Musim kawinan datang lagi! Sudah berapa banyak undangan nikah yang kamu dapat? Sebanyak-banyaknya undangan yang datang akan terasa biasa saja, tapi kalau ada satu undangan dari mantan rasanya… luar biasa galaunya. Mulai dari perasaan mau datang apa enggak, mau pakai baju apa, mau datang sama siapa. Benar-benar bikin galau! Hmmm… sebelum kamu memutuskan untuk datang ke nikahan mantan apa nggak coba deh Hipwee kasih gambaran yang akan terjadi kalau kamu sampai datang ke nikahan mantan. Siap-siap dan jangan baper ya!

1. Waktu mengisi buku tamu, saudara-saudara mantan pacar yang lagi jadi penerima tamu dan tahu ‘kisah’ ramnsa kalian dulu pasti udah saling-saling berbisik.

Eh, itu mas yang dulu pacarnya...

Eh, itu mas yang dulu pacarnya… via lostinsinglishtranslation.wordpress.com

Begitu masuk ke area tempat pernikahan, petugas yang dapat bagian menerima tamu langsung menatap kamu dengan tatapan tajam. Sesekali mereka saling berbisik sambil melirik ke arahmu yang sedang berjalan menuju buku tamu. Mereka yang sedang bertugas itu adalah saudara sepupu mantanmu. Walau nggak kenal akrab, sepertinya sekali dua kali kamu pernah melihat salah satu di antara mereka waktu dulu diajak ke acara keluarganya (waktu masih pacaran). Begitu kamu sampai di depan buku tamu, mereka pun senyum-senyum sambil mempersilahkanmu mengisi buku tamu dan menyerahkan suvenir.

Advertisement

Tarik nafas panjang. Ini baru cobaan pertama.

2. Jalan di karpet merah sih santai, menjelang masuk pelaminan… deg deg deg

Menuju pelaminan, tempat dia bersanding

Menuju pelaminan, tempat dia bersanding via nogepucerita.wordpress.com

Melewati meja tamu selesai. Kamu masih harus menghadapi ujian-ujian berikutnya yakni menuju pelaminan. Dalam ingatanmu, kamu akan teringat saat-saat dulu ketika masih pacaran. Kalian pernah berjanji bahwa kelak akan bertemu di pelaminan. Ya, akhirnya memang akan bertemu meski belum tentu duduk bersama di pelaminan. Seenggaknya bertemu saat dia jadi yang nikah kamu jadi tamunya. Perasaanmu pun semakin deg-degan ketika antrian salaman semakin membawamu menuju ke pelaminan.

Kamu harus bertemu dengannya. Tersenyum. Mengucapkan selamat.

3. Dan kamu harus salaman sama pasangannya yang sudah sah sekarang.

Selamat menempuh hidup baru

Selamat menempuh hidup baru via tiananana-weddingprep.blogspot.com

Advertisement

Selain bersalaman dengan dia yang kini jadi mantanmu, kamu juga harus bersalaman dengan pacar barunya yang kini resmi telah menikah dengannya. Orang yang bisa jadi pernah kamu cemburuin selama kalian pacaran dan jadi salah satu penyebab putusnya hubungan kalian atau orang yang pernah cemburu sama kamu lantaran kamu masih berhubungan dengan mantanmu. Ah, pokoknya di hari itu kamu harus tersenyum sama dia.

4. Kalau dulu hubunganmu cukup dekat, kamu pasti kenal dengan orang tuanya. Dan waktu salaman sama orang tuanya di pelaminan…

Harus salaman sama orang tua juga

Harus salaman sama orang tua juga via karasanten.blogspot.co.id

Berapa lama kamu pacaran? Satu tahun? Dua tahun? Semakin lama kamu berpacaran, semakin banyak memori yang pernah singgah di pikiranmu. Kamu yang sudah pacaran cukup lama pasti sudah kenal cukup akrab dengan orang tuanya. Waktu sesi salam-salaman di pelaminan pun kamu juga harus melewati salaman dengan orang tuanya. Kamu yang sudah kenal akrab dengan orang tuanya pasti akan cukup canggung ketika salaman. Belum lagi kalau orang tuanya mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang bikin males, seperti:

“Kamu kapan nyusul?”

“Kok sendirian aja mana calonnya?”

Duh, om, tante, udah dong jangan nambahin beban kegalauan lagi!

5. Dan harus foto bareng sama mereka yang sedang berbahagia di pelaminan.

Kalau memang harus foto begini saja gayanya

Kalau memang harus foto begini saja gayanya via www.hipwee.com

Jika diharuskan berfoto, pastikan foto tersebut bisa dikenang…

6. Ketika kamu datang ke nikahan mantan, pasti kamu akan jadi bahan ‘ciye-ciya-an’ teman-teman yang tahu hubungan kalian.

Harus menerima ledekan teman-teman

Harus menerima ledekan teman-teman via www.hipwee.com

Di pernikahan mantan itu, kamu juga pasti akan bertemu dengan teman-temanmu (yang juga teman-temannya). Pastinya, mereka sudah sangat tahu kisahmu dan dia yang sudah jadi masa lalu. Kehadiranmu pun sebenarnya sudah ditunggu-tunggu oleh teman-temanmu. Iya, mereka menunggumu untuk di-bully habis-habisan. Mulai dari kalimat ‘puk-puk’ seperti,

“yang sabar ya…”

Sampai ledek-ledekan yang bikin undangan lain jadi tahu kalau kamu mantannya si mempelai. Bukan nggak mungkin, kamu jadi bahan yang ditarik maju untuk nyanyi ke depan sama teman-temanmu. Kalau kamu memang jago nyanyi dan pengen menunjukkan kebolehan sih nggak masalah tapi kalau bisa jangan nyanyi lagu-lagunya Adele ya nanti ketahuan kalau kamu lagi galau.

7. Penderitaan semakin berlipat-lipat ketika kamu masih JOMBLO dan datang sendiri ke nikahan mantan.

Begini jadinya kalau datang sendiri ke nikahan mantan

Begini jadinya kalau datang sendiri ke nikahan mantan via www.youtube.com

Semua penderitaan di atas nggak akan terlalu menyakitkan kalau kamu datang dengan pacar yang nggak lama lagi udah mau nikah. Akan lebih aman dan terasa biasa saja kalau kamu datang sama suami/istri beserta anak yang mana artinya kamu sudah menikah duluan dari pada mantanmu. Tapi, kalau kamu datang sama… nggak sama siapa-siapa alias sendirian aja. Ya sudah, wasalam. Kamu bakal akan sangat amat menderita selama berada di nikahan mantan.

8. Kamu sangat nggak perlu datang ke nikahan mantan, apalagi kalau kamu sebenarnya nggak diundang.

Orang nggak diundang ngapain datang

Orang nggak diundang ngapain datang

Selain karena berbagai macam alasan di atas, kamu juga nggak perlu datang ke nikahan mantan kalau kamu memang nggak diundang sama mantanmu itu. Jangan sampai kamu tiba-tiba datang ke nikahan mantanmu padahal nggak diundang sama sekali. Kalau kamu nekat datang ke pernikahan mantan padahal nggak diundang, nggak heran kalau dari awal kedatanganmu menjadi perhatian dari pihak keluarga maupun si mempelai.

“Gimana, masih berani datang ke nikahan mantan?”

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya