Di masa-masa ramai (seperti arus balik/mudik lebaran kemarin) keberadaan rambu lalu lintas tentu sangat kamu butuhkan. Sayangnya sebagian besar kondisi dari fasilitas umum itu sudah nggak terawat lagi. Padahal fungsi rambu jalan sangat penting lho bagi kita semua.

Meskipun di Indonesia rambu jalan sering disepelekan, tapi kalau di luar negeri nggak begitu lho. Karena rambu memang memiliki peran penting buat ketertiban pengguna jalan. Orang-orang di negara maju juga cenderung sangat mematuhinya. Rambu-rambu yang ada di berbagai negara juga nggak sama semua ternyata. Dan gak sedikit di antaranya bikin kamu tergelitik.

1. Pertama-tama kita tes dulu, kamu tahu nggak rambu asal Tiongkok ini untuk apa?

apasrat

Coba kita lihat, apakah kamu akan tersesat di jalan tol ini? via

Advertisement

Jeng jeng jeng! Pusing nggak kamu ngelihatinnya? Ini benar-benar rambu lho guys, bukan gambar coret-coret di buku pelajaran.

Intinya sih rambu ini soal jalan interchange.. jadi untuk bisa sampai ke titik B dari titik A (yang kalau dilihat sebenarnya tinggal belok kanan sekali doang) kamu harus memutar mengikuti jalan yang udah dibuat… semoga kamu ga tersesat di tengah perjalanan ya.

2. Blarrr heboh banget ada apinya… Kalau rambu asal Inggris ini, apa dong artinya?

1024px-Ireland_road_sign_RUS_062.svg

Apa maksudnya nggak boleh bakar sampah di atas mobil ya? via www.theorytestadvice.co.uk

Nih Hipwee kasih pilihan jawaban:

Advertisement
  • A. Nggak boleh bakar api unggun di atas mobil
  • B. Kendaraan tidak boleh terbakar api
  • C. Kendaraan nggak boleh melewati jalan yang sedang terbakar api
  • D. Jangan lewat jalan sini, nanti mobil Anda akan meledak

Menurutmu mana jawaban yang paling tepat? Hehehe yang paling tepat sebenarnya adalah “Dilarang membawa kendaraan bermuatan bahan mudah terbakar atau meledak” sih… contohnya bubuk mesiu (mercon dan kembang api) atau bahan-bahan kimia tertentu.

3. Kalau di Indonesia banyak rambu yang ditujukan untuk pengendara kendaraan bermotor, di negara lain ada rambu buat kendaraan yang bisa poop

Road-sign-horse

Semua nggak boleh ngebut ya, termasuk kudanya! via usa.bailitop.com

Di beberapa negara, masih banyak pengguna jalan yang mengendarai kuda meskipun sudah banyak kendaraan bermotor. Untuk itu agar jalanannya tertib dan semua pengguna merasa aman, dibuatlah rambu ini di mana semua kendaraan yang lewat harus pelan-pelan. Soalnya kuda kan emang beda sama kendaraan bermotor; mereka kadang suka nggak terkontrol jadi lebih baik semua pemakai jalan diharapkan berhati-hati.

4. Uniknya di Indonesia ada rambu yang menjunjung tinggi nilai-nilai tradisi.

5175718_20130419112445

Hayo kalo hari ini, hari apa di kalender jawa? via www.kaskus.co.id

Nggak boleh lewat jalan ini pada pukul 6 sampai 12 setiap hari Pahing. Kapan itu hari Pahing? Kamu harus mengerti soal kalender jawa dulu…

 5. “Selamat datang ke Kecelakaan.” duh rambu selamat datang yang satu ini ambigu banget.

Funny-Signs-Accident-23

Ganti dong nama daerahnya, bikin tumpeng selametan dulu kek via www.mirror.co.uk

Bukan, bukan mau nyumpahin kamu atau orang-orang yang baca rambu ini kok. Kebetulan rambu jalan ini berada di sebuah daerah bagian dari Maryland, Amerika Serikat yang namanya Accident alias Kecelakaan. Serem amat ya namanya…

6. Kadang, Dinas Perhubungan suatu daerah sadar kalau nggak semua pengendara itu pintar…

Funny-Signs-Bridge-44

ditulis tegas dan sesederhana mungkin biar pada paham via www.signspotting.com

“KALAU ANDA MENABRAK RAMBU INI, ARTINYA ANDA AKAN MENABRAK JEMBATAN ITU”

Kurang frontal apa lagi? Mungkin Dinas Perhubungan daerah ini sudah bosan sama kendaraan besar yang nggak memperhatikan rambu (baca: gak ngitung ketinggian kendaraannya) dan main asal lewat saja sehingga terjadi kecelakaan. Padahal sudah jelas jembatannya rendah.

7. Tegas dan jelas! Nggak jauh beda dengan rambu jalan yang tepancang di Wates, Yogyakarta ini.

5175718_20130419112317

Kalau sampai kecelakaan, rasanya kaya sudah jatuh tertimpa tangga pula via www.kaskus.co.id

Lebih blak-blakan dari rambu sebelumnya, di Wates, para pengguna jalan malah dilarang untuk mengalami kecelakaan! Total sekalian ya, Pak Polisi!

8. Makanya untuk menghindari salah paham, beberapa rambu memang dirancang agak realistis seperti rambut berikut.

Funny-Signs-Drunken-40

Gambarnya dibuat lebih realistis biar pada mudeng. via www.rd.com

“Hati-hati (banyak) orang mabuk yang menyebrang di sini”

Yang merancang rambu ini sangat realitis dan memperhatikan detil ya.

9. Di Maluku, rambu dengan tema serupa dibuat lebih gamblang… tapi nggak tahu deh orang mabuknya bakal ngerti atau enggak.

014_jangbawa

“INGA! INGA!” via www.kaskus.co.id

INGA INGA *Ting!

Kalau mabuk biasanya seseorang udah kehilangan kesadarannya. Jangankan buat baca dan paham arti rambu ini, berdiri tegak aja mereka susah. Yah semoga sebelum mabuk mereka sudah baca rambu ini duluan ya!

10. Sejumlah rambu memiliki arti yang lebih mengancam dari pada memperingatkan.

tZeyR

Seolah sedang menyaksikan gerakan lambat seseorang yang terlempar dari sepedanya via www.hipwee.com

Bukannya waspada, bisa saja kamu malah merasa iba sama sosok yang digambarkan di rambu tersebut. Kasihan banget jatuh dari sepeda sampai terjungkal begitu…

11. Ada juga rambu yang penggambarannya terlalu eksplisit dan bikin kamu ngilu membayangkannya 🙁

jurang

Bikin merinding aja, jadi urung mau lewat jalan ini via lifewithldub.blogspot.com

Huwaaa… ngeri juga ya membayangkan mobil terjun bebas dari tebing begini. Aduh mending putar balik deh nggak jadi lewat.

12. Beberapa rambu lain malah seolah sedang meramal… atau menyindir ya?

a98025_danny_11

Tega banget yang bikin! via www.express.co.uk›News›UK

Rambu yang ditujukan untuk memberi jalan kepada orang lanjut usia ini rupanya berdekatan dengan papan penunjuk arah ‘cemetery’ alias pemakaman. Jadinya ketika dilihat sekilas, rambu ini seolah menggiring para lansia ke pemakaman. Ada-ada saja…

13. Beberapa rambu yang lain dirasa terlalu tebang pilih…

5175718_20130419112202

“Hayooo, kamu pemabuk dan pecandu yaaa? Buktinya nggak parkir di sini…” via twitter.com

Hmm… Ada yang mau ngaku nggak ya? Terus, kalau nggak parkir di situ berarti pemabuk dan pecandu dong?

14. Kalau rambu yang satu ini mungkin dibuat oleh orang yang sering diserempet mobil…

Funny-Signs-Water-2

Mobilnya disuruh kelaut aje… via failblog.cheezburger.com

Siapa tahu lho ya! Habisnya mobil malah seolah disuruh “kelaut aje” gitu! Yah, mungkin dia lelah…

15. Jangan salah meskipun di hutan, kalau di Jerman buang hajat tetap tidak boleh sembarangan!

a98025_danny_2-toilet

Dilarang buat hajat sembarangan! via memebase.cheezburger.com

Wah kamu-kamu yang punya hobi ‘nongkrong’ dan ‘nyetor’ di alam terbuka jadi nggak bisa melakukannya lagi nih kalau sedang di Jerman.

16. Eits di Rokan Hulu, Riau juga ada rambu serupa ternyata! Jangan merugikan orang banyak dengan buang air di sungai ya!

4914413037_c3fa43b9ff_b

Yang punya jamban bagus dimanfaatkan dong! via www.skyscrapercity.com

Tuh, buat yang suka menyumbang “pisang mengambang” di sungai, kurang-kurangin deh… ada larangannya noh!

17. Di luar negeri memang banyak rambu yang memperingatkan kita tentang hewan. Kalau rambu dari Kanada ini artinya “Awas Diajak Joget Sama Rusa!” kali ya?

Tuesday+26+April+077

“Tarik maaang” asik juga sepertinya joget bareng rusa. via workwild.ca

Coba kamu perhatikan, gambar rambu ini malah lebih cenderung seolah menceritakan tetang kijang dan manusia yang sedang asyik berjoget bersama. Hehehe, meskipun arti sebenarnya adalah “Waspada serangan rusa liar” sih.

18. Rambu asal negeri kangguru ini bikin bingung… Maksudnya “Hati-hati Ada Sapi Pemakan Mobil” atau gimana sih?

awd_ss_signs_001_596x334

Kalau maksudnya nabrak, kok mobilnya yang nyungsep bukan sapinya? via www.travelchannel.com

Lha soalnya di gambar rambu ini, mobilnya nyungsep ke dalam kepala sapi sih, seolah sedang dimakan gitu. Kan wajar kalau kamu jadi heran maksud peringatannya apa.

19. Masih soal sapi, di Amerika ada rambu yang mengatur keselamatan hewan ternak seperti ini. Artinya apa… kamu tahu sendiri lah…

sapi

Dilarang menyalurkan nafsu terlarang! via www.rd.com

Tanpa perlu dijelaskan mungkin kamu sudah tahu sendiri maksud dari rambu ini. Hal seperti apa ya yang pernah terjadi di sana, sampai-sampai harus dipasang rambu begini.

20. Dan terakhir sebuah rambu dari Kanada yang bisa bikin hati kamu terenyuh saat melihatnya…

fallingrockswithcow-500x500

Duh kasian banget sapinya… via en.wikipedia.org

Coba tebak yang mana yang benar soal makna rambu ini:

  • A. Zona hewan kurban gratis.
  • B. Daerah rawan hujan hewan ternak.
  • C. Setiap kamu lewat sini bakal ada satu ekor sapi yang jatuh.
  • D. Waspada longsor dan hewan ternak yang jatuh.

Rambu di atas benar-benar ada lho! Fungsinya untuk memperingatkan resiko jatuhnya batuan dan juga hewan ternak ke jalanan, karena medan yang berupa pegunungan atau dataran tinggi. Di rambu tersebut kita bisa melihat sesosok sapi yang jatuh dan nasibnya… akh, Hipwee tidak tega untuk membahasnya 🙁

cowfal

Benar-benar ada lho. Jadi penasaran udah pernah kejadian berapa kali ya?

Itu dia tadi sejumlah kecil rambu-rambu lalu lintas kocak dan unik dari sejumlah belahan dunia termasuk beberapa di antaranya dari Indonesia. Ternyata alat pengatur isyarat lalu lintas yang sering kita abaikan bisa menghadirkan tawa juga.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan rambu-rambu perjalanan ketika kamu sedang berkendara. Selain untuk menjaga keselamatan selama perjalanan, siapa tahu kamu nemu yang aneh-aneh juga. Coba bagikan di kolom komentar, rambu lucu macam apa yang pernah kamu temui di jalanan! 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya