Nggak bisa dipungkiri lagi, bulan puasa memang bulan yang istimewa buat kita semua. Bulan Ramadhan yang selalu dinantikan umat Muslim seluruh dunia ini dikenal sebagai bulan suci penuh rahmat. Waktu yang tepat untuk menjadi ajang bagi para hamba Tuhan guna beribadah dan menimba pahala. Kamu akan dituntut untuk mengalahkan hawa nafsumu sendiri, berperang dengan godaan-godaan yang nampak berkali-kali lipat kalau lagi di bulan puasa.

Kalau kamu adalah salah satu dari mereka yang menjalankan ibadah berpuasa di Bulan Suci Ramadhan, tentu kamu mengerti dong akan hal-hal sederhana berikut, yang kalau nggak pas bulan puasa kelihatan biasa aja tapi pas waktunya puasa terlihat sangat mengusik pikiran…

1. Lalapan yang suka kamu abaikan kalau sedang makan, sekarang nampak sangat sayang untuk disia-siakan.

Biasanya disia-siakan, sekarang jadi menggiurkan via infomakan.com

Advertisement

Memang nggak semua orang suka sayur. Dibandingkan rasa lauk yang legit dan gurih, sayur mentah macam lalapan mah nggak ada apa-apanya. Sering banget kamu sepelekan, nggak dihabiskan atau nggak disentuh sama sekali. Kadang dijadikan kobokan juga malahan. Pokoknya, lalapan nggak jarang hanya jadi penghias piring saji kamu.

Sampai ketika bulan puasa tiba. Daun-daunan hijau dan timun irisan itu terlihat begitu indah di mata kamu. Rasa manis dan segar dari sayur-sayuran yang sering kamu anggap sebelah mata jadi meningkat tajam dalam kepala. Kamu pun berjanji untuk gak akan menyia-nyiakan mereka lagi nanti saat waktu berbuka tiba. Tapi sayangnya saat itu masih tengah hari, dan magrib masih lama…

2. Penjual di pinggir jalan yang dulunya terlihat membosankan, sekarang nampak sangat mencuri perhatian.

Dulunya sih kamu cuekin, sekarang bikin penasaran via foto.tempo.com

Deretan pedagang dan warung di pinggir jalan yang biasanya kamu cuekin sekarang terlihat sangat menggugah rasa penasaran. Malahan gak sedikit dari kamu yang dulunya agak nggak terlalu suka dengan keberadaan mereka yang nampak mengotori trotoar atau bikin penuh jalan. Biasanya kamu lebih memilih untuk makan di rumah atau di restoran.

Advertisement

Tapi karena di bulan puasa restorannya lagi pada pasang gorden dan jelas di rumahmu lagi nggak masak apa-apa sampai nanti waktu buka; kamu jadi semakin terangsang sama pemandangan orang jualan di pinggir jalan. Padahal cuma penyetan sederhana atau nasi bungkus murah tapi kelihatannya kaya steak dari hotel bintang lima!

3. Kalau belum dibelah dan dikeruk, biasanya buah kelapa utuh nggak pernah terlihat spesial di matamu. Tapi kalau lagi puasa…

Apalagi yang masih hijau seger-seger brrr via www.flickr.com

Buah kelapa utuh sehari-harinya sering luput dari pandangan mata. Cuma seonggok buah bundar keras bersabut yang gak bikin kamu terlalu nafsu untuk meliriknya. Biasanya kamu baru suka kalau isinya udah dikeruk dan dituang ke dalam gelas lalu diberi sirup cocopandan yang wangi. Selebihnya, kamu gak pernah terlalu peduli. Mendingan buah-buahan lain yang lebih mudah dikupas.

Beda cerita kalau bulan puasa tiba. Tumpukan kelapa, apalagi yang masih muda dengan warna hijau terangnya suka bikin silau mata. Dibiarkan begitu saja udah bikin kamu pengen nelen ludah, mengingat-ingat nikmatnya air sari kelapa dan dagingnya yang lembut dan enak. EITS, hati-hati jangan beneran dibayangin, nanti pahala puasamu bisa berkurang!

4. Aliran air wudhu yang sebelumnya terlihat biasa aja, bagaikan kucuran es buah yang sangat menggoda di bulan puasa.

Air wudhu serasa air degan via www.eauclair.com

Udah ngaku aja, ada aja kan di antara kamu yang pikirannya kemana-mana kalau lagi lihat air wudhu pas sedang puasa. Air tawar mentah yang biasanya kamu acuhkan dan buang-buang jadi terlihat sangat memprovokasi hasrat dahagamu. Air keran yang mengalir itu lebih mirip air es buah atau air soda dalam kepala. Nggak jarang kamu jadi kelepasan dan kumur-kumur kelamaan, HAHAHA!

5. Santan, gula cair dan gula jawa yang berjejer dalam toples-toples kaca terlihat lebih bercahaya di bulan puasa.

Santen aja udah bikin haus… via www.hipwee.com

Kalau kamu lihat santan pas lagi nggak puasa pasti kamu kebanyakan cuek-cuek aja. Santan kan hanya salah satu bahan masakan biasa yang nggak menggugah selera. Namun coba kamu perhatikan ketika Ramadhan tiba, santan terlihat lebih istimewa apalagi kalau disandingkan sama gula cair atau gula jawa… lalu ditambah cendol dan nangka.

Pemandangan santan yang dituang ke dalam wajan juga bikin imajinasi kamu melayang-layang. Habis santan bakal ada ayam yang dicemplungkan untuk membuat opor, atau daging yang dimasukkan untuk membuat rendang. Wangi santan yang dimasak di atas api kecil, menguat dan bikin perut kamu makin keruyukan. Aaaaack!

6. Cerita yang sama juga berlaku untuk permen yang biasanya cuma jadi pengganti recehan di mini market ini…

TAHAAAAANNN!!!! via www.kofan.com

Sabar dek, belum waktunya…

7. Meskipun kamu gak punya hobi tidur siang, tapi kalau lagi puasa siapa yang bisa nolak rayuan Pulau Kasur dan Bantal?

Yang gak biasa tidur siang pun jadi hobi kalau pas puasa via taylorheartstravel.com

Harus diakui lebih banyak orang yang suka bobo siang ketimbang yang engga. Tapi nggak bisa dipungkiri, kalau lagi puasa, kamu yang ga doyan tidur siangpun bakalan tergoda untuk gegoleran; guling-guling; atau tidur dari siang sampai sore saat waktu berbuka tiba. Daripada lemes… Ya gak?

8. Biasanya kamu cuma mandi pagi sama sore, itu juga males-malesan. Sekarang niat buat mandi siang-siang bikin kamu kerajingan…

Apalagi kalau mandinya di telaga segar begini via kaskus.com

Sehari-hari kamu udah terbiasa mandi dua kali sehari. Terkadang malah males-malesan kalau disuruh mandi pagi karena masih dingin, atau males mandi sore karena udah mager. Mandi di siang hari bahkan sering tidak terpikir karena biasanya memang kamu sedang sibuk beraktifitas dan repot banget untuk meluangkan waktu buat mandi.

Tapi ceritanya beda kalau lagi puasa, apalagi kalau cuaca lagi terik-teriknya. Badan rasanya jauh lebih gerah dari biasanya. Kamu jadi semangat buat mandi kalau ada kesempatan. Paling gak, jadi sering-sering basuh-basuh muka dan lengan gitu biar badan terasa adem dan segar selalu. Padahal katanya haram lho trik begitu itu.

9. Setiap ada sepeda yang lewat dengan bunyi bel berdenting, kamu langsung berpikir itu adalah penjual makanan keliling.

Ting ting ting ting, bel sepeda disangka pedagang langganan via tasty-indonesian-food.com

“Kring kring kring”

Kamu: Wah, puasa-puasa kok tukang siomaynya tetap ‘patroli’ sih? Bikin ngiler aja…

Temen: … itu suara bel sepeda kali, bro…

Nah loh kecele kan… Pikirannya udah kemana-mana sih kamu…

10. Cowok pake baju koko di luar bulan puasa sering terlihat biasa aja. Namun saat Ramadhan mereka keliatan lebih bersinar, bagaikan calon imam yang siap menggenapi.

Tuh kan jadi tambah ganteng-ganteng

Eaaa… Di bulan puasa, jumlah cowok yang menggunakan pakaian muslim atau baju koko biasanya meningkat tajam. Begitu juga dengan tingkat menariknya mereka di mata cewek-cewek yang mendambakan sosok soleh dan mampu diandalkan untuk menjadi pendamping hidup. Hohoho.

11. Ketika sedang berada di puncak dahaga, sabun cuci piring yang kental dan berwarna hijau terang nampak bagaikan sirup rasa melon.

Ingat! Ingat! Ini sabun bukan sirop m*rjan! via www.hipwee.com

Hati-hati buat kamu yang lagi haus-hausnya di tengah-tengah menjalankan ibadah puasa, mendingan kamu jangan dekat-dekat sama tempat cuci piring deh. Beneran! Soalnya coba kamu perhatikan: ketika kamu lagi kehausan setengah mati terus kamu lihat isi botol sabun cuci piring yang berwarna hijau terang menarik mata… kamu bisa-bisa lupa kalau itu adalah sabun cuci bukannya sirup buah rasa melon!

Ini juga sabun colek bukan mentega! via www.hipwee.com

Kamu pikir mengganti sabun cuci piringmu menjadi sabun colek akan membantu? Nggak juga sih. Ketika kamu buka dan kamu amati baik-baik, sabun colek kuning yang terlihat lembut itu bakal mengingatkanmu sama adonan kue atau fondant siap santap… Hmm…

12. Gak hanya sabunnya, spons cuci piringnya pun terlihat menggugah selera… habis kelihatan kaya bolu kan ya?

Ini spons ya teman-teman, bukan bika ambon! via www.hipwee.com

Tidak berhenti sampai di situ, godaan keras masih datang dari temannya sabun cuci piring. Kalau kamu ngelihatin spons cuci piring pas lagi lapar-laparnya ketika puasa, nggak mustahil bahwa yang ada di bayangan kamu adalah kue bolu atau chiffon lembut yang lumer di mulut. Menggugah selera, terancam membatalkan puasa! Hayooo hati-hati, jaga nafsumu!

13. Es batu di pinggir jalan yang sering bikin kamu khawatir akan kebersihannya sekarang malah bikin kamu ngiler membayangkannya.

Es balok yang biasanya bikin ilfil jadi bikin seger via antara.com

Kebersihan es batu yang sering kita konsumsi di warung-warung memang sudah sejak lama diragukan kesehatannya. Dari segi kebersihan bahan dan alat yang dipakai untuk membuat es, sampai cara transportasinya yang sering digeret-geret begitu aja di atas aspal jelas bikin beberapa dari kita was-was untuk mengonsumsinya. Es batu yang masih berbentuk balok besar gitu juga tidak menggugah iman kita di hari-hari biasa. Hanya berbalok-balok besar air beku yang dijual murah.

Tapi ketika lagi tengah-tengah puasa, saat tenggorokanmu gersang dan badanmu lemas, balok-balok es sederhana itu terlihat memiliki potensi luar biasa untuk menolong dirimu yang lagi lunglai. Entah itu karena bulir-bulir embunnya yang mengalir perlahan, kilau ademnya di bawah terik matahari… bahkan sepertinya dipeluk-peluk pun enak buat ngademin diri.

Must resist! via universal.com

Yaudah daripada kamu nggak kepikiran sama nikmatnya es batu terus, Hipwee bantuin kamu untuk move on dengan mengingatkan bahwa es balok itu gak sebersih dugaan kita lho…

Gimana kamu setuju nggak? Atau mau nambahin lagi? Selusin daftar tadi sebenarnya cuma sebagian kecil dari hal-hal yang kamu sadari menjadi lebih spesial ketika kamu tengah melaksanakan ibadah puasa. Wajar saja kok bagimu untuk merasakan gangguan yang amat sangat ketika sedang menjalankan perintah Tuhan demi meraih Rahmat-Nya. Bertambahnya tingkat kesulitan suatu tantangan akan menempa kemampuanmu juga.

Meskipun berat, ketika kamu berhasil menahan hawa nafsumu dan menghindari godaan-godaan itu, artinya kamu sudah berhasil mengalahkan dirimu sendiri dan selangkah lebih maju dalam menjalankan ibadahmu. Selamat menjalankan ibadahmu, semoga khusyuk!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya