5 Pengakuan dari Cewek yang Biasa Merokok, Selalu Mendapat Citra Buruk Meski Ingin Berubah

cewek perokok

Cewek dan merokok adalah dua hal yang jadi tabu kalau disatukan. Meski mau dilakukan cowok atau pun cewek, merokok sama-sama berbahaya, tapi cewek paling banyak kena stigma kalau mengepulkan asap di tempat umum. Mulai dari dicap cewek nakal hingga cewek nggak bener, sebenarnya cowok dan cewek juga sama-sama ingin mengubah kebiasaan buruk ini kok. Coba kita dengar apa saja pengakuan dari cewek yang terlanjur terbiasa merokok berikut ini.

1. Rokok secara sederhana memang membawa dampak buruk bagi kesehatan. Tapi rokok nggak pernah tebang pilih buat menyerang cowok atau cewek

Masuk akal sih. via www.pexels.com

Advertisement

Kalau mau adil, rokok memang nggak pantas buat cewek. Begitu pun buat cowok. Dari sisi kesehatan, rokok emang nggak ada kebaikannya deh. Jadi mau cewek atau pun cowok, sebaiknya nggak coba-coba mengisap barang satu ini deh. Takut kebiasaan dan nggak bisa berhenti.

2. Cewek perokok dan cowok perokok secara objektif sebenarnya sama. Tapi banyak yang terlanjur mengira rokok itu identik dengan aktivitas cowok

Padahal di bungkus rokok nggak ada tulisan khusus pria. via www.pexels.com

Sebagai barang yang diidentikkan dengan cowok, rokok sebenarnya bukan hal aneh bagi cowok. Seolah maklum kalau di tempat umum ada cowok yang merokok. Sebaliknya stigma justru melekat ke cewek yang kelihatan mengepulkan asap. Dianggap gampangan dan nakal. Sampai muncul pelabelan kalau cewek merokok sudah pasti cewek nggak bener.

3. Ada perasaan malu dan keengganan untuk merokok di tempat umum. Namun ada juga rasa nggak terima dan keinginan mendobrak ketidakadilan

Kesel awalnya, lalu mencoba bersikap nggak peduli. via www.pexels.com

Anggapan buruk dalam masyarakat tentang cewek perokok tentu membuat mereka kadang malu dan merasa nggak enakan. Tapi tentu ada sepercik kekesalan dan rasa iri sama cowok. Sementara cowok bebas merokok tanpa takut dicap ini itu, cewek harus pikir panjang.

Advertisement

4. Sama seperti perokok lain, cewek yang merokok punya banyak cerita mengapa dia jadi terbiasa. Nggak melulu karena ingin kelihatan keren dan sangar, nggak sama sekali!

Kadang aku butuh cafein di rokok biar bisa kerja cepet. via www.pexels.com

Banyak cewek yang terbiasa merokok karena lingkungan keluarga dan pertemanannya memang akrab dengan rokok. Ada pula yang berawal dari coba-coba, penasaran, nyaman, sampai ketagihan. Kita nggak bisa menyamaratakan motif mereka merokok demi kelihatan keren dan sangar. Mungkin saja mereka punya berbagai alasan dan latar belakang yang sulit kita pahami.

5. Keinginan untuk berhenti tentu ada. Tapi itu kembali lagi pada kebiasaan masing-masing, apakah efek kecanduannya bisa benar-benar hilang?

Dari ejekan teman sampai kecanduan jadi problem buat berhenti merokok. via www.pexels.com

Rasanya, penjahat sekalipun punya bisikkan nurani untuk ingin berubah. Seperti perokok yang sebenarnya ingin terhindar dari bahaya buruk akibat rokok dan berhenti merokok sama sekali. Namun adanya sifat kecanduan, hingga pengambilan keputusan soal berhenti merokok tentu kembali kepada pribadi masing-masing. Intinya, jangan lupa berusaha buat berhenti, yah!

Mau cowok atau pun cewek yang merokok, kita sepakat bahwa itu nggak baik untuk kesehatan. Urusan stigma yang melekat di masyarakat tentu tergantung bagaimana kamu menyikapinya. Jika bisa bersikap netral tentu kamu akan terbiasa, sebaliknya jika kamu merasa itu kurang pantas tentu kamu memiliki alasan-alasan tertentu sehingga menilainya demikian. Tapi tentu kita sepakat melabeli cewek yang perokok sebagai individu yang mutlak tercela itu nggak perlu sih.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Sonyaruri---

CLOSE