Menjadi seorang tuna asmara (baca: jomblo) di hari valentine memang terdengar sedikit menyedihkan. Saat pasangan lain sibuk bersenang-senang, status single membuatmu harus nyaman melewatkan malam sendirian.

Hatimu mungkin akan sedikit ‘panas’ melihat postingan gambar-gambar di media sosial saat mereka yang punya pacar merayakan hari kasih sayang. Tapi ternyata kalau mau sedikit menelaah lebih jauh, ternyata menjadi single di hari valentine itu ada banyak untungnya loh. Mau tahu apa aja? Cek tulisan Hipwee yang satu ini ya!

1. Menjadi Single Itu Minim Beban Pikiran: Tak Ada Agenda Berdebat Dengan Pasangan Mengenai Rencana Berkencan Di Momen Hari Kasih Sayang

single = bebas stres via www.sdsuphc.com

Meskipun terlihat romantis dan bikin hati para jomblowan dan jomblowati sedikit miris, tapi percayalah untuk merayakan hari valentine dibutuhkan usaha yang tak sederhana. Mulai dari memikirkan kado apa yang akan diberi, menentukan ke mana akan pergi, sampai dengan mencocokkan keinginan dengan pasangan semua itu butuh usaha maksimal. Belum lagi kalau kamu harus mencocokkan rencana dengan selera pasangan yang mana terkadang proses mencocokkan tersebu jutru berakhir dengan perdebatan. Nah kalau sudah kayak gini, bukankah menjadi single terdengar lebih menyenangkan? Bebas stress!

Stress free via taylorswift.com

Advertisement

No Pacar, No stress!

2. Ketika Pasangan Lain Sibuk Menyiapkan Waktu Untuk Menghabiskan Malam, Kamu Bisa Bebas Melakukan Apapun Tanpa Gangguan

Asiik nobar sama jomblo yang lain via justyupyupentertain.blogspot.com

Aliando: Cuy tanggal 14 nobar yuk, MU main loh. Bareng anak-anak juga!

Julio: Hah? Eh iya lupa gue, MU main ya?

Aliando: Ah payah lo. Kok lupa? Yaudah ikutan ya ntar gue jemput di kost.

Julio: Err, tapi gue ada janji nih. Kan besok tanggal 14 mau valentine. Cewek gue udah pesan tempat gitu, kalau dibatalin takut marah.

Aliando: malang nasib lo coy (ngomong dalam hati)

Salah satu keuntungan mereka yang berstatus single adalah kebebasan mengalokasikan waktu untuk segala hal yang ingin dilakukan. Mau main futsal sampai malam, keluyuran gak jelas bareng teman, window shopping di mall seharian, dan lain sebagainya bisa kamu tuntaskan tanpa perlu merasa ada beban. Kebebasan seperti ini tentunya juga berlaku saat valentine datang di mana kamu tak memiliki kewajiban untuk pergi bersama pacar. Ya ketika pasangan lainnya akan disibukkan dengan rutinitas perayaan hari kasih sayang kamu justru punya waktu lebih untuk melakukan segala hal yang benar-benar kamu suka.

Kalau single, ngapain sendirian aja bebas via www.crushable.com

3.  Jadi Single Pas Valentine Datang Membuatmu Terbebas Dari Pengeluaran Ekstra Yang Sebenarnya Gak Perlu-Perlu Banget

Mungkin beli kado untuk ditukar pas hari valentine atau sekedar keluar makan malam gak akan bikin tabungan kamu kering mendadak. Tapi tetap saja ritual seperti ini mewajibkan kamu untuk memposkan uang lebih. Aksi penghematan mungkin harus kamu lakukan supaya nantinya setelah perayaan valentine lewat kamu tak perlu kerepotan meminjam uang demi menutupi pengeluaran di luar rencana tersebut.

Hal berbeda tentu akan dialami oleh kamu yang berstatus jomblo dihari valentine nanti. Gak ada tuh acara pusing mikirin mau kasih hadiah apa, makan di mana, dan bayar pakai uang siapa nantinya. Ya kayak tadi Hipwee sudah bilang di poin satu, kalau yang namanya single itu minim stres.

Yes ada duit extra via www.teen.com

Yess! Bisa beli tas baru bulan depan. Tapi pergi sama siapa ya?

4. Aksi Flirting Sana-Sini Pun Halal Kamu Lakukan. Ini Saatnya Kamu Hunting Gebetan dan Siapa Tahu Kalau Beruntung Sekalian Dapat Pacar.

flirting sama siapa saja via live.huffingtonpost.com

Jadi single saat valentine bukanlah dosa besar yang harus disembunyikan. Justru dengan status tersebut, kamu jadi punya kesempatan untuk menebarkan jala cinta kemana saja. Aksi pendekatan bisa kamu lakukan pada target yang kamu rasa tepat. Hal kayak gitu tentu tak bisa kamu lakukan kalau statusmu sudah di-taken oleh seseorang alias udah punya pacar. Menyandang status single sebetulnya memberimu kesempatan berkelana ke mana saja. Enak kan?

Flirting sana-sini via www.tumblr.com

Soundtrack di hari valentine:

Ngelaba, ayo kita Ngelaba~

5. Pergi Bersama Keluarga Atau Sahabat Bisa Juga Jadi Hal Yang Menyenangkan, Lagian Rasa Kasih Sayang Bukan Buat Pacar Atau Gebetan Doang. Ya, gak?

hangout bersama teman via iameuniceclarissa.blogspot.com

Rasanya wajar kalau kamu ingin membagi cinta dengan orang spesial di hari kasih sayang nanti. Tapi kalau memang orang atau waktunya belum pas, kamu tidak perlu harus memaksa kan?

Nah bagi yang belum punya pasangan saat valentine nanti, gak perlu stres mikirin bakal merayakan hari tersebut dengan siapa. Ingat, masih banyak orang di sekelilingmu yang bisa kamu ajak untuk berbagai cinta. Misalnya saja dengan mengajak ayah atau ibumu keluar makan di saat tanggal 14 Februari datang. Coba diingat lagi, kapan terakhir kali kamu makan bareng keluarga di luar? Selain keluar dengan keluarga, pergi bersama teman atau sahabat lama yang mungkin pernah terlupakan bisa jadi pilihan membahagiakan. Tapi, pastikan dia juga menjomblo ya… hihihihi.

We are BFF & ever & ever &ever & ever

6. Kesendirian Membuatmu Mengerti Kalau Esensi Hari Kasih Sayang Bukan Soal Dengan Siapa Kamu Merayakan Tapi Bagaimana Kamu Memaknainya

valentine lebih bermakna via www.huffingtonpost.com

Ya, meskipun terdengar klise tapi pada kenyataannya valentine tidak selalu soal dengan siapa kamu merayakannya namun lebih jauh lagi bagaimana kamu memaknainya. Mungkin kamu tidak melewatkan hari tersebut bersama seseorang yang kamu anggap akan menggenapi hidupmu kelak, namun setidaknya kamu bisa membagi hari tersebut dengan orang lain yang sama pentingnya dengan seorang kekasih. Melwatkan hari kasih sayang bersama keluarga atau teman jelas tidak akan membuat larut dalam romantisme, namun justru hal tersebutlah yang membuat bisa jadi lebih sadar kalau ternyata masih banyak orang yang menyayangimu dengan tulus.

Menyandang status single di hari valentine bukanlah dosa besar yang harus disembunyikan atau diratapi. Baik dengan atau tanpa kekasih, kamu tetap bisa melewati hari tersebut dengan penuh makna.