Belakangan ini, lagu dengan judul “Karena Su Sayang” mungkin sering sekali kamu dengarkan. Entah nggak sengaja mendengarkan di bus, warung makan, pusat perbelanjaan, bahkan karena kamu menonton sendiri cover-an lagu-lagunya di YouTube. Lagu ini memang bukan dibawakan oleh musisi yang sudah terkenal dan punya nama, melainkan dibawa oleh penyanyi dan rapper asal Maumere.

Beberapa artis seperti Via Vallen, Boys William, hingga Nagita Slavina, dan Rio Febrian bahkan sengaja meng-cover lagu ini. Cover yang dibawakan oleh Via Vallen juga sempat trending hingga bikin lagu ini makin viral dan terkenal banget. Nah, kamu perlu tahu nih apa sih yang bikin karya lokal ini sukses di mata nasional? Yuk, simak uraian Hipwee Hiburan berikut ini!

1. Lagu “Karena Su Sayang” punya melodi yang sederhana dan mudah diingat. Sekali dengar lagunya langsung bisa mendendangkannya~

Sosok Dian dan Near. via style.tribunnews.com

Advertisement

Di balik kesuksesan lagu ini, ada sosok Dian Sorowea dan Near yang berasal dari Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur. Bahkan diketahui, Dian dan Near baru saling mengenal dua hari sebelum rekaman berlangsung. Lagu ini sendiri diciptakan oleh Near dengan lirik yang mudah dipahami. Melodi yang dibuat juga enak banget didengerin, sederhana, namun mudah diingat. Maka jangan salah kalau baru sekali dengar lagunya, kamu langsung bisa menyanyikannya.

2. Lirik lagu dengan bahasa daerah Maumere yang khas, bikin orang semakin penasaran. Jadi makin tertarik dengar lagunya sampai habis

Dian Sorowea. via www.instagram.com

Kita patut salut dengan lagu ini karena berani mengangkat lagu yang diciptakan oleh putra daerah dan menggunakan bahasa daerah. Yang bikin keren, lagu ini berhasil jadi favorit orang-orang se-Indonesia. Sementara banyak musisi nasional yang pakai bahasa Inggris dalam karyanya, ada seorang musisi yang berani pakai bahasa daerah dan sukses memperkenalkannya.

Sebenarnya kalau mendengar lagu “Karena Su Sayang” ini, kamu akan dibuat penasaran dengan bahasa dan liriknya yang unik dan fresh. Beda dari yang lain. Hal ini membuktikan kalau dari mana pun kamu berasal, jika kamu berkarya dengan sungguh-sungguh, pasti bisa sukses kok.

3. Kemampuan vokal Dian Sorowea dan rap yang dibawakan oleh Near memang bagus. Nggak muluk-muluk dan bisa diterima semua kalangan

Advertisement

Vokal Dian Sorowea yang cocok dipadukan dengan rap Near memang jadi kekuatan tersendiri dari lagu ini. Kemampuan vokal mereka sudah nggak bisa diragukan lagi. Kalau pun ada kekurangan dalam mixing dan editing lagu, tentu ini disebabkan oleh keterbatasan karena mereka belum jadi musisi profesional yang diakui dalam skala nasional. Setelah suksesnya lagu ini, semoga mereka bikin lebih banyak lagi karya yang jauh lebih matang.

4. Diakui atau nggak, cover dari musisi-musisi terkenal semakin menambah tenar lagu ini. Jadi viral di media sosial!

Sebelumnya, mungkin jarang yang mengenal dengan baik lagu ini, bahkan ada yang sama sekali nggak tahu. Namun berkat cover yang dibawakan banyak musisi terkenal, lagu ini jadi punya daya tarik luar biasa. Lagu yang makin sering diputar tentu bikin orang semakin penasaran, “Lagu ini aslinya punya siapa sih?” Semakin banyak orang yang kepo, makin terkenal penyanyinya. Hingga artikel ini diterbitkan, lagu “Karena Su Sayang” yang diunggah di YouTube sudah ditonton lebih dari 27 juta kali lo. Masa sih kamu bukan salah satunya yang nonton? 🙂

Dari viralnya lagu ini, kamu bisa belajar nih kalau berkarya itu nggak harus kebarat-baratan. Dengan membuat karya yang ‘jujur’ dan kamu banget, suatu saat karya itu juga akan diakui kok jika kamu membuatnya dengan sungguh-sungguh. Nggak perlu orang Jawa, nggak perlu tinggal di Jakarta untuk menciptakan karya yang bisa terkenal. Yang penting terus berkarya dan berikan yang terbaik buat orang-orang di sekitar.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya