Indonesia memang kaya akan hasil bahari, termasuk ikan. Jenisnya juga ada banyak. Ada ikan cupang, ikan cakalang, ikan cue, dan sebagainya. Nggak hanya untuk hiasan, ikan-ikan itu ada juga yang bisa dikonsumsi. Ikan memang bergizi dan berguna untuk memenuhi kebutuhan protein hewani. Tapi penasaran nggak sih kenapa ikan diberi nama seperti itu? Apa memang ada aturannya kalau memberi nama ikan? Soal pemberian nama ikan memang selama ini jadi misteri tersendiri sih.

Mungkin karena penasaran, warganet dengan sangat kreatif mencari asal usul nama-nama ikan tersebut. Bukannya serius, hal itu malah jadi kocak yang bisa membuat terpingkal-pingkal. Ide warganet memang nggak ada habis-habisnya, ya~

1. Katanya, ikan cue dikasih nama seperti itu karena kalau diajak ngobrol diem aja. Disapa juga nggak noleh~

Emang enak di-‘cue’-in~ via www.tokopedia.com

2. Ikan mas itu ternyata cowok lo. Habisnya kalau dipanggil ‘Mbak’ dia nggak akan nengok sih~

“Mas, ikan mas..” via mediaindonesia.com

3. Kalau ikan yang satu ini sih sering masuk angin sampai-sampai perutnya kembung. Ikan kembung minum T*lak Ang*n juga nggak, ya?

Jangan-jangan ikannya minta kerokan juga, ya~ via banjarmasin.tribunnews.com

4. Ikan cakalang jadi ikan paling nggak sabaran di jagad bahari. Habisnya dia nggak mau ditunda-tunda, pokoknya harus cakalang!

Pokoknya harus cakalang dan nggak boleh ditunda! via www.beritamalukuonline.com

5. Menurut warganet, ikan kakap kayaknya cocok deh jadi penjahat. Dia susah diambil alias sulit buat di-‘kakap’ apalagi kalau kakapnya pakai tangan!

Hap, hap, lalu di-‘kakap’! via pusatinfojualbeli.blogspot.com

6. Ikan yang paling enak dipresto dan dijadiin oleh-oleh khas Semarang ini katanya dinamain bandeng karena susah diberi nasihat. Gitu, ya?

Kalau anak sukanya melawan orang tua dan dibilangin selalu ngeyel, namanya sih anak ‘bandeng’. via www.olx.co.id

7. Ada ikan yang katanya selalu ada di pojokan melulu, makanya diberi nama ikan sapu-sapu. Emang sih, sapu sukanya ditaruh di pojok~

Mirip sapu, kan, karena sukanya di pojokan~ via www.vebma.com

8. Katanya sih, ada ikan yang kalau ditanya sekali jawabnya malah berkali-kali. Iya, iya, itu ikan bawal. Dasar bawal!

Makanya jangan ‘bawal’ deh~ via www.bukalapak.com

9. Kalau ada ikan yang diajak ngomong tapi ternyata nggak waras, pasti itu ikan nila deh

Ikan nila kayaknya paling nggak waras di antara yang lain deh …. via www.pertanianku.com

10. Ikan yang satu ini memang nggak gerak-gerak. Katanya sih di-‘pause‘ makanya disebut dengan ikan paus

Ini agak maksa sih, ya. .__. via wowasiknya.com

11. Tapi jangan keliru, antara ikan paus dengan ikan gabus, ya. Keduanya katanya sama-sama diam saja

Gabus memang bisanya diem aja, kan. via www.tigapilarnews.com

12. Sedangkan ada juga ikan cupang yang katanya bisa bikin merah-merah. Kerokan, kan, juga bikin kulit jadi merah-merah, ya~

Itu merah kenapa? Ikan cupang? via samudranews.id

[BONUS]

Tapi hati-hati sama ikan Indos*ar. Bisa-bisa nanti kalian kena azab~

Hati-hati kena azab! via www.liputan6.com

Advertisement

Apa nih ikan favoritmu? Sudah ada asal-usul namanya belum? Terlepas dari asal usul nama ikan, kita harus tetap patuh dengan petuah Bu Susi untuk mengonsumsi ikan dan menjaga kelestarian laut, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya