“Cieee, ulang tahun. Selamat ya! Bisa ulang tahun juga nih?”

Ketika datang momen ulang tahunmu, tentunya ada rasa bahagia yang tersimpan dalam dada. Bahagia karena mengetahui bahwa hari ini adalah hari kamu dilahirkan. Bahagia pula karena kamu bersyukur masih diberi kesempatan untuk menjalani hari. Untuk bangun siang, makan enak, dan karaoke satu tahun lagi.

Tapi gak cuma rasa syukur aja yang terlintas di pikiranmu. Ada juga rasa ingin berbagi kebahagiaan, sampai bahkan perasaan waswas. Semua ini karena hal-hal unik yang pasti kita lalui kalau lagi ulang tahun! Apa aja hal-hal unik ini? Mari kita investigasi…

1. Mungkin kamu akan mengundang anak yatim (yang bahkan nggak kamu kenal) ke pesta. Niatnya, berbagi bahagia dengan sesama

Berbagi bersama anak yatim via www.muthijayaindonesia.web.id

Jika di luar negeri, jarang ditemukan acara ulang tahun yang sampai mengundang anak-anak panti asuhan untuk datang ke rumahmu dan bersenang-senang bersama. Tapi di Indonesia, hal tersebut cukup sering kita temui. Baguslah ya. Itu tandanya masyarakat Indonesia punya rasa kemanusiaan yang tinggi untuk selalu berbagi, utamanya berbagi dalam kebahagiaan.

2. Ulang tahun dilemparin pake telur sama tepung, cuma ada di Indonesia. Ini sih bikin waswas sekaligus repot nyucinya!

Advertisement

Siapa sih yang seneng kalau dilempar pakai telur? Telur kan amis ya baunya. Apalagi jika ditambah dengan guyuran tepung terigu yang semakin bikin badanmu lengket gak karuan. Tapi hal itu sering kamu temui kan dalam urusan ulang tahun di Indonesia. Teman-temanmu akan bahu membahu membeli telur dan tepung terigu, bergerilya dibelakangmu, dan begitu dekat mereka akan menghujanimu dengan telur ditambah siraman tepung terigu. Apa yang bisa kamu lakukan kalau sudah seperti itu? Kamu hanya bisa pasrah sembari mencari kesempatan untuk turut mengotori teman-temanmu. Meski tubuhmu jadi kotor gak karuan, kamu dijamin bakal bahagia karena tau teman-temanmu masih peduli pada hari lahirmu.

3. Dicemplungin ke kolam? Ah, itu mah umum. Kan dari kecil sering banget mandi di kali…

Kalau kamu pernah kicemplungin ke kolam sama temen-temenmu pas kamu ulang tahun, itu tandanya temenmu adalah orang-orang yang punya niatan kuat untuk ngerjain kamu. Bayangin aja, mereka sampek kompak buat nangkep kamu. Terus ngangkat kamu sampek ke pinggir kolam. Dan 1, 2, 3 …. Byur!! Kamu pun dilempar ke kolam. Namanya diceburin ke kolam pasti basah dan berpotensi bikin masuk angin, kan. Tapi kamu akan tetap tersenyum dan bahkan ketawa riang. Hehe

Tapi ingat ya, jangan sampek kamu melakukan ini sama temenmu yang gak bisa renang. Bahaya!

4. Ini nih yang unik. Yang ulang tahun kan kudunya paling bahagia, tapi gimana mau bahagia kalau dirampok sama temen yang minta traktir? Hehe…

Yang belakang sendiri pusing mikirin bayarannya

Salah satu hal yang mungkin membingungkan adalah ketika kamu ulang tahun, maka kamu harus rela ditodong untuk nraktir temen-temenmu. Ini lucu, harusnya kan yang ulang tahun dikasi kado, kan ya. Paling nggak, yang ulang tahun ini harusnya jadi orang yang paling seneng pada hari itu. Tapi gimana mau seneng kalo kamu dirampok sama temen-temenmu. Haha

5. Muka dicoretin krim kue? Kamu pasti pernah ngerasain di ulang tahunmu!

Mukakuuu!!!! via adiozh.com

Bisa jadi cuman dicoreti, atau bisa juga mukamu langsung dilempari kuenya oleh teman-temanmu. Yang mana yang kamu alami tak jadi masalah, yang jadi masalah adalah mukamu akan belepotan jadi bahan ketawa oleh teman-temanmu. Makin miris lagi kalau hari itu kamu udah dandan cakep tapi malah dikerjain temanmu. Tapi ya, namanya teman emang gitu. Meski dikerjain hingga kamu gak kenal lagi sama wajahmu, kamu tetap akan ketawa karena bahagia.

6. Diceprotin pake air kencing? Ini sih kebangetan

Baunya pesing banget!! via www.dekamulyana.com

Yang ini jangan ditiru, ya. Banyak anak-anak yang mungkin atas dasar iseng dan pingin seneng-senengan aja memilih untuk ngerjain temennya yang ulang tahun dengan menyiramnya pakai air kencing. Apa ya gak mikir kalau air kencing itu baunya pesing? Lagian kasihan temenmu. Meski dia ketawa-ketawa aja waktu dikerjain, tapi yakin deh dalam hati nyesek banget. Jadi jangan diulangi lagi ya yang satu ini.

Nah, itu tadi beberapa cara anak-anak Indonesia merayakan ulang tahun. Ada yang menyenangkan, ada yang bikin geli, ada juga yang kebangetan dan gak boleh sebenarnya dilakukan. Ulang tahun adalah momen sekali dalam satu tahun dimana seseorang seharusnya merasa paling bahagia. Jadi mau waswas, jijik, atau khawatir bakal bokek, semoga aja kamu tetap bahagia (dan bersedia membaginya!)