Setiap ada yang ngomongin tentang pernikahan, reaksimu langsung berubah. Kalau ditanya, kapan nikah, eh malah jawabanmu kayak nggak enak gitu. Hmmm… jangan-jangan kamu memang parno sama pernikahan. Coba cek, kalau beberapa hal ini sering kamu alami, bisa jadi kamu memang parno sama pernikahan.

1. Mendengar teman yang akan menikah, reaksi kamu…

Jangan becanda deh!

Jangan becanda deh! via weheartit.com

“Bro, serius situ mau nikah?”

“Emang lu udah siap kalau nanti nggak bisa kerja karena ngurusin anak?”

Advertisement

Antara senang campur was-was, begitulah ketika kamu mendengar temanmu akan menikah. Ya, kamu akan kehilangan salah satu temanmu untuk kesekian kali.

2. Bukannya kamu tidak ingin menikah tapi ada hal-hal yang bikin kamu takut untuk menikah.

Hmmm... harus banget ya nikah?

Hmmm… harus banget ya nikah? via chastityproject.com

Kamu selalu menyangkal setiap kali dikatakan tidak ingin menikah. Eh, tapi memang bukannya tidak mau menikah. Hanya saja ada hal-hal yang bikin kamu takut untuk menikah.

3. Kamu sering melihat setelah menikah kehidupan teman-teman atau saudaramu nggak seasyik dulu lagi.

Sebelum dan setelah menikah

Sebelum dan setelah menikah via www.pinterest.com

Salah satu hal yang membuat kamu merasa takut untuk menikah adalah karena menurutmu setelah menikah teman-teman atau saudaramu berubah. Mereka jadi nggak seperti dulu ketika masih single. Mereka tak lagi tampak melakukan kegiatan yang menyenangkan menerutmu. Sosial medianya cuma penuh dengan aktivitas yang berbau-bau keluarga. Enggak ada lagi postingan nongkrong-nongkrong atau jalan-jalan. Kamu pun jadi susah untuk mengajak mereka have fun. Pokoknya mereka jadi nggak seru deh, menurutmu.

4. Bisa jadi kamu takut menikah karena orang di sekitarmu punya kenangan buruk terhadap pernikahan.

Punya pengalaman buruk dengan pernikahan

Punya pengalaman buruk dengan pernikahan via www.huffingtonpost.com

Advertisement

Selain karena orang-orang sekitar yang menurutmu menjadi berbeda setelah menikah, bisa jadi kamu merasa takut menikah karena memiliki trauma. Kamu yang punya ketakutan terhadap pernikahan bisa jadi berasal karena latar belakang lingkungan. Bisa karena orang tua yang gagal dalam pernikahan, atau kamu punya saudara atau teman yang gagal dan tidak bahagia dalam pernikahannya. Melihatnya bikin kamu merasa takut untuk menikah.

5. Kamu merasa belum cukup mapan secara finansial.

Kerjaan aja belum pasti udah mau nikah

Kerjaan aja belum pasti udah mau nikah via www.veteransnewsnow.com

Hal lain yang bikin kamu takut untuk menikah adalah masalah uang. Saat ini, kamu masih baru saja bekerja. Kamu merasa penghasilanmu belum cukup untuk menghidupi keluarga. Jangankan untuk mencukupi kebutuhan keluarga, untuk hidup sendiri aja sepertinya kurang-kurang terus. Jadi deh, kamu masih merasa takut untuk menikah.

6. Sementara, biaya pernikahan yang nggak sedikit juga jadi beban pikiranmu.

Pesta pernikahan yang nggak murah

Pesta pernikahan yang nggak murah via expertbeacon.com

Sudah pernah dibahas sebelumnya, kalau nikah di Indonesia itu butuh biaya yang nggak sedikit. Nikah aja sih murah, tapi printilannya itu lho yang mahal. Apalagi kalau kamu berasal dari suku tertentu yang memang harus mengadakan bermacam-macam upacara tradisi. Pastinya, ini yang jadi pemikiranmu. Mengingat-ingat itu kamu jadi suka pikir-pikir lagi kalau mau menikah.

7. Belum lagi biaya setelah menikah yang jauh lebih besar.

Nyicil rumah

Nyicil rumah via widyawuri.blogspot.co.id

Lagi-lagi soal biaya. Setelah biaya pesta nggak sedikit, biaya yang ditanggung setelah menikah pun nggak kalah besar. Apalagi jika kamu dan pasangan anti untuk tinggal di pondok indah mertua. Kalau nggak nyicil rumah, ya harus ngontrak rumah. Itu masih ketambahan bayar tagihan listrik, air, telepon, belanja, dan macam-macam. Duh, memikirkan berapa pengeluaran saat berkeluarga membuatmu semakin takut untuk menikah.

8. Jadilah setiap ada yang nanya ‘kapan nikah?’ kamu selalu menjawab dengan reaksi sinis.

Sensi kalau ditanya kapan nikah

Sensi kalau ditanya kapan nikah via bidhuan.com

Kalau yang lain ditanya kapan nikah, langsung salah tingkah. Giliran kamu ditanya kapan nikah, bawaannya langsung nyolot. Saking sebalnya dengan pertanyaan itu, kamu sering mengunggah meme-meme yang isinya larangan bertanya kapan nikah. Kadang, kamu pingin banget pakai kaos yang tulisannya,

“Dilarang bertanya kapan nikah!”

9. Alasan lain kamu masih takut menikah adalah kamu masih merasa ragu dengan pasanganmu saat ini.

Sayang sih tapi yakin nggak ya?

Sayang sih tapi yakin nggak ya? via rapidlikes.com

Saat ini, kamu mungkin sudah punya pacar yang sangat kamu cintai. Tapi, kamu masih ragu. Apakah benar-benar dia yang akan kamu jadikan teman hidupmu. Kamu sering bertanya-tanya, gimana kalau ternyata cinta kalian nggak bertahan lama padahal sudah dalam ikatan menikah. Dan kamu semakin takut menikah.

10. Kamu masih belum bisa membayangkan, hidup dengan orang itu selamanya, punya rumah tangga sendiri, ah rasanya tanggung jawabnya sangat besar.

Setiap hari ketemu

Setiap hari ketemu via rapidlikes.com

Bangun tidur ngelihat dia, mau tidur ngelihat dia. Apa nanti nggak bosan kalau ketemu terus? Belum lagi nanti akan banyak permasalahan. Ngurus ini itu lah, pokoknya butuh tanggung jawab besar. Kira-kira sanggup nggak ya? Pertanyaan itu sering nyantol di kepalamu.

11. Dalam hati kecilmu, kamu sebenarnya juga ingin berkeluarga seperti kebanyakan orang.

Bahagia selamanya

Bahagia selamanya via hamiltondiocese.com

Kalau melihat orang-orang yang punya keluarga bahagia sampai anak cucu, rasanya pengen juga kayak gitu. Hidup bersama sampai tua, punya anak, punya cucu. Damai kayaknya…

12. Tapi, lagi-lagi muncul pertanyaan: apa happily ever after itu beneran ada?

Atau hanya cerita dongeng?

Atau hanya cerita dongeng? via www.modernmami.com

Baru membayangkan keluarga bahagia, lagi-lagi ada kerugan dalam dirimu. Memangnya happily ever after itu ada sungguhan ya? Jangan-jangan itu cuma cerita di dongeng-dongeng saja.

13. Kamu sering bertanya-tanya, jangan-jangan kalau sudah nikah nanti nggak bisa ngelakuin ini itu lagi.

Enggak bisa ngapa-ngapain?

Entar nggak bisa ngapa-ngapain? via www.xclusivetouch.co.uk

“Masih bisa nggak ya beli koleksi action figure baru?”

“Nanti kalau udah nikah, masih boleh nggak sih kerja?”

Kamu cukup khawatir kalau nanti kamu tak lagi bisa melakukan hal-hal yang kamu senangi karena tanggung jawab pernikahan yang rumit.

14. Beberapa dari kamu nggak ingin menikah juga karena takut punya anak.

Hih nakal!

Hih nakal! via www.joe-ks.com

Kamu yang parno terhadap pernikahan bisa juga karena nggak suka dengan anak kecil. Setelah menikah, kamu akan punya anak dan mengurus anak kecil menurutmu sangat melelahkan. Duh, padahal lucu lho!

15. Dan kamu takut untuk menikah karena kamu masih nggak tahu mau nikah sama siapa.

Mana jodohnya?

Mana jodohnya? via memecrunch.com

Alasan terakhir kenapa kamu masih takut menikah adalah karena kamu belum menemukan pasangan sampai sekarang. Mau nikah sama siapa kalau belum ada pasangannya?

Meski jarang mengakui, ada orang yang parno dengan pernikahan. Kalau beberapa hal di atas pernah kamu alami, mungkin kamu salah satunya. Kalau kamu termasuk yang parno terhadap penikahan, kamu harus ingat menikah itu ibarat naik roller coster. Bikin deg-degan tapi benar-benar seru.

Buat kamu yang masih takut nikah, cobain dulu deh. Siapa tahu, kamu malah ketagihan, eh!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya