6 Tipe Orang ini Chat-nya Layak Untuk Nggak Kamu Balas. Daripada Menguras Emosi~

Di zaman serba digital, komunikasi lewat pesan singkat udah lazim digunakan untuk interaksi sehari-hari. Fungsinya krusial karena sering dipakai untuk keperluan pendidikan, pekerjaan, atau sekadar menanyakan kabar.

Advertisement

Namun nggak bisa dimungkiri, nggak setiap saat kita rasanya pengen membalas deretan pesan yang masuk. Apalagi kalau udah menyangkut topik atau permasalahan yang sering membebani pikiran. Tenang, sebenarnya kamu nggak harus membalas semua pesan masuk kok. Apalagi kalau yang ngechat adalah tipikal orang-orang di bawah ini.

1. Temen lama yang mendadak akrab setelah kamu sukses. Biasanya ada maunya nih

Tiba-tiba sok akrab

Tiba-tiba sok akrab | Credit by Twitter

Teman jenis ini termasuk prioritas orang yang chat-nya halal untuk nggak kamu jawab. Saat teman yang lain ramai mengucapkan selamat atas kesuksesanmu atau bahkan ada yang sudah paham betul perjuanganmu dari awal, yang satu ini tiba-tiba datang dengan agendanya sendiri.

Sebelum kamu sukses, dia sama sekali nggak peduli. Giliran kamu udah di puncak karier, saatnya dia mengakrabkan diri siapa tahu bisa nebeng popularitas.

Advertisement

2. Nggak ada satu pun orang yang nyaman tiba-tiba diminta pinjemin duit

Yang tiba-tiba pinjem duit

Yang tiba-tiba pinjem duit | Credit by Twitter

Nganggurin chat dari orang yang meminjam duit nggak bikin level dermawanmu berkurang kok. Ini termasuk langkah preventif untuk menghindarkanmu dari kaum-kaum yang malah lebih galak saat utangnya ditagih. Padahal kan yang dirugikan itu kamu~

Apalagi kalau dia udah mulai merasa lebih tahu kondisi keuanganmu. Biasanya dia akan membuatmu merasa bersalah karena nggak bersedia meminjamkan uang yang menurutnya nggak seberapa itu. Udah deh, mending dihapus aja chat-nya.

3. Kalau ada yang minta jasa dengan harga teman, jangan dihapus chat-nya. Langsung block aja!

Orang yang order jasa tapi minta harga temen

Orang yang order jasa tapi minta harga temen | Credit by Twitter

Berdebat dengan orang yang selalu pengen harga murah memang nggak ada habisnya. Dipikiran mereka hanya ingin mengeluarkan uang sesedikit mungkin tanpa peduli waktu dan energi yang kamu keluarkan dalam menghasilkan karya. Kalau kamu punya energi lebih, boleh-boleh aja sih meladeni orang seperti ini. Tapi hampir bisa dipastikan, ujung-ujungnya kamu bakal kesal sendiri.

Advertisement

4. Jangan pernah berlindung di balik alasan pengin menjalin silaturahmi dengan mantan. Kenyataannya nggak pernah sesimpel itu~

Chat dari mantan

Chat dari mantan | Credit by Twitter

Hubunganmu dengan sang mantan bisa dijadikan bukti paling konkret dari nasihat bijak ‘yang lalu biarlah berlalu’. Menjaga hubungan baik dengan semua orang itu memang wajib. Namun, untuk urusan mantan udah lama jadi pengecualian.

5. Mereka yang nggak membalas chat-mu hanya untuk ditumpuk

Sengaja menumpuk-numpuk chat

Sengaja menumpuk-numpuk chat | Credit by Quora

Percaya atau nggak, ada orang yang dengan sengaja menumpuk chat yang belum dibaca sampai menunjukkan angka 999+ Entah apa yang mereka dapatkan dari kebiasaan kurang berguna itu. Nggak peduli seberapa penting dan mendesaknya percakapan kalian, orang tipe ini akan mengulur waktu atau bahkan sama sekali nggak membalas pesanmu.

Ketika di lain waktu mereka akhirnya duluan menghubungimu, jangan sungkan-sungkan untuk bodo amat. Biar mereka merasakan juga gimana kesalnya kamu.

6. Mereka yang masih ngomongin kerjaan tanpa tahu batas waktunya

Ngechat urusan kerja nggak sesuai waktu dan tempat

Ngechat urusan kerja nggak sesuai waktu dan tempat | Photo by Alexander Schimmeck on Unsplash

Untuk orang dengan tipe ini sepertinya harus sering-sering membaca ulang kontrak kerja yang pernah mereka tanda tangani. Kalau di kantormu udah ditetapkan office hours dan mereka tetap menghubungimu tanpa mengenal waktu, nggak papa banget kalau kamu cuekin. Workaholic sih boleh-boleh aja asal jangan sampai mengganggu waktu orang lain juga.

Orang-orang yang ngeselin memang bakal selalu ada di sekitarmu. Karena kamu nggak akan bisa mengontrol kelakuan mereka, ada baiknya kamu sendiri yang menghemat energi dengan menjaga jarak lebih dulu.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE