7 Kejanggalan Sinetron Tentang Anak SMA yang Jauh dari Realitas. Selama ini Kamu Cuma Dibohongi Lho

Cerita sinetron SMA yang nggak sesuai kenyataan

Nonton sinetron (FTV) menjadi salah satu kegiatan rutin yang kamu lakukan sepulang sekolah. Cerita tentang kehidupan anak-anak SMA bikin kamu gemar mengikutinya, apalagi kalau banyak kisah cinta khas remaja. Meski sebenarnya apa yang ditampilkan berbeda sekali dengan kenyataan, tetap saja kamu nggak bosan menontonnya.

Advertisement

Padahal kalau dipikir-pikir kamu cuma dibohongi saja selama ini. Mulai dari cerita terlalu drama antara murid kaya vs murid miskin, sampai pemerannya sendiri yang ternyata sudah ketuaan tetap kamu kagumi. Penasaran, kejanggalan apa saja dalam cerita sinetron SMA yang nggak kamu sadari? Simak daftar yang telah Hipwee buat berikut ini.

1. Selalu ada cerita murid populer dan murid cupu. Benar sih, tapi keduanya nggak melulu musuhan

muncul anak populer vs anak cupu via www.bintang.com

Cerita sinetron SMA identik dengan memunculkan murid populer dan murid cupu. Nggak tahu kenapa, mungkin cerita dengan mengangkat cerita anak remaja yang membeda-bedakan ini disukai sama penonton. Kenyataannya hal seperti ini memang ada. Yang murid populer bisa terkenal karena penampilannya kece atau otaknya cerdas. Sedangkan, anak-anak cupu biasanya melekat pada murid yang penampilannya B saja. Kejanggalannya nih, murid populer di sinetron SMA seneng banget intimidasi sekaligus mendiskrminasi murid cupu. Di kenyataan, mereka nggak selalu mengintimidasi murid cupu, kok. Malah ada yang berteman akrab juga. Setuju?

2. Muncul geng tajir, geng pintar, geng gaul, geng alim, geng cupu, dan geng lainnya. Aslinya sih mereka juga main sama yang lain kok

main sama siapa saja via www.wowkeren.com

Nggak cuma serba-serbi murid populer dan murid cupu, sinetron SMA juga sibuk sama kemunculan berbagai geng. Ada geng tajir, geng pintar, geng gaul, geng alim, geng cupu, dan geng lainnya. Geng ini bisa dibilang sebagai gambaran eksistensi anak-anak SMA. Ibaratnya, belum sah jadi anak SMA kalau nggak ikutan geng di sekolah. Dalam cerita, para tokoh terlihat mainnya cuma sama teman segengnya saja. Aslinya sih anak-anak SMA juga main sama yang lain. Dan ada juga yang nggak ikutan geng, tapi bisa tetep eksis di sekolah.

Advertisement

3. Antargeng berantem gara-gara rebutan pacar atau saling meledek. Memang betul, tapi itu karena anak remaja mencontoh dari sinetron!

berantem karena urusan cinta via www.bintang.com

Ngomongin geng sinetron SMA memang nggak ada habisnya. Selain nama geng dengan latar belakang yang beda-beda, geng sinetron SMA juga selalu heboh tentang cerita berantemnya. Sering sekali antargeng berantem gara-gara rebutan pacar atau cuma karena saling meledek. Memang betul realitasnya begitu, tapi hal ini terjadi juga karena sinetron. Mereka mencontoh apa yang ditampilkan dari televisi. 🙂

4. Yang cantik dikategorikan rambut panjang dan punya gaya fesyen tertentu. Padahal yang rambut pendek dan gayanya simpel saja juga nggak kalah lucu!

rambut panjang via celebrity.okezone.com

Sinetron SMA sering banget menonjolkan ciri khas penampilan para pemeran. Biasanya, cewek cantik yang masuk ke dalam geng populer ini identik dengan rambut panjang dan punya gaya fesyen tertentu. Padahal yang rambut pendek dan bergaya simpel juga nggak kalah manis, serta banyak yang naksir juga. Malah sering dianggap lucu juga kalau dilihat lama-lama menurut para cowok.

5. Belum sah jadi anak populer kalau nggak gabung sebagai cheerleaders atau basket 🙂

jadi dedek gmz celana via cewekbanget.grid.id

Anak populer cewek juga wajib sekali ikutan cheerleaders atau modern dance. Sedangkan untuk cowok cukup dengan gabung dalam ekstrakulikuler basket. Entah apa sebabnya, sinetron atau FTV selalu menggambarkan kalau cowok yang main basket dan cewek yang ikut cheerleaders akan terlihat lebih menarik dibanding anak SMA yang ikut ekstrakulikuler semacam teater atau kerohanian.

Advertisement

6. Berantem sama orang tua bukan hal aneh lagi. Tapi realitasnya sih baru lihat wajah orang tua jutek saja kamu sudah gemeteran~

berani sama orang tua via www.kincir.com

Yang membuat sinetron SMA kurang disukai generasi old adalah pesan yang disampaikan dianggap nggak  mendidik. Semisal ada adegan para pemerannya berani sekali melawan orang tua. Makanya, sinetron SMA kerap kali mendapat cercaan lantaran mereka dianggap mempertontonkan cerita yang nggak baik.

7. Saking nge-fansnya, kamu pengen banget terlihat seperti anak remaja pada umumnya yang pembawaannya dewasa kayak para tokoh. Padahal artis yang memerankannya saja yang memang lebih tua 🙁

pemerannya yang memang dewasa via www.damniloveindonesia.com

Tanpa disadari kamu yang sering nonton tontonan ini pengen kayak mereka. Nggak cuma potongan rambut dan gay fesyen, tapi juga pembawaannya yang lebih dewasa mau kamu ikuti. Padahal hal itu terjadi sama mereka karena memang dari sananya mereka yang sudah dewasa. Maklum, yang berperan biasanya artis dengan umur yang lebih tua dari tokoh yang dimainkan.

Melihat sinetron SMA saat ini pasti bikin kamu merasa aneh. Mulai dari ceritanya yang serba janggal hingga suksesnya sinetron bisa meracuni pikiranmu. Kamu sendiri masih senang nonton sinetron SMA nggak? 🙂

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE