Mengerjakan skripsi adalah sebuah perjuangan yang menguras habis darah dan keringat. Bagi mahasiswa yang tegar, rajin, dan tabah, skripsi mungkin adalah sebuah cobaan yang perlu ditekuni. Tapi bagi mereka yang males-malesan, mereka perlu bertarung dulu sama diri sendiri buat menyelesaikan tugas akhir ini.

Sayangnya, hati ini jadi robek-robek kalau melihat hasil perjuangan kita saat ngerjain skripsi dulu teronggok di tempat sampah dan siap dibuang. Bukan hanya soal ingat bagaimana dulu susah payah menyusunnya, tapi soal betapa nggak berharganya tugas kita buat meraih wisuda. Siap-siap tersayat karena Hipwee Hiburan bakal menampilkan penampakan horor!

1. Sempat ramai diperbincangkan dan beredar di media sosial, skripsi bersampul hitam ini dibiarkan teronggok manja di halaman

Nge-print-nya pakai uang jajan seminggu yang dihemat-hemat padahal.

2. Memang sih ini mungkin skripsi jadul yang sudah sangat nggak terpakai. Tapi jadi terbayang bagaimana sejarah dan lika-liku dalam mencetak buku tebal itu

Ingin nangis lihatnya~ via bogor.tribunnews.com

3. Ditumpuk nggak beraturan dan diangkut pakai mobil boks, menuju pemusnahan. Nggak kuat lihatnya akutu … 🙁

Mana pada berjatuhan dan nggak diberesin lagi, segitu hinanya …. via palembang.tribunnews.com

4. Untung pakai softcover jadi nggak senyesek itu. Tapi tetep aja deh, miris rasanya!

Bimbingan dosen berbulan-bulan pun nggak berbekas. via sumberpost.com

5. Ditumpuk bareng sampah rongsokan lain. Aduh, rasanya malam-malam panjang yang dihabiskan tanpa tidur demi skripsi sudah nggak berguna lagi

Menyusunnya berdarah-darah, ujungnya jadi sampah. via tribunsalam.blogspot.com

6. Terserah deh mau diapain, berkat ini aku bisa wisuda. Tapi kadang nggak ikhlas aja menabung buat mencetak skripsi ini biar layak dibaca, huft!

Rasanya udah pasrah lihat ini. via tribunsalam.blogspot.com

7. Memang sih belum dibuang dan masih tertata rapi. Tapi mau diapakankah ratusan skripsi nggak bertuan ini?

Kalau dijual, apa ada yang mau beli? via instagram.fcgk18-1.fna.fbcdn.net

Advertisement

Ternyata urusan tugas akhir dan skripsi, nggak selamanya dititikberatkan pada hasil. Hasil output yang bertumpuk ini mungkin bikin orang malas dan cenderung memilih membuangnya, namun proses pembelajaran yang sudah kita jalani buat mencetaknya itu yang sangat nggak ternilai. Meski pun tetep nyesek sih lihat ribuan lembar kertas penuh intisari ilmu disamaratakan dengan sampah. 🙁

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya