Seiring perkembangan informasi dan teknologi yang semakin pesat, dunia fashion juga turut melakukan berbagai inovasi demi memenuhi kebutuhan konsumen akan tren dan fashion modern. Fashion saat ini memang telah menjadi bagian dari gaya hidup manusia. Para fashion designer harus terus memutar otak untuk menciptakan tren unik yang lain daripada yang lain. Tak jarang jika terkadang ide-ide mereka dalam menciptakan produk-produk fesyen mampu membuat kita sebagai orang awam gagal paham. Terlebih jika produk tersebut dijual dengan harga yang mencekik, padahal kalau dilihat sih desainnya biasa saja.

Beberapa waktu lalu publik dihebohkan dengan kemunculan tas seharga puluhan juta milik sebuah fashion brand internasional, Balenciaga. Memang sih bukan pertama kalinya brand tersebut mengeluarkan produk dengan harga fantastis. Yang menjadi sorotan disini bukan hanya harganya saja tetapi juga bentuknya! Publik sukses dibuat heran karena model produk tas branded tersebut justru mirip sekali dengan tas belanja IKEA, sebuah ritel produk rumah tangga dari Swedia yang terkenal hingga di Indonesia. Padahal tas belanja IKEA tersebut hanya dibandrol puluhan ribu saja lho! Tapi tas buatan Balenciaga malah dihargai puluhan juta.

Advertisement

Meski banyak orang yang mengaku bangga jika mampu memakai barang dengan harga jutaan, tapi tak ada salahnya lho mencoba membuatnya sendiri dengan bahan yang lebih terjangkau, karena beberapa produk fashion yang terinspirasi dari benda-benda murah sehari-hari ini ternyata bisa banget dibuat dengan bahan-bahan terjangkau dan tentunya jauh lebih murah. Hitung-hitung berhemat kan?

1. Fashion brand dari Amerika Serikat mengeluarkan clutch yang sekilas mirip keset yang biasa ada di depan rumah

Mirip keset via www.upstation.id

Nomad Tribe Shop adalah sebuah brand asal Negeri Paman Sam. Beberapa waktu lalu mereka mengeluarkan produk tas jenis clutch yang sekilas mirip dengan keset yang biasa dipasang di depan rumah atau kamar mandi! Sepertinya mereka tertarik dengan motif warna-warni dari keset tersebut ya. Nah harga tas ini juga bisa dibilang mahal lho. Kamu harus merogoh kocek 2,5 juta rupiah untuk bisa mendapatkannya. Harga tersebut belum termasuk pajak dan ongkos kirim! Tapi jangan berkecil hati dulu. Kalau kamu minat, kamu bisa lho membuatnya sendiri. Tinggal beli keset serupa dan dibawa ke tukang jahit, hasilnya nggak akan jauh berbeda kok.

2. Lagi-lagi Balenciaga membuat tas yang bikin kita nggak asing kalau melihatnya, mirip apa menurutmu?

ke Pasar Bu? via gayahidup.republika.co.id

Sebagai salah satu fashion brand ternama favorit para artis, tentu produk-produk keluaran Balenciaga akan mencuri perhatian. Belum lama ini mereka mengeluarkan koleksi musim panasnya berupa tas besar motif garis-garis dengan warna mencolok. Buat kamu yang sering pergi ke pasar tradisional, mungkin nggak asing lagi dengan motif serupa karena tas tersebut mirip sekali dengan tas belanja yang biasa digunakan ibu-ibu belanja ke pasar! Yang lebih mencengangkan lagi, harga tas tersebut dibanderol US$ 2,340 atau sekitar 31 juta rupiah! Padahal kalau beli di Indonesia harganya cuma belasan ribu. Tapi sepertinya kalian perlu pikir-pikir ulang deh kalau ingin mengganti tas mahal itu dengan membeli tas belanja ibu-ibu. Jangan sampai kamu dipandang aneh oleh orang-orang yang nggak tahu bahwa tas itu mirip tas Balenciaga seharga jutaan rupiah 🙂

3. Sepertinya Balenciaga memang punya hobi membuat gebrakan baru yang terinspirasi dari barang-barang murah di Asia deh

Persis tas wadah bed cover via www.shemazing.net

Advertisement

Masih produk tas, kalau yang ini mirip sekali dengan tas plastik wadah bed cover atau selimut tebal yang sering kita jumpai di pusat perbelanjaan! Tak hanya motifnya yang mirip, ukurannya pun juga dibuat sama lho, semakin membuat wanita yang membawa tas ini seolah-olah habis belanja bed cover ya? Kalau kalian minat sih mungkin bisa membeli bed cover atau selimut yang punya wadah plastik bunga-bunga. Isinya dikasih ke orang lain, wadahnya kalian pakai deh..

4. Small Flap Bag keluaran Chanel ini aneh bin ajaib karena mirip kemasan mika wadah makanan di supermarket!

Wadah mika tapi isinya tas Chanel via hype.idntimes.com

Jika kamu adalah Chanel addict, mungkin produk yang satu ini bisa kamu tiru dengan memodifikasi kemasan mika yang biasa digunakan sebagai wadah makanan. Tentu kamu sering sekali melihat wadah yang satu ini terutama di supermarket atau di toko-toko plastik. Tinggal sesuaikan saja ukurannya dengan tas Chanel minimu dan kamu nggak perlu deh mengeluarkan budget jutaan jika mau produk Chanel satu ini.

5. Tas 64 juta ini bisa dibuat dari karton susu bekas, tinggal dimodifikasi di beberapa bagian saja Guys!

Berbentuk karton susu via hype.idntimes.com

Mungkin kalian harus sedikit bekerja lebih keras untuk bisa membuat sebuah kotak susu menjadi tas mirip buatan Chanel ini. Tapi yang jelas kamu nggak perlu mengeluarkan US$ 4,800 atau setara dengan 64 juta rupiah hanya untuk bergaya menggunakan tas kotak susu ini! Tinggal cat saja menggunakan warna silver mengkilap ditambah ornamen berkilau yang membentuk tulisan ‘Lait de Coco’. Jangan lupa ditambahkan tali berbentuk rantai juga 🙂

Gimana nih? Tertarik untuk membuat barang serupa dengan tangan sendiri?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya