Tren gaya rambut setiap tahunnya selalu memberikan nuansa baru buat cewek. Kamu yang udah nggak betah atau bosan dengan model rambut yang itu-itu saja tentu mau mencobanya supaya penampilan sedikit berbeda. Entah rambutmu dipotong, dicatok, maupun diwarnai, sukses bikin galau saat menentukan pilihan.

Nah kamu yang akhirnya memilih rambut berpotongan pendek pun punya alasan. Yah hal-hal seperti nggak gerah, mudah diatur, dan nggak makan waktu saat lagi terburu-buru ini buat kamu menjatuhkan pilihan pada rambut pendek.

Tapi tentu saja jadi cewek berambut pendek punya berbagai suka-duka dalam hidup. Apalagi ketika harus menghadapi citra kelaziman seorang wanita untuk berambut panjang dan tergerai indah. Cek saja iklan sampo yang tersiar di layar kaca, hampir semuanya menampilkan sosok wanita dengan rambut hitam panjang yang indah. Nah, jadi apa saja nih yang dirasakan oleh mereka, wanita yang memilih untuk memelihara rambut pendek? Daripada penasaran langsung saja yuk simak.

1. Dikira cowok dari belakang, apalagi kalau dandanan juga mendukung -____-

duh udah kebal banget deh ~ via engagingaudra.tumblr.com

“Haifa!!!!” 

“Eh lo manggil siapa barusan?” 

“Itu si Haifa di depan. Kenapa emang?” 

“Lha itu bukannya Teddy? Salah kali lo.”

Advertisement

Bukan sengaja mencari perhatian, namun kegemaranmu memakai celana dan kaos seringkali diperhatikan oleh sekitar. Hal itu terjadi lantaran potongan rambutmu pendek (pixie) yang mirip cowok. Makanya, mereka yang melihatmu tentu memerhatikan sambil penasaran: “Itu orang cewek atau cowok ya? Kalau cewek tapi kok mirip cowok, mau dibilang cowok tapi kok senyumnya manis kayak cewek?”. Hehehe. Nggak heran deh kalau ternyata kerabatmu yang udah kenal lama pun suka salah panggil. ;p

2. Jarang ada cowok yang mendekati karena dianggap nggak feminin. Jadinya cuma temenan doang, duh Hayati lelah ~

jarang ada yang deketin ;( via www.bforbel.com

“Gue suka cewek rambut panjang soalnya kelihatan feminin. Kalau rambut pendek kan hampir sama kayak cowok, masa iya nanti serumah dengan lawan jenis yang potongannya hampir sama? Kan bosen,” – Andi, 25 tahun

Pada umumnya cowok memang suka dengan cewek berambut panjang. Mau potongannya model apapun, mereka akan tetap suka asalkan berambut panjang. Hal ini berbeda sama cewek berambut pendek nih. Mau potongan model bob, pixie, maupun shaggy, jarang ada cowok yang meliriknya deh.

Sekalipun ada yang dekat, eh hanya sebagai teman nongkrong biasa saja, nggak lebih. Karena bagi cowok, cewek berambut panjang itu terlihat lebih anggun, feminin, dan elegan. Sedangkan yang rambut pendek, meski potongannya bergaya girly kayak bob, umumnya belum mampu menyamai kesan cewek rambut panjang.

3. Kadang ingin tampil elegan pas kondangan. Apa daya rambut cuma bisa dijepit saja ~

atau mungkin pakai bando <3 via hairstyle-designs.com

Sebagai seorang cewek, tentu kamu ingin berpenampilan terbaik di manapun berada. Nah biasanya nih cewek pasti ribet banget buat dandannya, kayak pas acara kondangan atau wisudaan. Hati nuranimu pun tergugah untuk merasakan euforia keribetan khas cewek menjelang acara yang katanya dianggap sakral . Sayangnya kamu cuma bisa menyisirnya saja sesuai gaya rambutmu dan ditambahkan jepitan sebagai pemanis. Bahkan menyisirnya pun memakai jari, saking nggak ribetnya ~

4. Tapi kamu akan merasakan asyiknya nggak ribet ketika akan beraktivitas. Waktumu jadi makin efisien, hore!

tinggal sisir pakai jari saja kok <3 via www.pinterest.com

Meski ada nggak enaknya, punya rambut pendek bikin hidupmu makin berkualitas. Kamu jadi bisa memanfaatkan waktu dandan yang dipakai cewek-cewek berambut panjang untuk melakukan hal lainnya. Orang-orang di sekitarmu pun jadi senang karena itu berarti kamu sering tepat waktu kalau janjian. Yah walau mereka agak bete juga karena penampilanmu itu yang kayak abang-abang atau mas-mas. Huft!

5. Bye-bye kunciran ~ Kamu nggak bakal repot kalau lagi kegerahan lho, apalagi kesehatan rambut juga terjaga karena nggak perlu menguncir rambut

nggak perlu nguncir rambut <3 via hairstylesweekly.com

Kebaikan lainnya yang kamu rasakan sebagai cewek berambut pendek yaitu kesehatan rambut lebih terjaga. Yup! Jujur saja karena kamu jadi jarang menguncir rambut dan lebih mudah melakukan perawatannya. Benar nggak? <3

6. Ada rasa bangga karena beberapa tahun ini rambut pendek identik dengan cewek cerdas. Kamu jadi lebih pede!

kamu makin cerdas! via www.popsugar.co.uk

“Cuy! Potong rambut nih?”

“Yoiii. Gimana menurut lo? Kelihatan makin pinter nggak gue?”

“Hahah iya. Tapi hati-hati ntar cowok jadi mikir dua kali buat deketin, keburu minder sama tampilan lo.”

Nah ini yang menjadi alasan cewek-cewek zaman sekarang banyak yang berpotongan pendek! Citra cewek cerdas saat ini memang melekat banget sama cewek berambut pendek. Apalagi kalau ceweknya pakai kacamata, wah makin-makin keren deh! Tanpa disadari hal ini bikin kamu jadi tambah percaya diri (pede) dalam melakukan apapun. Kamu yang tadinya malu-malu jadi lebih berani dan gesit beraktivitas.

Tapi para cowok bisa saja sih malah minder mau deketin kamu karena saking terlihat cerdasnya. Namun jangan salah, hanya cowok-cowok yang berkualitas dan memang layak yang bisa deketin serta mengambil hatimu. Ihiy!

Yah namanya juga sebuah pilihan, wajar saja ada suka dan dukanya. Memang bete sih suka dipanggil abang atau mas, tapi ya mau gimana lagi? Toh di balik hal itu ada manfaat yang kamu dapat sebagai cewek berambut pendek! ;D