dalam konstitusinya, Mensa punya tiga tujuan utama; menemukan dan mengasuh manusia-manusia dengan kecerdasan tinggi demi keuntungan dunia, mendorong penelitian dalam bidang alam, karakteristik serta penggunaan kecerdasan manusia, dan memberikan asupan intelektual serta lingkungan sosial yang bagus bagi anggotanya.

Advertisement

Oh iya, asal kamu tahu aja, Mensa juga ada di Indonesia loh…

Buat kamu yang pengen daftar, ikut aja tesnya. Oh iya, buat referensi aja, ini nih contoh soalnya…

Tuh contoh soalnya. Bisa nggak?

Tuh contoh soalnya. Bisa nggak? via www.pleacher.com

Jadi anggota dari organisasi kumpulan orang-orang jenius dunia, menarik nggak tuh? Nah buat kamu yang tertarik untuk daftar jadi anggotanya, caranya gampang kok. Kamu cukup liat aja ke laman resmi Mensa Indonesia (karena kamu orang Indonesia). Kamu bisa ikut kuis yang telah disediakan dulu sebelum beneran ikutan tes Mensanya.

Selain diakui sebagai top 2% orang dengan IQ tertinggi di dunia, jadi anggota Mensa punya banyak keuntungan juga loh

Kan lumayan kalau ada sertifikatnya. Elit loh ini...

Kan lumayan kalau ada sertifikatnya. Elit loh ini… via www.manchestereveningnews.co.uk

Ada banyak kok keuntungan yang bisa kamu dapatkan kalau kamu termasuk dalam anggota resmi Mensa. Selain kamu bakal diberi asupan informasi dan pelatihan yang akan membantu pengembangan dirimu, jadi anggota resmi di Mensa juga akan membuat CV-mu terlihat lebih mentereng.

Di samping itu, keuntungan sosial pun bisa kamu dapatkan dengan menjadi anggota Mensa. Bertemu dengan orang-orang cerdas dan punya pemikiran unik akan menginspirasimu untuk berkembang lebih jauh lagi. Oh iya, satu lagi keuntungannya. Yah dengan ikutan jadi member dan ikut gathering yang diselenggarakan Mensa, siapa tahu kamu nemu jodoh di sana. Dari testimoni anggota, ternyata justru banyak yang bertemu jodoh di pertemuan Mensa

Sayangnya ada perdebatan soal organisasi seperti ini. Meski banyak yang mendukung, yang menganggap organisasi ini nggak ada gunanya juga banyak

Ada ketakutan bahwa diakui jadi orang jenius bakal bikin orang jadi sombong

Ada ketakutan bahwa diakui jadi orang jenius bakal bikin orang jadi sombong via staticflickr.com

Meski organisasi seperti ini memiliki banyak keuntungan baik bagi individu maupun dunia secara keseluruhan, namun tetap saja ada perdebatan yang mengusiknya. Salah satu pendapat paling kuat adalah soal pengguanan IQ sebagai acuan menjadi anggota Mensa. Yah, seperti yang kita tahu, IQ tinggi bukan segalanya. Percuma IQ tinggi kalau kehidupan sosial, mental serta spiritualnya jelek.

Selain itu, dikhawatirkan juga orang-orang ber-IQ tinggi yang jadi membernya akan berubah jadi orang sombong. Mendapat pengakuan sebagai orang jenius dari kumpulan orang-orang jenius bisa mengubah kepribadian seseorang. Jadi yah, ada plus minus-nya lah organisasi seperti ini.

Nah, jadi kamu tertarik nggak daftar jadi member Mensa? 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya