Selain kartun, sinetron juga menjadi hiburan bagi anak generasi 90-an saat kecil. Misalnya sinetron Tersanjung, Pernikahan Dini, sampai Wah Cantiknya dengan Cecep (Anjasmara) sebagai tokoh utamanya. Menariknya, sinetron zaman dulu itu temanya beragam, dari drama sampai horor.

Nah, khusus sinetron bertema horor, mungkin kita semua pernah punya pengalaman unik yang sama. Kita sama-sama takut ke kamar mandi setelah nonton sinetron itu. Biasanya minta ditemenin emak. Masih ingat nggak sinetron horor apa saja dulu bikin kita jadi penakut saking seremnya? Kuy, nostalgia!

1. Dulu ada setan pocong yang ikonik banget. Namanya Mumun yang dikisahkan dalam sinetron Jadi Pocong

Mumun dan Jefri via vakansi.id

Advertisement

Bang, aye Mumun, Bang~

Sinetron Jadi Pocong merupakan kisah balas dendam Mumun (Eddies Adelia) kepada orang yang membuatnya meninggal. Kemunculannya yang mengagetkan, Mumun jadi sosok paling menakutkan dalam kisahnya. Sinetron ini juga dibintangi Mandra sebagai Bang Husein sebagai tukang gali kubur yang kocak.

2. Meski sinetron bergenre kolosal, dalam sinetron Misteri Gunung Merapi ada sosok horor yang ketawanya menakutkan. Yap, benar, Mak Lampir!

Mak Lampir via advan.oomph.co.id

Misteri Gunung Merapi menjadi satu dari sinetron di tahun 2000-an yang cukup populer. Meski bukan sinetron horor, ada satu tokoh yang membuat kita dulu takut buat kencing sendiri malem-malem. Dialah Mak lampir (Farida Pasha) yang ketawanya ikonik banget.

Advertisement

Dulu emak sering menakut-nakuti kalau nakal nanti digigit Mak Lampir. -_-

3. Si Manis Jembatan Ancol. Secara judul mungkin nggak serem, tapi kalau udah nonton film atau sinetronnya bikin nggak bisa tidur

Mirian (Kiki Fatmala) via advan.oomph.co.id

Si Manis Jembatan Ancol berkisah tentang Miriam (Diah Permatasari), hantu cantik yang dulu tewas karena diperkosa dan jasadnya dibuang di Jembatan Ancol. Saking diminatinya sinetron ini sampai ada sesi kedua dan film dengan judul yang sama. Dalam Si Manis Jembatan Ancol 2, Miriam diperankan oleh Kiki Fatmala.

4. Dulu juga ada Zahara Hantu Gaul. Selain horor, sinetron ini bergenre komedi juga

Zahara hantu gaul via www.youtube.com

Zahara Hantu Gaul berkisah tentang cewek bernama Zahara (Ingka Noverita) yang tewas karena kecelakan. Zahara menyimpan dendam pada si penabrak dan juga pacarnya yang malah kabur saat kejadian. Film ini juga kocak dengan kemunculan hantu antimainstream semacam Juleha Tuyulita dan Kuntilini.

5. Masih ingat kisah penyiar radio yang selalu mendengarkan cerita misteri dari para pendengarnya? Itulah sinetron Malam Pertama

Cerita hantu dari pendengar radio. via www.liputan6.com

Sinetron Malam Pertama berkisah tentang seorang penyiar radio bernama Lulu (Marcella Zalianty) yang membawakan acara bertajuk “Malam Pertama”. Lulu seringkali mendapati kisah-kisah asmara berbau horor dari pendengarnya. Cerita dari pendengarnya itu dinarasikan dalam adegan. Syeraaaam kalau diingat-ingat mah.

6. Tarik jauh ke belakang, ingatkah kamu dengan sinetron 90-an Mody Juragan Kost? Yang udah punya anak pasti tahu nih! 😀

Pak Tile via twitter.com

Mody Juragan Kost merupakan sinetron 90-an yang diperankan oleh aktor legendaris Pak Tile yang menjadi Mody. Sinetron ini berkisah anak indekos yang sering diganggu oleh hantu jahil, Mody. Gara-gara Pak Tile, bukannya serem, kadang malah jadi menggelikan.

7. Di Sini Ada Setan mungkin jadi sinetron horor yang paling kamu ingat. Denger soundtrack lagunya aja udah bikin merinding

Kan slalu kurasa hadirmu.. antara ada dan tiada via www.kapanlagi.com

Sinetron Di Sini Ada Setan menceritakan sekumpulan remaja yang kerap diganggu oleh setan. Sinetron ini diperankan oleh Nagita Slavina, Thomas Nawilis, dan Arifin Putra. Dalam setiap episode, selalu ada hantu yang menyeramkan yang membuat kita takut kalau nonton sendirian.

Itulah beberapa sinetron horor yang menemani masa kecil kita. Anehnya, udah tahu ngeri tapi dulu kok kita masih nonton aja, ya? Dari ketujuh sinetron di atas, mana favoritmu?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya