Mulai dari awal puasa sampai menjelang lebaran, toko baju, mal dan pasar biasanya lebih ramai daripada hari-hari biasa. Maklum, semua orang ingin belanja. Selain identik dengan saling memaafkan, dan suguhan berupa kue nastar, lebaran juga jadi momen beli baju baru bersama-sama keluarga.

Tampil hits saat berkumpul dengan keluarga dan teman-teman pastinya menjadi impian. Karena itu, memilih baju yang modelnya uptodate jelas menjadi keinginan semua orang. Nah, biar belanja bajumu jadi lancar dan kamu bisa tampil elegan saat lebaran, coba deh tips-tips belanja yang nggak biasa ini.

Advertisement

P.S. Jangan serius-serius ah. Kalau nggak bisa diterapin, ya dikatawain saja. Hehehe

1.  Kalau ikut mode, pasti bakal saingan. Cobalah berimprovisasi. Bila orang pada pakai kaftan, kamu pakai… seragam

Modifikasi biar anti-mainstream

Modifikasi biar anti-mainstream via www.youtube.com

Sama seperti fashion pada umumnya, model baju lebaran juga selalu mengikuti perkembangan zaman. Saat kaftan sedang menjadi primadona, semua orang pasti ingin pakai kaftan. Karena itu, kemungkinan besar kaftan akan barang yang paling dicari. Untuk menghindari persaingan, lebih baik kamu mulai membiasakan diri untuk anti-mainstream. Kalau orang-orang pakai kaftan, kamu bisa pakai seragam sekolah yang dimodifikasi. Selain jadi nggak rebutan, sekalian kamu tampil beda deh. Siapa tahu jadi trendsetter~

2.  Mau belanja sambil santai, nggak rebutan, nggak capek, dan bisa disambi boboan? Ya belanja online aja~

pilih pilih pilih~

pilih pilih pilih~ via www.zimbio.com

Salah satu keuntungan dari era digital adalah semakin dimudahkannya semua aktivitas harianmu. Kalau dulu kamu harus ke toko baju atau ke mal-mal besar untuk beli baju, sekarang kamu bisa belanja dari rumah. Tinggal buka toko online yang paling kamu percaya. Terus pilih deh model baju lebaran yang paling kamu suka. Tinggal klik-klik, bajunya diantas sampai rumah. Nggak perlu keluar dan berpanas-panasan di jalan, apalagi rebutan dengan orang-orang lainnya. Berasa orang VIP nggak sih belanja online itu?

3.  Berangkat pagi-pagi, habis sahur sekalian kalau bisa. Biar nggak perlu ngantri, dan jadi yang paling pertama.

Berangkat pagi, kereta masih kosong.

Berangkat pagi, kereta masih kosong. via kawaiibeautyjapan.com

Advertisement

Tapi nggak semua orang percaya belanja online. Ada yang kapok karena barang yang datang tidak sesuai dengan deskripsi. Kalau sudah begini, belanja konvensional adalah satu-satunya pilihan. Kembalilah pada ajaran filosofi hidup dari orang tuamu dulu, siapa cepat dia dapat. Jadi kamu harus berani mengambil langkah awal lebih dulu. Karena semakin siang toko dan mal semakin ramai pengunjung, usahakan untuk datang pagi-pagi. Biar kamu jadi pelanggan pertama dan lebih leluasa memilih baju yang kamu suka.

4. Sebelum kamu belanja, ada baiknya kamu riset dulu. Cari tahu baju apa yang kamu mau, berapa harganya, dan di mana tempatnya. Biar pas hari-H kamu bisa langsung ke sana

Riset dulu~

Riset dulu~ via www.popsugar.com.au

Sama seperti menulis skripsi, kalau mau cepat dan aman, belanja juga memerlukan riset yang nggak mudah. Tanpa riset, kamu hanya akan kebingungan saat dihadapkan dengan setumpuk model baju yang dipajang. Pengin beli yang merah, tapi yang kuning juga lucu, apalagi yang hijau. Akibat bimbang yang berlarut-larut memilih pakaian, bisa-bisa bajumu malah diambil orang. Karena itu, sebelum berangkat, kamu harus sudah tahu baju apa yang kamu beli dan kira-kira di mana letaknya. Dengan begitu, kamu akan menghemat waktu!

5. Biar nggak perlu rebutan sama orang lain, kamu beli bahannya saja. Lalu jahit sendiri deh sesuai model yang kamu suka.

Beli kainnya aja

Beli kainnya aja via usemayjourney.wordpress.com

Agar kamu bisa mendapatkan baju yang kamu mau, daya kreatifmu juga harus dimanfaatkan dengan maksimal. Kalau belanja baju di mal atau di pasar sudah membuatmu malas sebelum berangkat (karena pasti ramai parah), kamu bisa membeli kain atau bahannnya saja. Selanjutnya kamu bisa membawaya ke penjahit atau menjahitnya sendiri sesuai dengan model yang kamu mau. Dengan begitu, kamu nggak perlu rebutan, tapi bisa mendapatkan baju yang sama modelnya.

6. Semuanya akan lebih mudah kalau kamu punya kenalan distributor pakaian atau pengusaha konveksi. Jadi kamu bisa belanja lewat jalur belakang

Cari kenalan pemilik toko

Cari kenalan pemilik toko via www.zimbio.com

Cara terakhir yang memudahkan rencana belanjamu adalah cari kenalan orang distributor pakaian atau pengusaha konveksi. Selain kamu bisa sekalian berbisnis dengannya, kamu juga akan mendapatkan update terbaru tentang tren baju yang akan booming saat lebaran ini. Kamu juga bisa belanja lewat jalur belakang, tinggal modal ngobrol saja sebagai teman. Gampang kan?

Meski biasanya toko baju akan lebih ramai disbanding biasanya saat menjelang lebaran, tapi lebaran nggak selalu harus ada baju baru kok. Kamu ingat kan lagu kebanggaan Dea Ananda di zaman kamu masih anak-anak dulu?

Baju baru Alhamdulillah

Tuk dipakai di hari raya

Tak punya pun tak apa-apa

Masih ada baju yang lama

Jadi jangan sedih meski nggak beli baju lebaran ini. Baju boleh pakai yang lama, tapi lembar catatan dosa harus baru dong ya~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya