Sebagai aktor, nama Fedi Nuril sudah cukup tenar di industri perfilman. Sejak tahun 2001, Fedi, panggilan akrab Fedi Nuril, telah membintangi banyak film layar lebar. Pesona Fedi semakin bersinar ketika cowok kelahiran 1 Juli 1982 ini membintangi film Ayat-Ayat Cinta, sebuah film bertema religi karya Hanung Bramantyo. Sejak saat itu, label cowok soleh melekat padanya. Baru-baru ini, Fedi kembali bermain dalam film bertema religi yang dirilis menjelang lebaran. Meski sering berperan sebagai seorang suami, ternyata Fedi belum juga menikah. Padahal, menurut Hipwee, Fedi layak lho menjadi Imam idaman.

1. Awalnya, Fedi Nuril dikenal sebagai sosok Nino yang setia kawan dalam film Mengejar Matahari.

Debut pertama Fedi Nuril di dunia film

Debut pertama Fedi Nuril di dunia film via ayuintanpermata.blogspot.com

Di awal perjalanan kariernya, Fedi berperan dalam film Mengejar Matahari. Film yang disutradarai oleh Rudi Sujarwo ini dirilis pada tahun 2004. Film ini berkisah tentang persahabatan empat cowok miskin yang tinggal di daerah perkampungan Jakarta. Dalam film ini, Fedi menjadi Nino yang merupakan akan yang paling dewasa dan pendiam di antara kawan-kawannya. Film yang banyak mendapat nominasi dalam Piala Citra ini memperkenalkan Fedi Nuril sebagai sosok yang cool dan setia kawan.

2. Tak hanya berparas ganteng dan jago akting, Fedi Nuril juga jago main musik. He’s a rock star!

Dia juga anak band lho

Dia juga anak band lho via www.theranking.com

Advertisement

Sebelum berkecimpung di dunia akting, Fedi telah dikenal sebagai model. Memang, Fedi memiliki tampang yang cukup ganteng. Meski demikian, tampang bukan hanya satu-satunya modal yang dimiliki Fedi untuk dapat berkecimpung di dunia hiburan. Selain akting, Fedi juga memiliki bakat bermusik. Bakatnya bermain gitar itu disalurkan dalam membentuk sebuah grup band bernama Garasi. Tahun 2006, Fedi berperan menjadi dirinya sendiri dalam film berjudul Garasi yang menceritakan kehidupan anak band. Melalui film inilah, keahlian Fedi bermain gitar mulai dikenal publik.

3. Fedi pernah juga jadi anak bandel dan yang bandel-bandel itu  yang menggoda.

Bandel-bandel menggoda

Bandel-bandel menggoda via rahmat29syah.blogspot.com

Selayaknya aktor yang tak pernah puas dengan satu karakter, Fedi pun mencoba berbagai peran yang menguji kemampuannya berakting. Tahun 2005, Fedi berperan sebagai Jeffrey, seorang anak berandalan yang mencoba mencuri tas Joni di film Janji Joni. Dalam film karya Joko Anwar ini, Fedi kelihatan bengal bandel banget. Tapi, yang bandel-bandel itu justru menggoda ‘kan?

4. Dan akhirnya dia bertaubat jadi anak soleh yang kuliah di Mesir.

Subahannallove...

Subahannallove… via www.tempo.co

Untungnya, tiga tahun kemudian Fedi segera bertaubat dan menjadi anak soleh. Tahun 2008, Fedi berperan sebagai Fahri seorang mahasiswa Al-Azhar Mesir yang soleh, tampan, baik hati, pintar, pokoknya sempurna deh. Imam material. Dalam film bernuansa religi yang disutradari oleh Hanung Bramantyo ini, Fedi mendadak dikenal oleh masyarakat sebagai cowok alim yang soleh dan pintar. Tokoh Fahri begitu melekat dalam diri Fedi mungkin sampai saat ini.

5. Fedi juga seorang pendaki gunung dan pendaki itu pemimpin sejati.

Mendakilah bersamaku, mas

Mendakilah bersamaku, mas via www.beranda.co.id

Advertisement

Selain menjadi anak soleh, kini Fedi juga dikenal sebagai cowok yang hobi mendaki gunung. Orang yang hobi pendaki gunung itu biasanya seorang pemimpin sejati. Pasti bisa dong jadi pemimpin keluarga yang baik! Di tahun 2012, Fedi kembali memainkan peran yang berbeda. Kali ini cukup menantang. Fedi harus mendaki Gunung Semeru. Dalam film berjudul 5cm, Fedi berperan sebagai Genta yang lagi-lagi menjadi pemimpin di antara teman-temannya. Bersama teman-temannya, Genta bertekad untuk mendaki Gunung Semeru.

6. Hanya di tangan Fedi Nuril cewek-cewek cantik nan pintar rela dipoligami.

Poligami aku, Mas!

Poligami aku, Mas! via donny.blogdetik.com

Kebanyakan cewek berpikir berulang kali jika akan dipoligami. Tapi, tidak dengan cewek-cewek cantik di sekitar Fedi. Dalam peranannya sebagai Fahri di Ayat-Ayat Cinta, Fahri harus menjadi suami yang terpaksa untuk berpoligami. Bahkan istri Fahri, Aisyah yang merupakan gadis cantik dengan cadar, kaya raya dan pintarlah memaksa Fahri untuk berpoligami.

7. Berkat Fedi Nuril juga cewek rela pindah agama dan memakai jilbab.

Membimbing menuju hidayah

Membimbing menuju hidayah via twister-ina.blogspot.com

Masih dalam film Ayat-Ayat Cinta, Fedi Nuril yang berperan sebagai Fahri ini pun diceritakan memperistri seorang perempuan Kristen. Dengan bimbingan oleh Fahri, gadis yang juga tak kalah cantik dengan istri pertama Fahri ini menjadi mualaf dan masuk Islam. Gadis bernama Maria itu pun juga memakai jilbab. Yang paling penting, dia rela jadi istri kedua dari Fahri atawa Fedi Nuril.

8. Dan untuk kedua kalinya, cewek cantik & pintar rela dipoligami dan bersedia memakai jilbab.

Poligami aku, Mas... (2)

Poligami aku, Mas… (2) via twister-ina.blogspot.com

Belum puas berpoligami di film Ayat-Ayat Cinta, kini Fedi Nuril kembali berpoligami di film Surga Yang Tak Dirindukan. Dalam film yang disutradari oleh Kun Agus ini, Fahri berperan sebagai Pras, seorang anak yatim piatu yang menikah dengan Arini, gadis yang hobi berdakwah dengan dongeng. Film yang juga bernuansa religi ini, menceritakan kisah Pras yang lagi-lagi ‘terpaksa’ harus berpoligami. Dan lagi-lagi istri-istrinya dengan suka rela dan ikhlas untuk dipoligami. Duh, beruntung banget nasibmu Mas Fedi, bisa poligami bolak-balik tanpa dinyinyirin orang-orang yang sirik.

Kira-kira, berikutnya Mas Fedi main film poligami lagi nggak ya? Kalau kamu yang cewek mau nggak dipoligami sama Fedi Nuril?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya